Triliunan Stimulus Hingga Potongan Pajak Pembelian Properti Diberlakukan Di Australia

Desember 2, 2020

RumahCom – Setiap negara saat ini tengah berjuang untuk kembali menggerakkan perekonomiannya yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Australia tengah membangun proyek transportasi publik yang akan menyerap tenaga kerja besar dan memberikan potongan pajak untuk pembelian properti.

Saat ini seluruh negara di dunia hampir pasti terdampak perekonomiannya akibat pandemi Covid-19. Pemerintah di setiap negara juga terus berjibaku mengeluarkan berbagai kebijakan hingga stimulus untuk membuat perekonomian negaranya bangkit dan kembali berputar hingga menciptakan iklim bisnis yang baik.

Australia misalnya, mengeluarkan berbagai program stimulus untuk mendorong perekonomiannya salah satunya dengan membangun proyek Airport Rail Link baru di Kota Melbourne yang akan memakan investasi Rp80 triliun-Rp130 triliun. Ini merupakan proyek patungan antara pemerintah Federal Australia dengan pemerintah negara bagian Victoria di mana masing-masing sepakat menggelontorkan Rp50 triliun untuk proyek ini.

Menurut Gubernur Negara Bagian Victoria Daniel Andrews, proyek Airport Rail Link ini akan memberikan dampak jangka panjang yang cukup besar khususnya bagi masyarakat Victoria dan ini merupakan salah satu usaha pemulihan untuk membuka pekerjaan bagi masyarakat dan karena itu proyek ini akan mendorong perekonomian dengan penciptaan 8.000 pekerjaan yang ditargetkan beroperasi pada tahun 2029.

Hal ini juga akan memberikan dampak yang besar pada sektor properti terlebih Victoria disebut sebagai ibukota budaya. Bukan hanya pembangunan proyek ini, pemerintah setempat juga memberikan potongan biaya pajak pembelian properti hingga 50 persen untuk pembelian produk hunian seharga maksimal Rp10 miliar.

Temukan rumah idaman Anda di pameran virtual multi-market pertama di Asia. Lihat dulu video berikut ini.

Menurut Herman Suwito, Head of Major Project Sales Crown Group Indonesia, perusahaan developer di Australia yang dimiliki pengusaha Indonesia Iwan Sunito, proyek infrastruktur dan stimulus ini akan semakin memperkuat posisi Kota Melbourne yang akan memudahkan masyarakat bergerak dan terhubung dengan adanya Airport Rail Link ini.

“Airport Rail Link yang akan dibangun ini akan menghubungkan lebih dari 30 stasiun kereta termasuk Footscray, State Library, Town Hall, Anzac, Geelong, hingga Traralgon. Para komuter nantinya hanya menggunakan satu direct trip menuju bandara tanpa harus berganti kereta dan kemudahan aksesibilitas ini menjadi faktor penting untuk kawasan perkotaan,” ujarnya.

Hal lainnya yang akan menjadi penggerak dan mendorong perekonomian khususnya di sektor properti yaitu, Negara Bagian Victoria juga telah menganggarkan dana sebesar Rp30 triliun. Sebesar Rp17,2 triliun dialokasikan untuk pembangunan sekolah baru dan Rp12,8 triliun akan digunakan untuk perbaikan dan peningkatan fasilitas 162 sekolah.

Hal ini juga akan menambah daya tarik kawasan di wilayah sub urban seperti Southbank yang akan sangat mudah untuk menuju kawasan CBD melalui Stasiun Anzac. Di Southbank ini, Crown Group tengah mengembangkan proyek apartemen Art Is (Artis) yang akan melakukan launching perdana di Indonesia pada tanggal 12 Desember 2020.

Artis berlokasi di pusat kawasan Southbank tepatnya di 175 Sturt Street yang dibangun di atas lahan seluas 2.076 m2 yang akan terdiri dari 153 unit apartemen 1-3 kamar. Kawasan Southbank juga merupakan rumah bagi galeri yang banyak dikunjungi di Australia seperti Galeri Nasional Victoria, pusat seni pertunjukan Arts Centre Melbourne, Balet Australia, Orkestra Simfoni Melbourne, Opera Australia, dan sebagainya.

“Dari Artis ini ke Stasiun Anzac cukup berjalan kaki 10 menit sehingga kita akan dimudahkan mengakses ke berbagai tempat. Ke Bandara Tullamarine juga hanya 30 menit dengan Airport Rail Link ini sehingga kawasan ini akan menjadi magnet yang kuat untuk calon pembeli khususnya dari luar negeri ditambah dengan adanya pemotongan pajak pembelian properti,” beber Herman.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Produk-Produk Ini Bikin Rumah Lebih Sehat

RumahCom – Produsen elektronik terus menyediakan produk yang tepat untuk memastikan seisi rumah bisa lebih aman dari paparan virus. Berbagai rangkaian produk yang bisa digunakan untuk menjamin rumah

Lanjutkan membacaNovember 30, 2020

Produk New Normal: Flexible Space

RumahCom – Pengembang terus beradaptasi dann berinovasi untuk mengeluarkan produk yang tepat saat situasi pandemi ini. Lippo Karawaci misalnya, meluncurkan produk properti yang bisa digunakan sebaga

Lanjutkan membacaDesember 1, 2020

Apresiasi Untuk Pengembang Jadi Lebih Berarti Saat Pandemi

RumahCom – Berbagai apresiasi maupun penghargaan yang diterima kalangan pengembang saat situasi pandemi Covid-19 menjadi lebih penting untuk menjadi penyemangat. Proyek Cibinong New City meraih peng

Lanjutkan membacaDesember 1, 2020

Ini Yang Menjadi Penyebab Konflik Pertanahan

RumahCom – Begitu penting dan strategisnya peran pertanahan sehingga kerap menjadi sumber konflik dan sengketa dengan berbagai pihak. Berbagai konflik ini harus ditangani sejak awal dengan melibatka

Lanjutkan membacaDesember 1, 2020

Masukan