Bank Pembiayaan Perumahan Gandeng Lembaga Pembiayaan Prancis Untuk Pembiayaan Terjangkau

Desember 21, 2020

RumahCom – Bank BTN dan Agence Francaise de Developpement (AFD) menjalin kerja sama untuk pengembangan pembiayaan sektor perumahan dengan fokus green economy. AFD telah berkomitmen untuk memberikan pembiayaan hingga 100 juta Euro untuk pengembangan pembiayaan perumahan yang dilsalurkan Bank BTN.

Bank BTN menjalin kolaborasi dengan lembaga keuangan Prancis Agence Francaise de Developpement (AFD) untuk pengembangan sektor perumahan terjangkau dan rendah emisi di Indonesia. Kedua pihak sepakat untuk penjajakan pembiayaan jangka panjang khususnya green financing untuk pengembangan pembiayaan perumahan di Indonesia.

Menurut Direktur Finance, Planning and Treasury Bank BTN Nixon LP Napitupulu, kolaborasi dengan lembaga keuangan Prancis ini merupakan inisiatif strategis Bank BTN untuk terus mengembangkan perusahaan sebagai best mortgage bank di wilayah Asia Tenggara hingga tahun 2025.

“Realisasi untuk mewujudkan best mortgage bank Asia Tenggara itu harus mulai dirintis sejak tahun ini. Kerja sama dengan AFD ini juga untuk penanganan perubahan iklim dan kedua institusi akan mempelajari penggunaan konsep perumahan smart city untuk memberikan nilai tambah pada kawasan yang berpotensi untuk dikembangkan,” ujarnya.

Bank BTN, jelas Nixon, akan terus berlontribusi pada pembiayaan sektor perumahan khususnya yang ramah lingkungan dan terjangkau bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Hal ini juga selanjutnya bisa terus meningkatkan pembiayaan perumahan dan mengurangi angka backlog perumahan di indonesia.

Dengan kerja sama ini juga Bank BTN ingin mendukung pemerintah khususnya pada bidang kebijakan energi nasional di mana pemerintah telah menetapkan untuk mengurangi intensitas energi sebesar 1 persen per tahun hingga tahun 2025. Penghematan energi final yang ditargetkan bisa tercapai 17 persen pada tahun 2025 nanti.

Green financing sendiri di Indonesia didefinisikan sebagai upaya menyeluruh dari industri jasa keuangan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan yang dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Aktivitas green economy lainnya yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan manusia, kesetaraan sosial, sekaligus mengurangi risiko lingkungan secara bersamaan dan signifikan.

Menggunakan agen properti untuk membantu proses pembelian rumah menjadi lebih lancar dan mudah, Lalu apa sih untungnya? nonton videonya berikut ini.

Selanjutnya, Bank BTN dan AFD akan bekerja sama untuk struktur pinjaman yang digunakan untuk pembiayaan proyek properti melalui funding dari AFD dengan potensi pembiayaan mencapai 100 juta Euro. Pembiayaan ini akan digunakan oleh Bank BTN untuk membiayai proyek perumahan dengan konsep green financing di Indonesia dengan harga yang terjangkau untuk kalangan MBR.

AFD Country Director Emmanuel Baudran menambahkan, penandatanganan kerja sama ini merupakan langkah awal kolaborasi AFD dan Bank BTN untuk membiayai kebutuhan perumahan murah dan rendah emisi di Indonesia dan tindakan ini sejalan dengan Paris Agreement.

“Penandatanganan ini juga sejalan dengan deklarasi yang dibuat Finance Common Summit yang diadakan beberapa minggu lalu di Paris, di mana 450 bank pembangunan berkomitmen untuk melaksanakan tujuan pembangunan berkelanjutan dan memerangi perubahan iklim,” bebernya.

Kerja sama ini diantaranya akan berupa pembangunan perumahan di kota-kota Indonesia, pengembangan pembiayaan konstruksi hijau dengan kebijakan dan model keuangan berkelanjutan, dan penentuan wiilayah potensial untuk kerja sama bantuan teknis dalam rangka mendukung kegiatan Bank BTN.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pemerintah Dorong Pengembangan Perumahan Barbasis Komuniitas

RumahCom – Kementerian PUPR terus mendorong pengembangan perumahan untuk komunitas tertentu khususnya bagi kalangan pekerja dengan penghasilan tidak tetap. Proyek percontohan perumahan komunitas tel

Lanjutkan membacaDesember 18, 2020

Layanan Aplikasi Hotel Ini Nge-Link Dengan Aplikasi Kesehatan

RumahCom – Berbagai cara terus dilakukan sebagai antisipasi kenormalan baru terkait pandemi Covid-19. Jaringan perhotelan ini memberikan fasilitas layanan kesehatan melalui aplikasi Kesehatan.Berbag

Lanjutkan membacaDesember 18, 2020

PPDPP Luncurkan SiPetruk Dan Gandeng 30 Bank Penyalur KPR Bersubsidi

RumahCom – PPDPP kembali meneken perjanjian kerja sama (PKS) dengan 30 bank penyalur secara offline dan online. Sekaligus juga diluncurkan aplikasi baru SiPetruk untuk menjamin kualitas rumah bersub

Lanjutkan membacaDesember 18, 2020

Pemerintah Targetkan Program Sejuta Rumah Bisa Tercapai 950 Ribu Unit

RumahCom – Program pembangunan sejuta rumah telah tercapai 856.758 unit hingga Desember 2020. Di tengah berbagai kendala akibat Covid-19, pemerintah menargetkan program sejuta rumah bisa tercapai hi

Lanjutkan membacaDesember 21, 2020

74 Ribu Calon Debitur KPR Bersubsidi Sudah Terdaftar Untuk TA 2021

RumahCom – PPDPP langsung meneken perjanjian kerja sama dengan bank penyalur KPR bersubsidi FLPP dengan 30 bank penyalur. Hal ini supaya pada awal tahun depan KPR FLPP bisa langsung disalurkan karen

Lanjutkan membacaDesember 21, 2020

Masukan