Penambalan Rutin, Titik Longsor, Hingga Tanaman Liar Yang Dilakukan Untuk Kemantapan Jalan Nasional

Desember 23, 2020

RumahCom – Kementerian PUPR melakukan banyak kegiatan perbaikan maupun perawatan rutin jalan nasional. Kegiatan penambalan lubang, perbaikan di titik-titik longsor, hingga penanganan tanaman liar terus dilakukan untuk menjamin kemantapan jalan nasional.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan kemantapan jalan nasional khususnya di ruas Pantai Utara (Pantura) di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Peningkatan kondisi jalan bertujuan untuk memperlancar konektivitas di jalur yang merupakan urat nadi transprtasi logistik di samping jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa dan tol Trans Jawa.

Dalam berbagai kesempatan, Menteri PUPR BasukiHadimuljono kerap mengatakan, konektivitas antar wilayah diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan manusia lebih efisien. Dengan konektivitas yang semakin baik diharapkan perekonomian wilayah juga  akan terus meningkat.

Menurut Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, pihaknya telah menurunkan lebih dari seribu personil untuk melalukan penutupan lubang-lubang pada jalan nasional di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta akibat tingginya curah hujan dalam beberapa minggu terakhir.

“Kami sudah mengidentifikasi lima ruas jalan nasional yang pertumbuhan lubangnya sangat luar biasa. Kami juga sudah menurunkan tim untuk melakukan penambalan secara cepat. Kelima ruas jalan nasional itu Pemalang-Pekalongan-Batang-Pelen, Semaran-Kudus-Lasem, Ketanggungan, Lingkar Sumpiuh, dan Wangon,” ujarnya.

Penanganan penambalan lubang jalan ini masih bersifat sementara sifatnya untuk perbaikan darurat. Untuk perbaikan yang lebih permanen pada ruas-ruas jalan ini akan dilakukan setelah nanti musim hujan berakhir.

Konsep TOD merupakan program pengembangan kawasan properti yang memaksimalkan fungsi transportasi massal. Selengkapnya simak di video berikut ini.

Untuk ruas jalan di Jawa Tengah dan Yogyakarta juga telah diturunkan 350 personil di Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (Satker PJN) I, 180 orang pada Satker PJN II, dan 200 orang pada Satker PJN III di wilayah Jawa Tengah sementara sisanya 170 orang di wilayah Yogyakarta. Kegiatan preservasi jalan dan jembatan ini terus dilaksanakan setiap hari sejak proyek terkontrak pada bulan Januari 2020 dengan total panjang penanganan sepanjang 96,29 km.

Total, penanganan tambal lubang jalan yang telah dilakukan sejak bulan Januari 2020 sebanyak 5.493 lubang. Hingga akhir tahun ini akan ada tiga tim sapu lubang yang diterjunkan setiap harinya untuk menangani lubang jalan yang masih tersisa dengan patching modul, dua tim bertugas untuk menangani lokasi-lokasi rutin dan satu tim ditempatkan di lokasi lingkup efektif rehabilitasi mayor di Lingkar Pemalang dengan penggunaan aspal mencapai 40 ton atau 4 dump truck.

“Selain penanganan lubang, yang juga kami tangani yaitu beberapa titik longsor yang cukup banyak seperti di Km 57+300, Km 60+800, Km 68+400, Km 84+600, Km 88+300 di Kabupaten Batang dan ini dilakukan perbaikan dengan pasangan batu. Kegiatan lain seperti pengendalian tanaman liar dengan menerjunkan lima tim di lima lokasi yang berbeda,” beber Hedy.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Beberapa Hal Yang Membuat KPR Kerap Ditolak

RumahCom – Saat memutuskan untuk mengajukan pinjaman pembiayaan perumahan ke bank, kita harus pastikan berbagai persyaratan bisa dipenuhi sehingga pengajuan kredit tidak ditolak. Bank merupakan inst

Lanjutkan membacaDesember 22, 2020

Lima Tip Sederhana Ubah Nuansa Rumah Untuk Libur Akhir Tahun

RumahCom – Kendati pendami dan kebanyakan kita harus tetap berada di rumah, memberikan sentuhan dekorasi sederhana pada rumah untuk menyambut pergantian tahun bisa tetap dilakukan. Tahun 2020 seger

Lanjutkan membacaDesember 22, 2020

Saat Pandemi Rumah Premium Banyak Dicari

RumahCom – Pandemi Covid-19 memunculkan desain hingga berbagai fasilitas untuk menjamin sebuah hunian bisa memastikan seluruh penghuninya tetap sehat. Rumah-rumah dengan desain layout dan berbagai f

Lanjutkan membacaDesember 22, 2020

Kebutuhan Produk Komersial Terus Meningkat Saat Pandemi

RumahCom – Masyarakat yang terus beradaptasi dan menyesuaikan terkait kondisi pandemi mulai membutuhkan ruang-ruang usaha. Hal ini membuat produk ruko di township BSD City yang telah diluncurkan beb

Lanjutkan membacaDesember 23, 2020

Masukan