Pemerintah Terus Genjot Pembangunan Kawasan Bali Baru

November 20, 2020

RumahCom – Kementerian PUPR terus melakukan pengembangan 10 kawasan starategis pariwisata untuk menjadi Bali Baru. Saat ini ada lima kawasan Bali Baru yang diprioritaskan untuk selesai tahun depan yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Manado Bitung-Likupang.

Salah satu program pengembangan proyek infrastruktur pemerintah yaitu 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dengan mengembangkan 10 Bali Baru. Dari program 10 Bali Baru ini ditetapkan lagi lima KSPN dengan status prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Manado Bitung-Likupang.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dukungan pengembangan infrastruktur lima KSPN prioritas ini akan diselesaikan pada tahun 2021. Hingga pertengahan bulan November 2020, lima KSPN prioritas progresnya telah mencapai 57,85 persen.

“Untuk anggaran yang terserap telah mencapai Rp2,64 triliun dari total anggaran Rp3,81 triliun atau telah terserap mencapai 69,36 persen untuk lima KSPN prioritas ini. Konsep proyek Bali Baru ini bukan hanya untuk wisata tapi juga pemerataan pembangunan, pemerataan perekonomian, hingga untuk mendorong kesejahtaraan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Untuk perinciannnya, pembangunan KSPN di Danau Toba senilai Rp1,25 triliun sudah terserap Rp934 miliar atau 74 persen. KSPN Borobudur terserap Rp718 miliar atau 72 persen dari anggaran Rp991 miliar. Selanjutnya KSPN Mandalika telah terealisasi Rp226 miliar atau 65 persen dari nilai anggaran Rp347 miliar.

KSPN Labuan Bajo total anggarannya Rp863 miliar dan telah terserap RP519 miliar atau 60 persen. Sementara KSPN Likupang-Manado-Bitung serapan anggarannya mencapai Rp244 miliar dari total anggaran Rp357 miliar atau terserap 68 persen.

Pengembangan kawasan wisata ini juga akan berimbas hal lainnya. Misalnya pembangunan  infrastruktur di KSPN Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara, dilakukan juga pembangunan jalan lingkar Samosir, pelebaran alur Tano Ponggol, penataan kawasan tepi Danau Toba, dan peningkatan kualitas rumah swadaya melalui program bedah rumah untuk pondok wisata (homestay).

Investasi di kampung halaman bisa menjadi pilihan tepat yang menguntungkan. Lalu gimana caranya? simak videonya berikut ini.

KSPN Mandalika yang dibangun oleh Kementerian PUPR meliputi konektivitas, pengendalian banjir, serta sarana dan prasarana penunjang pariwisata. Saat ini pembangunan saluran pengendali banjir kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika progres fisiknya telah mencapai 96,91 persen dan ditargetkan dapat selesai pada Desember 2020.

Di KSPN Labuan Bajo, Kementerian PUPR saat ini tengah menyelesaikan peningkatan jalan, penataan trotoar, dan drainase Jalan Soekarno-Hatta bawah dan progresnya telah mencapai 70,69 persen. Selanjutanya penataan KSPN Borobudur progresnya juga sangat baik, salah satunya yaitu bantuan bedah rumah untuk homestay di Gerbang Klangon, Gerbang Blondo, Gerbang Palbapang, dan Gerbang Kembanglimus.

Sementara penataan KSPN Likupang yang sudah rampung yaitu pembangunan infrastruktur pengendali banjir di Sungai Likupang sepanjanng 1 km. Kementerian PUPR juga melakukan penataan kawasan Pulau Bunaken dan Pantai Paal Likupang untuk meningkatkan kunjungan wisata asing dan domestik serta penciptaan pariwisata bahari yang kental dengan budaya lokal dan representatif bagi wisatawan berkelas dunia.

“Jadi walaupun judulnya pengembangan kawasan wisata banyak hal yang dilakukan mencakup konektivitas penanganan jalan, bidang sumber daya air, infratruktur pengendali banjir, penataan kawasan, hingga bidang permukiman. Kami juga banyak meningkatkan kualitas tempat pembuangan sampah, pembangunan sarana hunian pendukung kawasan pariwisata, dan sebagainya,” beber Basuki.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sofyan Djalil: Bank Tanah Solusi Banyak Masalah

RumahCom – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil mengklaim, pembentukan bank tanah yang diatur dalam Undang-Undang Cipta Kerja mampu menyelesaikan banyak masa

Lanjutkan membacaNovember 19, 2020

Rangkaian Pengembangan Agen: 3 Ciri Utama Dari Agen Berkualitas

Selamat datang di seri pertama kami dalam Rangkaian Pengembangan Agen!Dalam artikel-artikel selanjutnya, kami akan berbagi tips, wawasan, dan kisah sukses dari rekan agen untuk membantu Anda menjadi p

Lanjutkan membacaNovember 20, 2020

Penyaluran KPR Bersubsidi Tahun Ini Dipastikan Melebihi Target

RumahCom – Tingginya minat masyarakat akan program KPR subsidi FLPP membuat penyaluran dana FLPP tahun ini melebihi target yang ditetapkan. Dari target pembiayaan tahun ini sebanyak 102.500 unit rum

Lanjutkan membacaNovember 20, 2020

Township Baru Berkonsep Smartpolitan Hadir Di Subang

RumahCom – Pengembang tetap optimistis untuk meluncurkan proyek baru saat situasi bisnis properti melemah akibat pandemi Covid-19. Bahkan, saat situasi pandemi ini PT Suryacipta Swadaya meluncurkan

Lanjutkan membacaNovember 20, 2020

Masukan