Sektor Wisata-Perhotelan Kawasan Asia Mulai Membaik

Desember 3, 2020

RumahCom – Sektor wisata dan perhotelan di kawasan Asia telah menunjukan tren peningkatan setelah selama ini menjadi sektor yang paling suffer saat pandemi Covid-19. Tren ini diperkirakan akan terus membaik hingga pertengahan tahun 2021 mendatang.

Perusahaan manajemen investasi dan layanan properti Cilliers International kembali merilis laporan properti untuk segmen perhotelan, Hotel Insights Q4 2020, di wilayah Asia Pasifik. Menurut Executive Director, Head of Hotels & Leisure, Asia Colliers International Govinda Singh, prospek perekonomian global diperkirakan masih akan tetap lemah dalam waktu dekat mengingat ketidakpastian dan risiko pandemi Covid-19 masih penuh dengan ketidakpastian.

“Namun begitu pengumuman mengenai vaksin yang diharapkan akan tersedia secara luas pada akhir Q1 2021 dan dikombinasikan dengan track & trace, bisa memberikan optimisme dan setidaknya 70 persen ekonomi khususnya di sektor travel dan perhotelan akan mulai berjalan pada pertengahan tahun 2021. Kami juga meyakini industri perhotelan akan pulih dengan tajam ketika perjalanan internasional tanpa karantina telah dibuka,” ujarnya.

Di Australia misalnya, pemesan perhotelan telah melonjak mencapai 40 persen pada bulan Oktober lalu dan ini diperkirakan akan terus bertambah terutama menjelang musim pariwisata di Tasmania, Melbourne, Sydney, dan Brisbane. Dengan pelonggaran lockdown yang diberlakukan telah membuka perjalanan antar negara bagian dan ini sangat berdampak positif untuk perekonomian.

Tantangan pandemi tentunya masih akan berlanjut hingga tahun 2021 karena itu dukungan pemerintah dengan regulasi maupun program stimulusnya menjadi sangat penting untuk menggairahkan pasar. Aktivitas di pasar saham juga diharapkan bisa lebih bergairah dengan aksi para investor yang mulai menginventasikan dananya.

Pencabutan pembatasan perjalanan secara global ini sangat berdampak baik untuk dimulainya tahapan-tahapan recovery. Di Maladewa yang juga telah membuka kembali perbatasannya sejak bulan Juli, hingga akhir Oktober mencatatkan peningkatan hingga 94 persen dan hal ini membuat optimistis untuk prospek  pariwisata jangka panjang mengingat reputasi Maladewa sebagai tujuan wisata global.

Cari tau ulasan wilayah pasar properti kawasan SCBD; Sawangan, Bojongsari, Cinere, dan Depok lewat video berikut ini.

Tantangannya, setiap tempat wisata saat ini dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif termasuk untuk melakukan diversifikasi sumber pasar hingga profil kedatangan tamu internasionalnya. Diversifikasi, penawaran paket wisata, hingga perluasan infrastruktur menjadi penting khususnya untuk kalangan investor kembali masuk sehingga bisa melihat prospek yang lebih jangka panjang khususnya setelah situasi pandemi ini.

Akhirnya, kalangan investor masih terus mencari aset berkualitas yang bernilai tinggi sebagai target utama untuk menginvestasikan dananya. Berdasarkan riset Colliers International, pasar yang paling likuid pada periode triwulan ketiga adalah Korea Selatan, Cina, dan Taiwan sementara Jepang, Hongkong, Singapura, dan India mengalami sedikit aktivitas investasi selama periode tersebut.

“Dengan adanya pembatasan perjalanan internasional, pasar dengan basis investasi domestik yang besar memiliki keuntungan yang lebih besar selama masa investasi lintas batas antar negara. Dalam beberapa bulan mendatang, aktivitas investasi diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan pergerakan investor untuk memanfaatkan berbagai peluang yang akan muncul,” imbuh Govinda.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pemerintah Dorong Pengembang Lebih Kreatif Saat Pandemi

RumahCom – Kalangan pengembang didorong untuk kreatif dan inovatif terkait produk yang diluncurkan saat situasi pandemi Covid-19. Produk properti harus bisa menyediakan berbagai sarana untuk antisip

Lanjutkan membacaDesember 2, 2020

Rangkaian Pengembangan Agen: Cara Memaksimalkan Kinerja Listing Anda dengan FItur-fitur ini

Ini adalah perlombaan tanpa akhir untuk menangkan, terutama di pasar properti yang sangat kompetitif tempat Anda berada.Selalu ada proyek yang lebih baru, pengembangan yang lebih baik, listing yang le

Lanjutkan membacaDesember 2, 2020

Kapan dan Di Mana Memfokuskan Listing Anda Di Bulan Desember

 Kita sudah berada di bulan terkahir di tahun 2020, dan kami senang dapat membawakan edisi spesial ini – Selamat datang di artikel Kapan dan Di Mana Memfokuskan Listing Andan Di Bulan Desember.Kapa

Lanjutkan membacaDesember 3, 2020

Aplikasi Ini Mudahkan Program Perumahan

RumahCom – Ditjen Perumahan Kementerian PUPR meluncurkan aplikasi Sibaru untuk  memudahkan koordinasi hingga pelaksanaan program perumahan. Dengan aplikasi ini pemerintah daerah bisa memasukkan usu

Lanjutkan membacaDesember 3, 2020

Sinar UV-C Bisa Bebaskan Ruang Dari Virus Berbahaya Seperti Covid-19

RumahCom – Upaya untuk memastikan ruangan bebas dari virus terus dilakukan berbagai kalangan. Teknologi memungkinkan upaya disinfeksi dengan menggunakan pencahayaan UV-C yang bisa membunuh berbagai

Lanjutkan membacaDesember 3, 2020

Masukan