Rutin Bersih-Bersih Agar Rumah Bebas Bakteri dan Virus

Boy LeonardNovember 20, 2020

Rumah Bebas Virus

RumahCom – Bakteri dan virus ada di mana-mana, termasuk di dalam rumah. Penting untuk selalu rutin menjaga kebersihan rumah agar bebas dari bakteri dan virus.

Terkadang mungkin Anda lupa menjaga kebersihan rumah karena merasa sudah bersih. Padahal, banyak area di rumah yang sangat bisa jadi sangat kotor. Selain itu bagian rumah tertentu bisa menjadi sarang bakteri dan virus penyebab penyakit berbahaya.

Menurut para ahli, penularan dapat terjadi saat virus menempel pada benda mati dalam beberapa jam atau beberapa hari. Oleh karena itu sangat disarankan untuk selalu membersihkan dan menyemprotkan disinfektan sesering mungkin.

Selain itu banyak hal yang bisa Anda lakukan sebagai pemilik rumah untuk membudayakan hidup bersih. Terlebih bagi mereka yang memiliki anak yang masih kecil, tentu penting untuk memastikan kebersihan mereka agar tetap sehat. Cara paling mudah dan murah adalah dengan rutin bersih-bersih. Kegiatan bersih-bersih yang bisa Anda lakukan seperti:

Membuat tempat cuci tangan jadi menarik

Rumah Bebas Virus

(Foto: Pixabay.com)

Bisa jadi anak-anak tidak tertarik mencuci tangan karena bentuk sabun dan sarana cuci tangan tidak membuat mereka tertarik. Anak perlu mendapat perhatian khusus, karena mereka paling rawan memegang apa saja, meskipun saat ini sedang tidak bersekolah secara tatap muka.

Mengubah atau membuat tempat cuci tangan dengan mengubah bentuk wadah sabun, baik cair atau padat,  dengan karakter kesukaan anak, atau lap yang juga menarik pasti membuat anak ingin terus cuci tangan. Apalagi mereka gemar main air. Jangan lupa, orang tua juga harus membuat wastafel terlihat selalu mengkilap dan bersih sehingga anak-anak juga tidak enggan mencuci tangan.

Bersihkan bagian rumah dengan teliti

Rumah Bebas Virus

(Foto: Pixabay.com)

Membersihkan rumah tidak sekedar membersihkan permukaan kotor pada meja, lantai, dan benda-benda perabotan lainnya. Ada banyak kuman yang dapat bersembunyi di bawah benda sempit apa saja.  Karena itu, perlu desinfektan yang dapat membunuh kuman di menggunakan bahan kimia sehingga mengurangi resiko penyebaran infeksi. Tetapi perlu diperhatikan desinfektan tepat untuk berbagai permukaan karena lemari atau furniture kayu perlu desinfektan yang tidak merusak permukaannya.

Bersihkan bagian rumah yang paling sering disentuh

Rumah Bebas Virus

(Foto: Pixabay.com)

Ponsel, laptop, komputer, mouse, keyboard, kemudian stik game PS mengandung banyak bakteri karena sering disentuh. Oleh karena itu benda-benda tersebut perlu dibersihkan saat setelah digunakan. Jangan lupa pula remote tv, gagang pintu, saklar, tempat cuci tangan dan juga kamar mandi juga menjadi yang sering disentuh. Bersihkan benda dan lokasi tersebut secara rutin setiap hari. Agar memastikan bahwa tidak ada virus dan bakteri di sana.

Mencuci Baju Bukan Mencuci Tangan

Rumah Bebas Virus

(Foto: Pixabay.com)

Masih banyak yang mengira kalau mencuci baju sama dengan sekaligus membersihkan tangan sehingga tidak perlu lagi mencuci tangan. Padahal ini adalah dua hal yang berbeda. Pastikan mencuci tangan lagi dengan sabun hingga bersih setelah mengucek baju, karena virus dapat dengan mudah tertular lewat air.

Pertahankan kebiasaan bersih-bersih saat di luar rumah

Rumah Bebas Virus

(Foto: Pixabay.com)

Tidak dapat dipungkiri kebiasaan ini semakin berkurang intensitasnya karena lebih dari enam bulan Anda melakukan kebiasaan ini. Tetapi, jangan sampai lupa untuk langsung membersihkan kunci motor atau mobil, kacamata, ponsel dan langsung mencuci tangan, mandi dan baju yang dikenakan harus dicuci, jangan digantung di dalam rumah untuk dikenakan kembali.

Orang tua perlu terus mengingatkan anak-anak yang sudah mulai bosan berada di rumah. Gunakan metode menarik supaya anak mau mencuci tangan, yaitu dengan menghias wastafel dan membuatnya terjangkau.

Sumber: Houzz.com

Foto utama: Pixabay.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Awas, Kecoa Bisa Serbu Rumah Saat Ditinggal Liburan!

RumahCom - Menjelang hari raya atau saat berencana melakukan perjalanan liburan yang cukup lama, pertimbangan utama adalah rumah yang kosong. Bukannya Anda tak yakin dengan sistem keamanan di rumah, m

Lanjutkan membacaJuli 3, 2017

5 Cara Bikin Tikus Malas Mampir ke Rumah

RumahCom - Tikus sering kali menjadi tamu tak diundang di rumah kita. Salah satu hewan pengganggu ini mudah ditemukan di setiap sudut perumahan, terutama jenis tikus got.Kehadirannya tak hanya menggan

Lanjutkan membacaAgustus 10, 2017

Cara Mudah Merawat Alat Kebersihan Rumah

RumahCom – Mungkin Anda rajin membersihkan rumah, tapi apakah Anda peduli dengan kondisi peralatan yang digunakan untuk membersihkan rumah seperti sapu dan kain pel? Yakin jika sapu Anda juga bersih

Lanjutkan membacaNovember 6, 2017

Ini Caranya Membuat Pembersih yang Lebih Hemat

RumahCom - Agar memiliki rumah yang bersih dan nyaman Anda bisa melakukannya dengan cara-cara yang sederhana dan biayanya cukup murah. Berbagai bahan pembersih yang dibutuhkan juga bisa didapat dengan

Lanjutkan membacaNovember 8, 2020

Langkah Pencegahan untuk Melindungi Rumah dari Virus Corona

RumahCom - Memastikan kebersihan rumah bisa dilakukan dengan membersihkan diri dan peralatan rumah sehingga terlindungi dari penyebaran virus corona.Bagi sebagian orang, tetap berada di rumah adalah p

Lanjutkan membacaNovember 20, 2020

Masukan