Pemerintah Hingga BUMN Buruk Dalam Menjaga Aset Tanah

Desember 4, 2020

RumahCom – Buruknya pengelolaan aset-aset tanah milik pemerintah daerah, kementerian, BUMN, maupun lembaga lain kerap membuat aset-aset tanah ini berpindah tangan dan menyebabkan konflik dan sengketa yang berkepanjangan. Karena itu pendaftaran dan pengelolaan aset tanah harus terus ditingkatkan.

Tanah bisa menjadi sumber kesejahteraan hingga status ekonomi yang fungsinya sangat vital. Terkait besar dan pentingnya peran pertanahan ini yang kerap membuat ada begitu banyak konflik maupun sengketa di sektor pertanahan bukan hanya orang per orang tapi juga bisa antar lembaga hingga institusi pemerintah.

Menurut Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A. Djalil, konflik maupun sengketa pertanahan yang terjadi bisa menjadi sangat kompleks karena ada banyak faktor yang seharusnya dilakukan tapi tidak dilakukan sehingga menyebabkan berbagai permasalahan pertanahan.

“Kita di pemerintahan khususnya pemerintah daerah, urusannya bukan hanya perumusan kebijakan, pengelolaan keuangan, maupun sumber daya manusia tapi juga pengelolaan aset berupa tanah ini. Aset tanah banyak yang tidak dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah , tidak good governance, dan ini yang harus dikelola,” ujarnya.

Tidak perform-nya pemerintah daerah termasuk berbagai perusahaan BUMN atau bahkan kementerian dan lembaga dalam mengelola aset tanahnya yang kerap membuat kendala. Penatausahaan aset-aset tanah tidak dilakukan secara serius dan dikelola dengan baik sehingga aset-aset tanah kerap hilang atau berpindah kepemilikan dan menimbulkann sengketa pertanahan karena ada banyak aset-aset tanah yang akhirnya dikuasai oleh masyarakat.

Karena itu sengketa dan konflik pertanahan khususnya antara pemerintah daerah, BUMN, kementerian, dan lainnya dengan masyarakat menjadi perhatian pemerintah. Lembaga anti rasuah KPK juga terus mendorong agar setiap pemerintah daerah maupun lembaga lainnya lebih serius mengelola aset pertanahanya dengan mendaftarkan untuk memperkuat legalitas maupun merawatnya sehingga tidak dikuasai oleh pihak lain.

Beli rumah bekas atau ingin balik nama rumah warisan? Simak prosedur dan biaya balik nama sertifikat rumah di video berikut ini.

 

Kelalaian di masa lalu dalam mengelola aset-aset tanah tidak boleh terjadi lagi dan karena itu Kementerian ATR/BPN terus berupaya untuk melakukan pensertifikatan seluruh bidang tanah di wilayah Indonesia. Di sisi lain, sengketa yang terjadi di sektor pertanahan ini juga harus memerhatikan faktor keadilan.

Sofyan mengatakan, berdasarkan UU No. 5 Tahun 1960 mengenai peraturan dasar pokok-pokok agraria, apabila seseorang menguasai dan menduduki tanah, tidak diganggu gugat, dan tidak dipersoalkan maka dalam kurun waktu tertentu jika ada keputusan yurisprudensi Mahkamah Agung, maka orang yang menguasai tanah itu berhak meminta haknya. Tapi untuk aset tanah pemerintah atau BUMN tidak bisa dilakukan hal yang sama.

“Karena itu aset-aset tanah yang selama ini tidak ditata dengan baik tapi di sisi lain kita juga harus melihat aspek keadilan bagi masyarakat yang sudah menguasai tanah dan dikelola dengan itikad baik. Ini perlu diselesaikan dengan cara-cara yang lebih adil, jika ingin diambil alih harus disiapkan dana kerohimannya,” bebernya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Rangkaian Pengembangan Agen: Cara Memaksimalkan Kinerja Listing Anda dengan FItur-fitur ini

Ini adalah perlombaan tanpa akhir untuk menangkan, terutama di pasar properti yang sangat kompetitif tempat Anda berada.Selalu ada proyek yang lebih baru, pengembangan yang lebih baik, listing yang le

Lanjutkan membacaDesember 2, 2020

Kapan dan Di Mana Memfokuskan Listing Anda Di Bulan Desember

 Kita sudah berada di bulan terkahir di tahun 2020, dan kami senang dapat membawakan edisi spesial ini – Selamat datang di artikel Kapan dan Di Mana Memfokuskan Listing Andan Di Bulan Desember.Kapa

Lanjutkan membacaDesember 3, 2020

Aplikasi Ini Mudahkan Program Perumahan

RumahCom – Ditjen Perumahan Kementerian PUPR meluncurkan aplikasi Sibaru untuk  memudahkan koordinasi hingga pelaksanaan program perumahan. Dengan aplikasi ini pemerintah daerah bisa memasukkan usu

Lanjutkan membacaDesember 3, 2020

Sinar UV-C Bisa Bebaskan Ruang Dari Virus Berbahaya Seperti Covid-19

RumahCom – Upaya untuk memastikan ruangan bebas dari virus terus dilakukan berbagai kalangan. Teknologi memungkinkan upaya disinfeksi dengan menggunakan pencahayaan UV-C yang bisa membunuh berbagai

Lanjutkan membacaDesember 3, 2020

Sektor Wisata-Perhotelan Kawasan Asia Mulai Membaik

RumahCom – Sektor wisata dan perhotelan di kawasan Asia telah menunjukan tren peningkatan setelah selama ini menjadi sektor yang paling suffer saat pandemi Covid-19. Tren ini diperkirakan akan terus

Lanjutkan membacaDesember 3, 2020

Masukan