Dapat Perluasan Mandat, SMF Salurkan Kredit Mikro Hingga Program Perumahan

Boy LeonardNovember 27, 2020

Dapat Perluasan Mandat, SMF Salurkan Kredit Mikro Hingga Program Perumahan

RumahCom – PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) mendapat mandat lebih untuk meningkatkan perannya terkait pemulihan ekonomi nasional. Dengan mandat ini SMF tidak hanya menyalurkan pembiayaan ke sektor perumahan tapi juga untuk kredit mikro hingga berbagai program perumahan lainnya.

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero/SMF) terus memperkuat perannya dalam mendukung program percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui peningkatan kinerja serta perluasan mandat dari pemerintah. Melalui kegiatan sekuritisasi dan pembiayaan, SMF telah mengalirkan dana ke lembaga penyalur KPR secara kumulatif mencapai Rp68,09 triliun hingga akhir September 2020.

Penyaluran ini terdiri dari sekuritisasi sebesar Rp12,15 triliun, penyaluran pinjaman sebesar Rp55,83 triliun, dan pembelian aset KPR perbankan sebesar Rp106 miliar. Terkait sekuritisasi, SMF hingga September 2020 telah menginisiasi 13 kali penerbitan transkasi sekuritisasi bank dengan skema kontrak investasi kolektif efek beragun aset (KIK EBA) dengan total nilai sebesar Rp12,55 triliun di mana 12 transaksi dilakukan dengan Bank BTN dan satu dengan Bank Mandiri.

Sementara untuk kerja sama pembiayaan, SMF telah bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan, bank umum, bank pembangunan daerah (BPD), dan bank syariah. Terkait pembiayaan syariah, akumulasi penyaluran pembiayaan syariah sejak tahun 2009 hingga September 2020 SMF telah menyalurkan pembiayaan syariah mencapai Rp11,5 triliun.

SMF juga aktif menerbitkan surat utang sejak tahun 2009 dan hingga September 2020 telah menerbitkan 44 kali surat utang termasuk surat berharga komersial dengan total nilai penerbitan Rp41,21 triliun. Perinciannya, 32 kali penerbitan obligasi dan sukuk senilai Rp37,23 triliun, 11 pendebitan medium term note (MTN) Rp3,85 triliun, dan sekali penerbitan surat berharga komersial senilai Rp120 miliar.

Menurut Direktur Utama SMF Anata Wiyogo, tahun 2020 ini SMF tengah fokus dalam mendukung pemerintah untuk program PEN khususnya dalam sektor perumahan. Melalui beberapa upaya, SMF tetap konsisten menyalurkan pendanaan jangka panjang pada program KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), relaksasi pembiayaan homestay, program kemitraan perusahaan, sinergi dengan lembaga dan institusi keuangan, dan sebagainya.

“Kami juga telah mendapatkan perluasan mandat dari pemerintah dengan diterbitkannya Paraturan Pemerintah (PP) No. 57 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas PP No. 5 Tahun 2005 tentang penyertaan modal negara untuk pendirian persero di bidang pembiayaan sekunder perumahan,” ujarnya.

Dengan perluasan mandat ini SMF dapat mengoptimalkan perannya yang diimplementasikan melalui pemberian dukungan pembiayaan tidak hanya KPR untuk rumah siap huni tapi juga untuk kredit mikro perumahan dan KPR sewa beli sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat terfasilitasi.

Perluasan mandat ini juga dimaksudkan membuka peluang perusahaan untuk mendukung pembiayaan pasokan perumahan melalui kredit konstruksi bekerja sama dengan lembaga penyalur pembiayaan perumahan lainnya.

Mandat ini juga akan semakin memperkuat fungsi dan peran SMF dalam mendukung peningkatan kapasitas penyaluran pembiayaan perumahan yang berkesinambungan baik dari sisi supply dan demand sehingga akses masyarakat untuk mendapatkan hunian yang layak dan terjangkau semakin luas.

“Kami optimistis dengan mandat baru ini SMF dapat semakin mengoptimalkan perannya untuk mendukung bergeraknya industri perumahan nasional. Hal ini juga tentunya akan mendorong percepatan PEN di sektor perumahan di mana industri ini akan memberikan multiplayer effect ke berbagai sektor lainnya,” jelas Ananta.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sepanjang 2019, SMF Salurkan Pembiayaan Perumahan Mencapai Rp14,45 Triliun

RumahCom – SMF merupakan perusahaan special mission vehicle (SMV) yang dibentuk pemerintah untuk memperbesar penyaluran pembiayaan perumahan dengan mensekuritisasi aset KPR perbankan dan dipasarkan

Lanjutkan membacaMaret 23, 2020

SMF Optimistis Salurkan KPR Bersubsidi Rp37 Triliun Tahun Ini

RumahCom — PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) yakin institusinya mampu menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi sebesar Rp3,7 triliun sepanjang tahun ini.Direktur Utama PT Sarana Mu

Lanjutkan membacaJuli 31, 2020

REI Menyebut, Stimulus Yang Seperti Ini Sangat Diperlukan Bisnis Properti

RumahCom – Realestat Indonesia (REI) menilai, stimulus properti yang diberikan pemerintah berupa subsidi atau insentif subsidi bunga kepada debitur kredit perumahan rakyat (KPR), yang tertuang dalam

Lanjutkan membacaOktober 5, 2020

Masukan