Rumah Terasa Bau? Coba Periksa Area-Area Ini

November 21, 2020

RumahCom – Rumah yang bau bisa berasal dari berbagai sumber. Mulai dari sampah, sisa makanan, hewan peliharaan, hingga kamar mandi.

Rumah yang memiliki wangi tidak sedap tentu sangat tidak nyaman. Selain mengganggu, bau-bau ini tentu bisa menghambat aktivitas Anda. Rumah yang bau juga menjadi pertanda bahwa pemilik rumah kurang memperhatikan kebersihan. Tentu akan sangat memalukan jika tamu yang berkunjung mencium wangi tidak sedap di rumah Anda. Oleh karena itu bau pada rumah harus segera dihilangkan.

Kemunculan bau di rumah bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari kebersihan rumah yang tidak terjaga, sisa makanan, sampah, bangkai tikus, dan banyak lagi lainnya. Namun sumber bau tersebut terkadang cukup sulit untuk Anda temukan. Dengan mengetahui lokasi bau tidak sedap tersebut, Anda tentu bisa membuat rumah jadi jauh lebih wangi. Berikut ini beberapa area yang menjadi sumber bau pada rumah.

1. Tong Sampah

(Foto: Pixabay.com)

(Foto: Pixabay.com)

Tong sampah jelas harus Anda kosongkan setiap hari. Baik itu tong sampah yang ada di luar maupun di dalam rumah, tidak boleh terlalu lama dibiarkan berisi. Sampah sudah jelas jadi sumber bau yang tidak sedap di rumah. Terutama sisa-sisa makanan yang bisa mengalami pembusukan sehingga menghasilkan bau yang sangat tidak sedap.

Setelah tong sampah dikosongkan, Anda harus segera membersihkannya. Gunakan cairan pembersih lalu bilas dengan air. Pastikan juga tidak ada noda dan sisa makanan yang menempel. Untu cara yang lebih praktis Anda bisa menggunakan plastik sebagai penutup dan digunakan untuk sekali buang, sehingga tidak mengotori tong sampah.

2. Hewan Peliharaan

(Foto: Pixabay.com)

(Foto: Pixabay.com)

Memiliki hewan peliharaan memang menyenangkan. Namun, mereka bisa menjadi sumber bau tidak sedap di rumah Anda. Hewan peliharaan sering beraktivitas di luar sehingga menjadi kotor dan penuh bakteri yang membuat mereka jadi bau. Untuk mengatasinya, sering-seringlah memandikan hewan peliharaan Anda. Bersihkan juga tempat tidur mereka dengan sabun setidaknya seminggu sekali.

3. Pakaian

(Foto: Pixabay.com)

(Foto: Pixabay.com)

Pakaian kotor yang dibiarkan menumpuk bisa menjadi sumber bau. Terlebih jika pakaian tersebut dalam kondisi basah dan tidak dicuci dalam waktu lama. Seisi rumah akan terasa bau apek menyengat dan sangat mengganggu. Pada kondisi lembap bakteri akan tumbuh, sehingga menimbulkan bau tidak sedap tadi. Oleh karena itu segera cuci pakaian Anda jika tidak ingin seluruh rumah menjadi terasa bau.

4. Tempat Cuci Piring

(Foto: Pixabay.com)

(Foto: Pixabay.com)

Piring yang kotor sering kali meninggalkan bekas makanan. Kondisi tersebut menimbulkan bau tak sedap yang berasal dari sisa-sisa makanan. Jika ada piring kotor segera cuci dengan bersih. Gunakan larutan cuka pembersih atau air hangat agar bau benar-benar hilang. Pastikan juga selalu membersihkan tempat cuci piring dengan bersih dan jangan biarkan ada sisa-sisa makanan.

5. Kamar Mandi

(Foto: Pixabay.com)

(Foto: Pixabay.com)

Kamar mandi yang terlalu lembap bisa menjadi sarang bakteri dan menyebabkan bau. Pastikan kamar mandi mendapatkan sirkulasi udara yang baik keluar rumah sehingga tidak terlalu lembap. Selain itu pastikan kebersihan kamar mandi sehingga sumber bau bisa dihilangkan.

6. Bau Dari Luar Rumah

(Foto: Pixabay.com)

(Foto: Pixabay.com)

Terkadang, rumah yang bau bisa juga berasal dari luar rumah. Sumber bau tersebut harus segera diatasi agar rumah tetap wangi. Biasanya bau yang berasal dari luar rumah ada di halaman depan atau belakang. Periksa setiap sudut halaman apakah ada sampah, sisa makanan, atau bangkai hewan. Jangan biarkan sampah menumpuk di halaman, segera buang agar tidak menimbulkan bau pada rumah.

Sumber: Realsimple.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Minat Masyarakat Sangat Besar, Bank Penyalur KPR Ini Berharap Kuota FLPP Ditambah

RumahCom – Program perumahan pemerintah melalui KPR subsidi FLPP telah menarik minat masyarakat yang besar untuk pemenuhan kebutuhan perumahannya. Karena itu Bank BTN mengharapkan anggaran yang lebi

Lanjutkan membacaNovember 19, 2020

Pengembang Ini Gandeng Milenial Supaya Melek Properti

RumahCom – Potensi pasar yang besar dari kalangan milenial harus dipersiapkan terlebih memasuki era bonus demografi. Karena itu pengembang PT Intiland Development membuat program khusus untuk menged

Lanjutkan membacaNovember 19, 2020

Saat Pandemi, Pengembang Terus Hadirkan Fasilitas Di Proyeknya

RumahCom – Pengembang terus menghadirkan berbagai fasilitas untuk memenuhi komitmen terhadap konsumen. Fasilitas yang disediakan seperti club house juga saat ini menjadi penting untuk menyediakan sa

Lanjutkan membacaNovember 19, 2020

Konsultan: Pemerintah Serius Soal Peluang Relokasi Industri

RumahCom - Perusahaan konsultan properti, Knight Frank Indonesia menilai, pemerintah Indonesia memiliki komitmen kuat untuk menangkap peluang relokasi industri global."Meski di tengah pandemi yang mel

Lanjutkan membacaNovember 19, 2020

Sofyan Djalil: Bank Tanah Solusi Banyak Masalah

RumahCom – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil mengklaim, pembentukan bank tanah yang diatur dalam Undang-Undang Cipta Kerja mampu menyelesaikan banyak masa

Lanjutkan membacaNovember 19, 2020

Masukan