Ini Beberapa Hal Yang Akan Membuat Pasar Properti Lebih Cerah Tahun 2021

Desember 28, 2021

RumahCom – Bisnis properti yang terpuruk pada tahun 2020 diprediksi akan mengalami tren peningkatan pada tahun 2021. Indikator tren peningkatan tersebut mulai terlihat pada penghujung tahun ini sehingga kita bisa lebih optimistis menghadapi bisnis properti pada tahun 2021.

Tahun 2020 segera berakhir dan tahun 2021 telah di depan mata. Pandemi Covid-19 telah memukul sektor properti di tengah tren peningkatan yang mulai terlihat sejak akhir tahun 2019 hingga awal tahun 2020 dan langsung kembali terpukul sejak pandemi melanda Indonesia pada bulan Maret 2020.

Namun begitu beberapa optimisme untuk sektor properti juga mulai terlihat di penghujung tahun ini dan bila situasinya terus membaik kita bisa lebih optimistis menghadapi tahun 2021. Menurut Lini Djafar, Managing Director Cushman & Wakefield Indonesia, sebuah perusahaan konsultasi, riset, dan manajemen properti global, ada beberapa syarat yang akan bisa membuat sektor properti lebih cerah tahun 2021.

“Pembatasan sosial berskala besar yang telah cukup lama diberlakukan telah membuat potensi permintaan untuk produk properti di hampir semua sektor menjadi pasar besar yang akan segera masuk ke pasar. Asumsi lainnya yang membuat tahun 2021 lebih optimistis yaitu pertumbuhan ekonomi Indonesia berkisar +5 persen, program vaksin Covid-19 yang akan dimulai pertengahan tahun 2021, dan implementasi diberlakukannya omnibus law,” ujarnya.

Ketiga hal ini, lanjut Lini, akan menjadi pendorong utama yang akan bisa memperkuat daya beli, meningkatkan kepercayaan maupun confident pasar, keamanan publik, dan mendorong peluang investasi yang lebih baik di sektor properti. Hal ini akan berlaku untuk semua sektor properti baik residensial, perkantoran, pusat belanja, industri, dan lainnya.

Dimana saja 7 lokasi sunrise property yang memiliki potensi investasi tinggi? temukan jawabannya di video berikut ini.

 

Untuk sektor apartemen di Jakarta dan sekitarnya misalnya, tahun 2020 merupakan tahun yang sulit dan karena itu sangat sedikit peluncuran proyek apartemen baru yang dilakukan oleh developer. Sepanjang tahun 2020 hanya ada delapan proyek baru yang diluncurkan ke pasar dengan jumlah 4.764 unit.

Tingkat penyerapan untuk proyek yang telah selesai maupun dalam tahap penjualan dan pembanguan tercatat 8.567 unit sepanjang tahun 2020. Angka ini lebih rendah 36,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya kendati secara kumulatif penjualan unit apartemen tetap stabil di angka 93,3 persen dengan tingkat presales relatif tidak berubah di angka 60,7 persen.

Beberapa proyek yang tertunda pada tahun ini akan masuk di tahun 2021 dengan proyeksi total sebanyak 30.571 unit apartemen yang akan selesai. Dengan asumsi pertumbuhan ekonomi positif sebesar lima persen, proyeksi untuk penyerapan unit apartemen ini akan lebih baik pada tahun 2021.

“Di sisi lain pengembang juga dipaksa untuk terus beradaptasi dengan situasi new normal khususnya pada desain proyeknya. Ketersediaan ruang terbuka, aplikasi teknologi nir sentuh di dalam unit maupun fasilitas aaprtemen, ruang belajar atau ruang kerja tambahan, dan lainnya akan menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli,” jelas Lini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Penambalan Rutin, Titik Longsor, Hingga Tanaman Liar Yang Dilakukan Untuk Kemantapan Jalan Nasional

RumahCom – Kementerian PUPR melakukan banyak kegiatan perbaikan maupun perawatan rutin jalan nasional. Kegiatan penambalan lubang, perbaikan di titik-titik longsor, hingga penanganan tanaman liar te

Lanjutkan membacaDesember 23, 2020

Gedung Setinggi 385 M Akan Menjulang Di Langit Jakarta

RumahCom – Pengembang terus menggarap proyeknya di tengah berbagai kendala akibat pandemi Covid-19. Proyek mixed use development Thamrin Nine misalnya, terus melanjutkan pengembangan dua tower yang

Lanjutkan membacaDesember 23, 2020

Praktis Dan Efisien Berhunian Di Kawasan TOD

RumahCom – Konsep hunian yang terintegrasi sarana transprotasi atau TOD akan terus menjadi tren hunian perkotaan. Hunian TOD akan membuat para penghuni lebih praktis dan efisien terkait aktivitas ma

Lanjutkan membacaDesember 28, 2021

Program Padat Karya Untuk Perumahan Hingga Sanitasi, Sukses Capai Target 100 Persen

RumahCom – Kementerian PUPR cukup sukses menjalankan program cash for work yang melibatkan masyarakat di berbagai pelosok. Program ini selain terus menjalankan pembangunan infrastruktur sekaligus un

Lanjutkan membacaDesember 28, 2021

Masukan