Langkah Pencegahan untuk Melindungi Rumah dari Virus Corona

Boy LeonardNovember 20, 2020

Langkah Pencegahan untuk Melindungi Rumah dari Virus Corona

RumahCom – Memastikan kebersihan rumah bisa dilakukan dengan membersihkan diri dan peralatan rumah sehingga terlindungi dari penyebaran virus corona.

Bagi sebagian orang, tetap berada di rumah adalah pilihan paling aman dalam menghadapi virus corona. Namun tidak menutup kemungkinan virus corona bisa mengkontaminasi rumah Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap menjaga kondisi rumah dan kesehatan fisik.

Untuk mengurangi resiko terjangkit virus, lembaga penanganan dan pencegahan penyakit merekomendasikan agar Anda melakukan desinfeksi mandiri di rumah. Desinfeksi tersebut mencakup pada tempat-tempat seperti gagang  pintu, pegangan toilet, atau telepon genggam.

Namun faktanya, masih banyak orang yang belum melakukan desinfeksi secara benar. Anda harus membersihkan permukaan benda sebelum melakukan desinfeksi. Baru setelah itu, diamkan cairan desinfektan dalam beberapa menit, sebelum dikeringkan atau dilap. Pastikan juga Anda mengikuti cara pakai desinfektan terkait agar lebih efektif digunakan untuk membunuh kuman, bakteri atau virus.

Anda juga tidak perlu terburu-buru dan panik sehingga melakukan pembelian alat kebersihan secara masif. Usahakan saja agar setiap peralatan kebersihan yang Anda pakai sudah tepat cara pengaplikasiannya, sesuai dengan petunjuk pada label. Bila Anda memutuskan untuk menempati rumah dalam waktu lama di masa pandemi, sebaiknya ikut beberapa tips berikut ini.

Mencuci Tangan dengan Sabun

Berbagai lembaga kesehatan milik pemerintah atau swasta menganjurkan Anda untuk mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir selama 20 detik. Setelah itu, Anda bisa menggunakan hand sanitizer sebagai pendukung aktivitas setelah mencuci tangan. Pilihlah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60%.

Peralatan Standar Kebersihan

Untuk mencegah kontaminasi virus, kuman atau bakteri, Anda bisa menggunakan peralatan kebersihan standar yang telah disertifikasi pemerintah. Pada bagian permukaan meja, kaca, atau kursi, Anda bisa menggunakan kain lap bersih dan cairan pembersih. Cairan pembersih yang dimaksud adalah cairan dengan label desinfektan.

Desinfektan Buatan Pribadi

Membuat desinfektan merupakan hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mencampurkan cairan klorin ke dalam air. Lalu semprotkan ke setiap bagian ruangan rumah Anda, Sehingga dapat dipastikan bahwa rumah telah bersih dan bebas dari virus.

Kantin Belanjaan atau Pakaian dari Luar

Anda tidak tahu kuman, bakteri, atau virus corona dapat menempel dari barang-barang yang dibawa dari luar rumah. Oleh karena itu, usahakan untuk melakukan desinfeksi pada tiap barang yang akan dibawa masuk ke rumah. Bila produknya adalah makanan, cuci menggunakan air bersih.

Pakaian dan Celana

Untuk membersihkan pakaian atau celana sehabis pakai, sebaiknya gunakan deterjen atau peroksida yang memiliki sifat basa. Sifat basa diketahui sangat ampuh membunuh bakteri, kuman, hingga virus. Oleh karena itu, pastikan Anda telah menggunakan produk kebersihan yang tepat.

Kompartemen Pencuci Piring

Bila Anda memiliki mesin pencuci piring otomatis. Utamakan untuk menggunakan mesin yang telah tersertifikasi. Biasanya suhu dalam mesin harus mencapai 150 derajat celcius. Suhu ini akan membunuh bakteri, kuman dan virus dalam proses pencucian piring secara otomatis.

 Ventilasi dan Filter Udara

Penyebaran penyakit dapat terjadi melalui media apa saja. Salah satunya adalah dari udara yang Anda hirup. Apalagi bila Anda menggunakan mesin pendingin ruangan atau AC yang jarang dibersihkan. Tentu potensi penyakit datang menjadi lebih tinggi. Di sisi lain, Anda bisa memilih filter ruangan yang menggunakan cahaya ultraviolet yang lebih efektif saat membunuh patogen pembawa penyakit. Beberapa AC juga telah dilengkapi alat penyaring sekaligus penangkapan debu atau partikel kotoran. Fungsinya juga telah disempurnakan karena hanya membunuh bakteri, kuman, atau virus yang dapat menyerang manusia.

Sumber: Wsj.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Waspada, Di Dalam Rumah Pun Terjadi Polusi!

RumahCom - Anda selalu mengira kondisi di luar rumah lebih berbahaya bagi kesehatan. Banyaknya polusi udara yang berasal dari knalpot kendaraan membuat udara tak lagi bersih dan aman untuk dihirup.

Lanjutkan membacaMei 30, 2017

Awas, Kecoa Bisa Serbu Rumah Saat Ditinggal Liburan!

RumahCom - Menjelang hari raya atau saat berencana melakukan perjalanan liburan yang cukup lama, pertimbangan utama adalah rumah yang kosong. Bukannya Anda tak yakin dengan sistem keamanan di rumah, m

Lanjutkan membacaJuli 3, 2017

5 Cara Bikin Tikus Malas Mampir ke Rumah

RumahCom - Tikus sering kali menjadi tamu tak diundang di rumah kita. Salah satu hewan pengganggu ini mudah ditemukan di setiap sudut perumahan, terutama jenis tikus got.Kehadirannya tak hanya menggan

Lanjutkan membacaAgustus 10, 2017

Cara Mudah Merawat Alat Kebersihan Rumah

RumahCom – Mungkin Anda rajin membersihkan rumah, tapi apakah Anda peduli dengan kondisi peralatan yang digunakan untuk membersihkan rumah seperti sapu dan kain pel? Yakin jika sapu Anda juga bersih

Lanjutkan membacaNovember 6, 2017

Ini Caranya Membuat Pembersih yang Lebih Hemat

RumahCom - Agar memiliki rumah yang bersih dan nyaman Anda bisa melakukannya dengan cara-cara yang sederhana dan biayanya cukup murah. Berbagai bahan pembersih yang dibutuhkan juga bisa didapat dengan

Lanjutkan membacaNovember 8, 2020

Masukan