Aplikasi Ini Mudahkan Program Perumahan

Desember 3, 2020

RumahCom – Ditjen Perumahan Kementerian PUPR meluncurkan aplikasi Sibaru untuk  memudahkan koordinasi hingga pelaksanaan program perumahan. Dengan aplikasi ini pemerintah daerah bisa memasukkan usulan program perumahan di daerahnya dengan lebih mudah sekaligus koordinasi, pemantauan, hingga akuntabiltas yang lebih transparan.

Untuk memaksimalkan program perumahan memasuki tahun anggaran baru 2021, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta kepada pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk segera mengajukan usulan program perumahan di daerah masing-masing.

Untuk memudahkan ini, Kementerian PUPR telah mengembangkan sistem informasi bantuan perumahan (Sibaru). Dengan aplikasi Sibaru ini diharapkan bisa mengintegrasikan program sejuta rumah sekaligus mempermudah pemerintah pusat dan daerah untuk mengkoordinasikan program perumahan, memangkas waktu pengajuan proposal, serta mendorong pengawasan program yang lebih baik.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, Sibaru merupakan upaya pemerintah untuk mendorong pembangunan hunian dan menjadi bagian dari era baru pengusulan bantuan perumahan di Indonesia khususnya bagi daerah-daerah yang tersebar di seluruh pelosok negeri.

“Sibaru ini selanjutnya diharapkan bisa terus mendorong dan mempercepat program pembangunan sejuta rumah per tahun. Kami juga akan terus melakukan berbagai inovasi dan mengajak pemerintah daerah untuk lebih bersemangat melaksanakan program satu juta rumah di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dengan Sibaru, Ditjen Perumahan akan mengintegrasikan seluruh sistem perumahan yang ada saat ini. Beberapa sistem perumahan yang diintegrasikan ke dalam aplikasi Sibaru antara lain sistem informasi rumah susun (Sirusun), sistem informasi rumah khusus (Sirusus), sistem informasi rumah umum dan komersial (Siruk), dan e-RTLH.

Dengan aplikasi teknologi dan berbagai fitur khususnya ini masyarakat bisa mengakses dan memohon bantuan perumahan melalui pemerintah daerah lewat Sibaru. Nantinya, pemerintah daerah juga tidak perlu lagi mengirim proposal tapi bisa langsung mengusulkan proposalnya melalui aplikasi ini.

Setiap orang pasti punya rumah idaman yang diinginkan. Lalu bagaimana cara cerdas agar bisa temukan rumah idaman? Nonton video berikut ini untuk tau caranya, yuk!

Alur prosesnya, setelah usulan bantuan perumahan dari pemerintah daerah masuk ke Sibaru, Ditjen Perumahan akan melakukan verifikasi dengan tingkat prioritasnya. Di mana sekiranya yang paling membutuhkan bantuan dan program tersebut akan diutamakan untuk wilayah tersebut.

Aplikasi Sibaru ini juga telah mendapatkan penghargaan sebagai Pemenang I Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di tingkat Kementerian PUPR. Ke depan, Kementerian PUPR akan memanfaatkan Sibaru untuk mengawasi kondisi perumahan maupun pembangunan perumahan baik fisik dan kualitasnya. Aplikasi ini juga akan digunakan untuk memantau pergerakan pembangunan perumahan di daerah.

Sibaru ini juga akhirnya akan menjadi aplikasi untuk menyediakan sistem informasi  tata kelola bantuan perumahan yang terpadu dan mendukung proses bisnis pengelolaan bantuan perumahan di lingkungan Ditjen Perumahan. Mulai dari tahap pengusulan bantuan, monitoring pelaksanaan, sebaran lokasi, hingga akhirnya bantuan perumahan diterima oleh masyarakat akan bisa dikontrol melalui aplikasi ini.

“Aplikasi Sibaru ini merupakan perwujudan layanan sistem pemerintahan berbasis elektronik terpadu di Ditjen Perumahan yang bisa diakses secara online dan real time kapanpun dan di manapun. Dengan aplikasi ini kemudahan, kecepatan, transparan, efektif, efisien, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan serta terdokumentasi dengan baik secara digital,” beber Khalawi.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Untuk Anggaran Tahun Depan, Kementerian PUPR Telah Lelang Lebih 4.000 Pekerjaan Senilai Rp46,64 triliun

RumahCom – Kementerian PUPR telah melakukan lelang dini pekerjaan sejak bulan Oktober 2020 untuk program kerja 2021. Lelang dini dilakukan untuk mempercepat proses pekerjaan sehingga bisa dilakukan

Lanjutkan membacaDesember 2, 2020

Pemerintah Dorong Pengembang Lebih Kreatif Saat Pandemi

RumahCom – Kalangan pengembang didorong untuk kreatif dan inovatif terkait produk yang diluncurkan saat situasi pandemi Covid-19. Produk properti harus bisa menyediakan berbagai sarana untuk antisip

Lanjutkan membacaDesember 2, 2020

Rangkaian Pengembangan Agen: Cara Memaksimalkan Kinerja Listing Anda dengan FItur-fitur ini

Ini adalah perlombaan tanpa akhir untuk menangkan, terutama di pasar properti yang sangat kompetitif tempat Anda berada.Selalu ada proyek yang lebih baru, pengembangan yang lebih baik, listing yang le

Lanjutkan membacaDesember 2, 2020

Kapan dan Di Mana Memfokuskan Listing Anda Di Bulan Desember

 Kita sudah berada di bulan terkahir di tahun 2020, dan kami senang dapat membawakan edisi spesial ini – Selamat datang di artikel Kapan dan Di Mana Memfokuskan Listing Andan Di Bulan Desember.Kapa

Lanjutkan membacaDesember 3, 2020

Masukan