“Rumah Fleksibel” Jadi Tren Saat Pandemi

November 26, 2020

RumahCom – Saat pandemi memunculkan kebutuhan khusus terkait penerapan norma-norma baru untuk memutus penularan virus. Hal ini ditangkap pengembang dengan meluncurkan produk hunian dengan berbagai fungsi maupun fitur  khusus untuk memenuhi kebutuhan terkait pandemi.

Berbagai adaptasi terus dilakukan kalangan pengembang terkait konsep produk hingga cara-cara marketing di saat situasi pandemi Covid-19. Pandemi yang membuat banyak dilakukan norma baru seperti 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) juga diaplikasikan pada desain hingga penyediaan sarana dan fasilitas kawasan perumahan untuk memastikan setiap penghuni tetap sehat.

Pandemi juga membuat rumah bukan hanya sekadar tempat istirahat tapi juga tempat untuk menjalankan berbagai aktivitas mulai bekerja, belajar, dan lainnya. Karena itu kalangan pengembang banyak melakukan adaptasi terkait desain rumahnya untuk memastikan sesuai dengan kebutuhan konsumen saat pandemic.

PT Intiland Development Tbk misalnya, meluncurkan Klaster Duo di perumahan Talaga Bestari (270 ha), Tigaraksa, Tangerang, Banten. Klaster Duo merupakan rumah kompak yang dibangun dengan beberapa kekhususan terkait kebuhan keluarga muda khususnya lagi dengan desain dan seluruh kawasan yang mengadopsi antisipasi terkait pandemi.

Menurut Permadi Indra Yoga, Direktur Pengembangan Bisnis Intiland, Klaster Duo merupakan respon Intiland terkait perkembangan kawasan yang luar biasa dan kebutuhan akan hunian dengan konsep seperti ini. Disebut Duo karena rumahnya memiliki dua fasad dan dua carport untuk memenuhi kebutuhan penghuni.

“Klaster Duo ini dikembangkan di atas lahan seluas 6,2 ha dan akan mencakup 464 unit rumah. Pengembangannya di atas lahan seluas 80 ha yang akan dikembangkan dengan pengembangan jangka panjang untuk merespon perkembangan kawasan di sini. Duo ini menjadi klaster baru yang akan menghadirkan hunian modern, inovatif, tapi tetap terjangkau,” ujarnya.

Respon terhadap  pandemi yang diterapkan salah satunya terhadap desain rumah seperti di Klaster Duo ini. Dua tipe rumah yang diluncurkan yaitu luas bangunan 65 m2 dengan lahan seluas 50 m2 (3 kamar) dan 84/55 seharga mulai Rp700 jutaan. Setiap rumah memiliki double fasad di bagian depan dan belakang selain adanya linear garden (backyard) sehingga tidak menempel dengan belakang rumah.

Kekhususan lainnya, rumah ini merancang lantai tiga sebagai area outdoor untuk difungsikan sebagai outdoor garden, outdoor deck, outdoor living, atau lainnya untuk fungsi ruang luar tapi tetap di rumah. Dengan double fasad ini maka sirkulasi udara maupun cahaya akan semakin luas sehingga rumah bisa lebih sehat.

Temukan alasan mereka membeli rumah menggunakan KPR lewat video berikut ini.

Pengembangan Klaster Duo ini juga berkolaborasi dengan PT Quanta Land Indonesia selaku konsultan pengembangan dan pemasaran. Menurut Co Founder Quanta Denny Asalim, Duo menjadi kolaborasi kedua perusahaan untuk menghadirkan produk yang sesuai di kawasan yang sudah sangat matang yaitu Talaga Bestari yang sudah terbangun lebih dari 5.000 unit rumah dan fasilitas yang sudah sangat lengkap.

“Pandemi juga memunculkan rumah yang harus fleksibel jadi yang mengutamakan kenyamanan tapi juga bisa untuk tempat bekerja, belajar, dan lainnya. Makanya di lantai satu ada kamar yang bisa difungsikan untuk kamar orang tua atau untuk ruang bekerja dan rooftop yang bisa dijadikan beragam fungsi outdoor,” katanya.

Klaster Duo ini banyak menerapkan terobosan desain bangunan dan lingkungan seperti linear garden di bagian belakang untuk area tempat bermain anak maupun ruang interaksi dan sosialisasi antar tetangga. Penerapan fasilitasnya juga merupakan segregasi antara akses kendaraan dengan pejalan kaki sehingga tetap aman bagi pejalan kaki. Ada juga fasilitas taman sayur (edible garden) untuk dimanfaatkan penghuni bercocok tanam bermacam sayuran.

“Jadi pandemi ini juga memunculkan beberapa kekhususan terkait produk dan konsep pengembangannya. Kita bisa lihat segmen seperti ini khususnya di wilayah Tangerang kebutuhannya terus meningkat makanya kami hadirkan produk ini. Nilai marketing Klaster Duo ini mencapai Rp500 miliar dan untuk tahun ini kami menyasar penjualan senilai Rp200 miliar,” beber Yoga.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Pengembang Hingga Perbankan Yang Tetap Berprestasi Saat Pandemi

RumahCom – Saat situasi bisnis sulit karena pandemi Covid-19 nyatanya masih ada pengembang maupun stakeholder properti lain yang mencatatkan prestasi. Hal ini bisa menjadi penyemangat hingga pengger

Lanjutkan membacaNovember 25, 2020

Saat Proyek Transportasi Publik LRT Beroperasi 2022, Fasilitas Pendukungnya Sudah On

RumahCom – Sembilan proyek LRT City saat ini terus berprogres dan beberapa diantaranya sudah mulai diserahterimakan dan dihuni. PT Adhi Commuter Properti, pengembangnya, akan memaksimalkan proyek in

Lanjutkan membacaNovember 25, 2020

Tok, Anggaran Kementerian PUPR 2021 Rp149,81 Triliun

RumahCom – Kementerian PUPR kembali mendapatkan pagu anggaran untuk tahun 2021 yang terbesar dibandingkan kementerian lain mencapai hampir Rp150 triliun. Anggaran ini akan difokuskan untuk pekerjaan

Lanjutkan membacaNovember 26, 2020

Jelang Akhir Tahun Pengembang Kembali Tebar Promo

RumahCom – Pengembang kembali mengeluarkan promo untuk kemudahan konsumen membeli jelang tutup tahun 2020. Seiring mengerjakan progres proyek di tengah situasi pandemi, berbagai program promo terus

Lanjutkan membacaNovember 26, 2020

Masukan