Untuk Anggaran Tahun Depan, Kementerian PUPR Telah Lelang Lebih 4.000 Pekerjaan Senilai Rp46,64 triliun

Desember 2, 2020

RumahCom – Kementerian PUPR telah melakukan lelang dini pekerjaan sejak bulan Oktober 2020 untuk program kerja 2021. Lelang dini dilakukan untuk mempercepat proses pekerjaan sehingga bisa dilakukan sejak awal tahun nanti untuk anggaran kementerian yang telah ditetapkan sebesar Rp149,81 triliun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan anggaran untuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2021 sebesar Rp149,81 triliun atau bertambah sebesar Rp34,23 triliun dibandingkan anggaran tahun 2020. Sesuai arahan Jokowi, kementerian teknis ini diharuskan segera melakukan berbagai program kerja untuk secepat mungkin menyerap anggaran dan berdampak langsung pada perekonomian nasional.

Terkait hal ini Kementerian PUPR telah memulai lelang dini untuk percepatan realisasi pelaksanaan kegiatan infrastruktur tahun anggaran 2021 yang bahkan telah dimulai sejak bulan Oktober 2020. Hingga saat ini sebanyak 4.060 paket pekerjaan senilai Rp46,64 triliun telah dilelang seperti yang terekam dalam sistem e-monitoring dan pekerjaan yang dilelang ini akan terus bertambah.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, lelang dini akan meningkatkan kualitas pembelanjaan anggaran pembangunan infrastruktur karena pekerjaan bisa dilakukan lebih awal. Selain itu untuk menjaga kepercayaan masyarakat dalam membelanjakan uang negara melalui berbagai proyek infrastruktur, kualitas konstruksi akan selalu menjaedi perhatian utama.

“Kontraktor maupun penyedia jasa yang berkualitas dengan sendirinya akan banyak dicari oleh pengguna. Proses lelang dini dengan sistem e-monitoring salah satunya untuk mempercepat proses itu supaya anggaran ini bisa terserap dan menggerakkan perekonomian dan di sisi lain seluruh prosesnya dilakukan secara transparan,” ujarnya.

Untuk berbagai program kerja, Basuki menyebut akan fokus pada enam program untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi dan reformasi sosial khususnya yang paling terdampak pandemi Covid-19.

Inilah kebijakan pemerintah yang akan bantu masyarakat agar punya rumah. Selengkapnya nonton yuk di video berikut ini.

Keenam fokus tersebut yaitu peningkatan ketahanan pangan, pengembangan konektivitas, peningkatan kesehatan lingkungan dan masyarakat, peningkatan investasi, penguatan jaringan pengaman nasional (program padat karya tunai, pembelian produk rakyat, pemberdayaan pengusaha lokal), dan peningkatan ketahanan bencana dan perubahan iklim.

Kemudian untuk anggaran tahun 2021 sebesar Rp149,81 triliun, alokasi penggunaannya untuk sumber daya air Rp58,55 triliun, konektivitas Rp53,96 triliun, pemukiman Rp26,56 triliun, dan perumahan Rp8,09 triliun.

Kemudian pengembangan sumber daya manusia Rp563,79 miliar, pembinaan konstruksi Rp757,68 miliar, pembiayaan infrastruktur Rp273,68 miliar, dukungan manajemen Rp748,2 miliar, pengawasan Rp101,74 miliar, dan perencanaan infrastruktur Rp206,18 miliar.

Basuki juga menambahkan, dalam proses pelelangan berbagai pekerjaan ini harus terus dilakukan peningkatan teknologi informasi, penyederhanaan regulasi, peningkatan penggunaan produk dalam negeri, peningkatan peran UMKM, dan optimalisasi pengawasan untuk menghindari pelanggaran dan praktik KKN.

“Kementerian PUPR akan berkomitmen untuk melaksanaka tugas dan amanah yang diberikan dengan penuh tanggung jawab. Seluruh target yang telah ditetapkan ini baik di dalam RPJM, rencana strategis kementerian, hingga aspirasi masyarakat akan selalu kami perhatikan,” tandasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Produk-Produk Ini Bikin Rumah Lebih Sehat

RumahCom – Produsen elektronik terus menyediakan produk yang tepat untuk memastikan seisi rumah bisa lebih aman dari paparan virus. Berbagai rangkaian produk yang bisa digunakan untuk menjamin rumah

Lanjutkan membacaNovember 30, 2020

Produk New Normal: Flexible Space

RumahCom – Pengembang terus beradaptasi dann berinovasi untuk mengeluarkan produk yang tepat saat situasi pandemi ini. Lippo Karawaci misalnya, meluncurkan produk properti yang bisa digunakan sebaga

Lanjutkan membacaDesember 1, 2020

Apresiasi Untuk Pengembang Jadi Lebih Berarti Saat Pandemi

RumahCom – Berbagai apresiasi maupun penghargaan yang diterima kalangan pengembang saat situasi pandemi Covid-19 menjadi lebih penting untuk menjadi penyemangat. Proyek Cibinong New City meraih peng

Lanjutkan membacaDesember 1, 2020

Ini Yang Menjadi Penyebab Konflik Pertanahan

RumahCom – Begitu penting dan strategisnya peran pertanahan sehingga kerap menjadi sumber konflik dan sengketa dengan berbagai pihak. Berbagai konflik ini harus ditangani sejak awal dengan melibatka

Lanjutkan membacaDesember 1, 2020

Triliunan Stimulus Hingga Potongan Pajak Pembelian Properti Diberlakukan Di Australia

RumahCom – Setiap negara saat ini tengah berjuang untuk kembali menggerakkan perekonomiannya yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Australia tengah membangun proyek transportasi publik yang akan me

Lanjutkan membacaDesember 2, 2020

Masukan