Pemerintah Dorong Pengembangan Perumahan Barbasis Komuniitas

Desember 18, 2020

RumahCom – Kementerian PUPR terus mendorong pengembangan perumahan untuk komunitas tertentu khususnya bagi kalangan pekerja dengan penghasilan tidak tetap. Proyek percontohan perumahan komunitas telah dibangun di Ciampea Bogor untuk kalangan pekerja honorer Kementerian PUPR dan komunitas jurnalis.

Kementerian Pekerjaan Umum  dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Perumahan akan menggandeng kalangan pengembang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk mempersiapkan perumahan berbasis komunitas bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Perumahan berbasis komunitas menyasar khusus kalangan pekerja non fixed income.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, salah satu pengembangan perumahan berbasis komunitas yang saat ini tengah disiapkan bersama pengembang berada di daerah Ciampea, Bogor. Masyarakat yang telah membentuk komunitasnya bisa mengajukan permohonan bantuan secara kolektif.

“Bantuan secara kolektif ini nantinya diajukan kepada kalanganpengembang nanti tentunya harus tetap mengikuti ketentuan yang berlaku untuk mendapatkan program bantuan perumahan komunitas ini. Misalny, harus untuk kalangan yang belum punya rumah, memiliki kemampuan mencicil KPR, dan harus menempati rumahnya,” ujarnya.

Bantuan perumahan berbasis komunitas ini harus dipastikan tepat sasaran di sisi lain harus bisa menjadi solusi hunian khususnya saat situasi pandemi ini. Adapun pengembang yang bersedia menjalankan program perumahan berbasis  komunitas di Bogor adalah PT Delta Pinang Mas (Delta Group) yang merupakan anggota asosiasi Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra).

Dengarkan cerita 10 tahun perjuangan lalui berbagai cobaan demi punya rumah sendiri di video berikut ini.

Total luas lahan pengembangannya mencapai 20 ha yang akan dibangun rumah tipe 28/60. Beberapa komunitas yang akan menjadi konsumen rumah ini yaitu Komunitas Pegawai Honorer Kementerian PUPR dan Komunitas Jurnalis yang juga telah melakukann kunjungan ke lokasi proyek perumahan.

Lokasi perumahan bernama Puri Arraya di Cicadas Bojong Rangkas, Ciampea, Bogor. Menurut Koordinator Marketing Perumahan Puri Arraya Yunus, rumah bersubsidi ini memiliki kualitas bangunan yang sangat baik dan telah mencakup dua kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, dapur, hingga carport. Lingkungannya juga dikembangkan sangat baik seperti jalan cor dan saluran yang sangat memadai.

“Lahan seluas 20 ha ini nantinya bisa dibangun untuk 300 unit rumah berubsidi dan ditujukan khusus untuk komunitas. Harga jual untuk rumah tipe 28/60 ini Rp167 juta dengan banyak kemudahan misalnya depe ringan dan cicilan hanya Rp1,2 juta/bulan,” katanya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Anggaran Beli Rokok Yang Bisa Untuk Cicil Rumah

RumahCom – Kementerian PUPR memiliki program bantuan perumahan berbasis komunitas untuk kalangan pekerja non fixed income. Berbagai kalangan seperti pengembang, perbankan, hingga masyarakat terus di

Lanjutkan membacaDesember 16, 2020

10 Kota Dengan Biaya Fit Out Kantor Tertinggi

RumahCom – Pandemi Covid-19 yang memunculkan banyak kebiasaan baru telah memperlihatkan beberapa kota di kawasan Asia Pasifik juga meningkat biaya fit out perkantorannya. Di sisi lain, Asia Pasifik

Lanjutkan membacaDesember 16, 2020

Begini Pemerintah Atur Klasifikasi Pekerjaan Supaya Semua Kebagian Proyek

RumahCom – Untuk menciptakan persaingan usaha yang sehat dan adil, Kementerian PUPR membagi paket pekerjaannya untuk tiga klasifikasi kecil, menengah, hingga besar. Proyek dengan nilai di bawah Rp10

Lanjutkan membacaDesember 17, 2020

Belum Resmi Berjualan, Proyek TOD Ini Telah Menunjuk Kontraktor Utama

RumahCom – Pengembang PT Urban Jakarta Propertindo telah menunjuk kontraktor utama PT Waskita Karya untuk mengerjakan fase pertama pembangunan proyek transit oriented development (TOD) Urban Suites

Lanjutkan membacaDesember 17, 2020

Kerja Sama Dengan Fintech, Ada Alternatif Pinjaman Hingga Rp2 Miliar Untuk Beli Rumah

RumahCom – Pengembang SML menjalin kerja sama dengan perusahaan fintech KawanCicil untuk alternatif pembiayaan perumahan. Dengan kolaborasi ini, masyarakat yang memiliki kendala terkait persyaratan

Lanjutkan membacaDesember 17, 2020

Masukan