Pengembangan Kawasan Pariwisata Untuk Rebound Ekonomi Lebih Cepat

Desember 16, 2020

RumahCom – Salah satu program pemulihan perekonomian yang terpuruk akibat pandemi adalah dengan program pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN). Di penghujung tahun 2020, Kementerian PUPR terus menggenjot dua proyek KSPN di Candi Borobudur dan kawasan wisata rumah gadang di Sumatera Barat.

Salah satu yang dilakukan pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi adalah dengan pengembangan infrastruktur kawasan pariwisata sehingga bisa mendorong peningkatan kunjungan wisatawan domestik maupun manca negara. Karena itu program pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) terus dilakukan.

Menjelang berakhirnya tahun 2020 ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pengembangan dua infrastruktur kawasan pariwisata yang bisa selesai yaitu Gerbang Klangon di KSPN Borobudur dan revitalisasi Kawasan Seribu Rumah Gadang (SRG) di Kabupaten Solok Selatan, Porvinsi Sumatera Barat.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pemerintah meyakini dalam tatanan new normal akibat pandemi Covid-19, sektor ekonomi yang akan bisa rebound dengan cepat yaitu dari sektor pariwisata karena itu dua proyek KSPN ini terus dikebut pengerjaannya.

“Kami tengah membangun empat gerbang untuk masuk ke empat koridor utama arah Candi Borobudur yaitu  Gerbang Klangon dari arah Kulon Progo, Gerbang Blondo dari arah Semarang, Gerbang Palbapang dari arah Yogyakarta, dan Gerbang Kembangilmus dari arah Purworejo,” katanya.

Untuk Gerbang Klangon yang terletak di Jalan Nanggulan Mendut, Karang Reso, Kecamatan Kali Bawang, Kabupaten Kulon Progo saat ini progresnya sudah 100 persen. Penataan yang dilakukan meliputi pembangunan pusat informasi wisata dan sculpture Klangon, pusat kuliner, kios oleh-oleh, mushala, deck view, area parkir, tempat pembuangan sampah sementara, dan toilet.

Selain itu juga dilakukan penataan pedesterian. Drainase, street furniture, dan lansekap di jalur eksisting serta dibangun relief dari batu sebagai ikon Gerbang Klangon dengan tema Samudraraksa yang merupakan salah satu kapal kayu bercadik  khas Nusantara untuk merepresentasikan kebudayaan bahari purbakala.

Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Daerah Istimewa Yogyakarta Ditjen Cipta Karya juga membangun Gerbang Klangon menjadi titik peristirahatan wisatawan yang memulai perjanjian dari Bandara Yogyakarta International Airport menuju Candi Borobudur. Disediakan juga tempat untuk spot foto-foto dengan view Gunung Merapi, Merbabu, dan Menoreh.

Beli rumah dengan cicilan KPR Ringan, bisa dan mudah kok. Simak video berikut ini untuk tau triknya!

Sementara untuk revitalisasi kawasan SRG yaitu  perbaikan rumah gadang yang merupakan Kawasan Cagar Budaya rumah adat khas Minang. Penataan kawasan SRG merupakan pemugaran rumah gadang dengan melibatkann tukang-tukang yang memiliki keahlian dalam membangun serta membuat ornamen bangunan seperti ukiran-ukiran.

Keahlian ini perlu terus dipelihara sehingga kegiatan pemugaran ini dapat menjadi pengalaman berharga bagi masyarakat setempat dalam memelihara tradisi dan keahlian yang unik ini. Dari total 33 rumah Gadang yang dipugar sejak tahun 2019, saat ini 28 rumah gadang telah dikerjakan dengan progres 80 persen dan ditargetkan akan selesai akhir Desember 2020 ini.

“Revitalisasi kawasan RSG ini meliputi pemugaran rumah gadang, pembangunan menara songket, bangunan pusat informasi dan kios souvenir, panggung dan ruang terbuka hijau serta pekerjaan mechanical electrical and plumbing (MEP). Kawasan yang dipugar ini luasnya 26,3 ha dan merupakan nilai aset budaya yang luar biasa karena terdiri dari ratusan benda cagar budaya seperti rumah gadang, masjid, surau, yang sebagian sudah berumur ratusan tahun,” beber Basuki.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Target Penyaluran FLPP Lebih Besar, PPDPP Langsung Siapkan PKS Dengan Bank Pelaksana

RumahCom – PPDPP Kementerian PUPR akan langsung mengadakan PKS dengan bank penyalur KPR subsidi FLPP di penghujung tahun ini juga. Minat masyarakat yang tinggi dan anggaran FLPP yang lebih besar pad

Lanjutkan membacaDesember 14, 2020

KAI Properti Gandeng Pengembang Swasta Kembangkan KAI Living

RumahCom – Pengembang Metland menjalin kerja sama dengan anak perusahaan BUMN KAI Properti untuk klaster perumahan di Metland Cibitung. Kerja sama dua perusahaan ini untuk mengembangkan konsep KAI L

Lanjutkan membacaDesember 14, 2020

25 Proyek Senilai Rp278,35 Triliun Siap Dikerjasamakan Dengan Swasta

RumahCom – Kementerian PUPR terus meningkatkan skema KPBU untuk mengerjakan beberapa proyek strategis yang pembiayaannya tidak mendapatkan alokasi dari APBN maupun APBD. Ada 25 proyek di sektor peng

Lanjutkan membacaDesember 15, 2020

Usung Konsep Hype Community, Township Ini Sukses Pasarkan 400 Unit Ruko

RumahCom – Pengembang SML meraih kesuksesan untuk pemasaran lima tahap produk komersial berupa ruko yang dikonsep sebagai hype community complex. Konsep produk yang tepat, desain, lokasi, hingga seg

Lanjutkan membacaDesember 15, 2020

Proyek Apartemen Ini Jadi Rujukan Hunian Di Sydney

RumahCom – Kesuksesan sebuah proyek hunian salah satunya dengan dijadikan standar baru konsep hunian di wilayah tersebut seperti proyek Infinity by Crown Group. Proyek ini sejak dikembangkankan hing

Lanjutkan membacaDesember 15, 2020

Masukan