Menurut Penelitian Rumah yang Penuh Buku Bermanfaat Bagi Anak-Anak

Boy LeonardNovember 20, 2020

Menurut Penelitian Rumah yang Penuh Buku Bermanfaat Bagi Anak-Anak

RumahCom – Membaca penting bagi anak, untuk meningkatkan minat baca mereka bisa dengan mengajak membaca buku menarik hingga memberi penghargaan pada mereka.

Sebagai orang tua Anda tentu mengetahui betapa pentingnya kemampuan literasi anak. Jika anak memiliki banyak kosa kata tentu baik untuk mereka dalam berkomunikasi, baik itu menulis atau berbicara. Bahkan penelitian menyebutkan, bahwa menempatkan buku di dalam rumah adalah hal yang bagi mereka. Tidak hanya kemampuan berkomunikasi, kemampuan lain seperti daya nalar hingga akademi juga turut meningkat.

Dalam jurnal Social Science Research menunjukkan bahwa membesarkan seorang anak di rumah yang penuh dengan buku berdampak positif pada pertumbuhan akademik dan pencapaian pekerjaannya di masa depan. Rumah yang dipenuhi buku tentu akan menarik minat baca anak sehingga pengetahuan mereka menjadi lebih luas. Oleh karena itu, sedari dini penting bagi Anda untuk membimbing anak dalam membaca buku.

Mengajak anak membaca buku yang menarik

Jika saat kecil Anda memiliki bacaan menarik, maka tidak ada salahnya untuk memberikan bacaan tersebut pada anak. Mungkin Anda memiliki kenangan baik dengan buku-buku pada masa kecil. Anda bisa berbagi bersama sehingga anak turut tertarik juga. Namun pastikan buku bacaan yang Anda berikan mudah dipahami oleh mereka dengan baik.

Cobalah untuk mencari buku-buku lama tersebut. Kemudian dikumpulkan dan biarkan anak memilih yang paling menarik menurut mereka. Anda bisa menceritakan isi buku tersebut agar mereka semakin tertarik. Bimbing dan puji saat mereka sudah mulai tertarik membaca dan berikan penghargaan atas minat mereka yang besar pada buku.

Cari topik yang menarik bagi anak

Salah satu cara agar anak tertarik membaca adalah mencari topik yang paling mereka sukai. Jika anak suka olahraga cobalah cari buku atau majalah olahraga, atau jika mereka menyukai dunia hewan Anda bisa memberi ensiklopedia yang penuh gambar. Jika sudah menemukan topik yang mereka sukai, Anda bisa mengajak anak untuk mencari dan membeli buku yang sesuai dengan minat mereka.

Perbanyak ragam jenis buku di rumah

Jika Anda memiliki perpustakaan di rumah, sebaiknya memperbanyak jenis bacaan untuk anak. Mungkin anak Anda tertarik pada pengetahuan alam, maka bisa menambahkan ensiklopedia, buku bergambar, komik pengetahuan, dan banyak lagi lainnya. Namun jika mereka sudah tertarik pada buku cerita, maka Anda bisa membelikan novel anak, komik, dan cerita bergambar. Dengan demikian anak memiliki banyak bacaan di rumah.

Bimbinglah anak untuk membaca banyak bacaan, sehingga mereka bisa memiliki banyak pengetahuan dari membaca. Manfaat pengetahuan yang banyak membuat pola pikir anak yang bisa melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang, rasa ingin tahu yang kuat, serta memperkuat kemampuan akademis. Pastikan buku-buku yang diberikan bermanfaat bagi kemampuan kognitif mereka.

Beri penghargaan

Minat baca pada anak memang cukup rendah. Sangat sulit membimbing anak untuk memiliki ketertarikan pada buku. Oleh karena itu jika anak memiliki minat baca yang tinggi, hal tersebut menjadi pencapaian yang sangat baik. Berilah penghargaan pada anak atas pencapaian tersebut. Buat anak merasa berharga saat mereka bisa membaca banyak buku. Jadi, ketertarikan mereka pada buku bisa semakin tinggi.

Pujilah mereka saat selesai membaca sebuah buku. Tanyalah beberapa pertanyaan terkait dengan buku tersebut untuk mengetahui daya ingat mereka. Berikan hadiah yang mereka inginkan. Mulai dari makanan yang enak, mainan baru, atau sebuah buku yang sangat mereka inginkan. Hal ini akan membuat anak merasa membaca buku adalah sesuatu yang menyenangkan.

Sumber: Scholastic.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bangkitkan Semangat Belajar Anak dengan Cara Ini

RumahCom - Setiap pulang sekolah, anak Anda seakan lebih tertarik bermain atau bahkan tidur dibandingkan memelajari kembali apa yang sudah didapatnya. Bahkan, saat waktunya belajar, dia lebih bersa

Lanjutkan membacaApril 20, 2017

Dengan Trik Ini, Anak Dijamin Makin Semangat Belajar

RumahCom - Anda tentu ingin si kecil semangat untuk belajar sendiri tanpa perlu Anda ingatkan kembali. Pasalnya Anda tak bisa terus-menerus memerhatikannya setiap detik. Banyak kegiatan lain yang haru

Lanjutkan membacaJuni 23, 2017

Cara Ini Bikin Anak Betah di Rumah

RumahCom – Anak cepat sekali merasa bosan, sekalipun saat berada di rumahnya sendiri. Sering kali anak malah lebih senang bermain dan menghabiskan waktu di luar. Jika anak Anda juga demikian, artiny

Lanjutkan membacaOktober 3, 2017

Feng Shui Kamar Anak Agar Tumbuh Sehat dan Cerdas

RumahCom – Menata kamar sebenarnya tidak bisa sembarangan dan perlu perhatian khusus. Penting untuk merancangnya senyaman mungkin agar mereka senang dan tidur dengan nyenyak. Kamar juga berperan pen

Lanjutkan membacaOktober 9, 2017

Masukan