Merancang Kamar Anak Secara Terpisah, Punya Dampak Psikologis yang Baik

Februari 26, 2020

Beredarnya RUU Ketahanan Keluarga dapat disikapi secara bijaksana sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing keluarga. Menurut Psikolog Dr. Rose Mini A Prianto M.Psi., idealnya memang bisa dimulai dari mengatur dan memberikan kamar yang terpisah antara anak dengan orang tuanya.

Terutama karena pemisahan kamar anak antara anak laki-laki dengan perempuan juga menjadi bagian dari pendidikan seks dan reproduksi. Hal itu memungkinkan setiap anak perempuan dan laki-laki memiliki privasinya masing masing.

“Kalau dari sisi keluarga, memisahkan kamar akan menjadi sesuatu yang baik. Anak memang dari awal harus diajarkan bagaimana mengenal tubuh dan dirinya sendiri,” jelasnya.

Menciptakan ruang kamar bagi pengembangan anak berfungsi untuk mencegah timbulnya pertanyaan di luar dugaan untuk anak. Ketika anak sedang di kamar orang tuanya, dia melihat hal yang belum pantas untuk anak seusianya.

Pemisahan kamar dinilai memiliki dampak positif secara psikologis bagi anak. Pasalnya, hal itu bisa merangsang dan menumbuhkan sikap mandiri dan bertanggung jawab tentang dirinya sendiri. Anak bisa belajar dini untuk pergi ke kamar mandi sendiri tanpa harus membangunkan orang tuanya. Selanjutnya, anak juga bisa mulai belajar untuk merapikan tempat tidurnya sendiri.

Baca juga: Inilah 7 Ide Kamar Tidur Sesuai RUU Ketahanan Keluarga

Kendati demikian, memang tidak semua keluarga mampu melakukannya. Selain itu, bukan berarti keluarga yang tidak memisahkan kamar untuk anaknya tidak memiliki ketahanan keluarga yang baik.

Psikolog Rose Mini menyarankan, bagi keluarga yang belum bisa memisahkan kamar maka bisa memulai dengan mengajarkan pendidikan reproduksi. Menurutnya, menjadi hal penting bagi anak untuk belajar dan mampu mempertahankan dirinya agar jangan sampai dilecehkan baik oleh kakak ataupun adiknya.

Acapkali orang tua juga tidak memberikan pelajaran reproduksi karena tidak memahaminya. Dengan demikian langkah yang lebih dulu dilakukan adalah mengajarkan kepada orang tuanya, bagaimana cara membantu anak mempertahankan diri dan mengenal dirinya sendiri.

Pendidikan yang baik juga mengajarkan agar anak bisa membantu dirinya dalam mempertahankan diri. Namun lanjutnya, juga jangan sampai pemisahaan kamar yang sudah dilakukan diikuti dengan penggunaan gadget dan pemberian informasi tidak layak diberikan anak baik sengaja ataupun tidak sengaja.

“Ketahanan keluarga intinya agar anak mendapatkan haknya sebagai anak. Dan orang tua memiliki kewajiban memberikan apa yang dibutuhkan anak,” pungkasnya.

Temukan lebih banyak panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Apartemen Sky Forest, Pollux Sky Suites Karya AESLER Raih Penghargaan di PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019

Rumah.com - Kebanggaan untuk Apartemen Sky Forest, Pollux Sky Suites Karya AESLER yang Raih Penghargaan Best Luxury Condo Architectural Design di PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019.Pollux Sk

Lanjutkan membacaFebruari 10, 2020

World Capital Tower Raih Penghargaan Best Office Architectural Design di PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019

Rumah.com - Anak perusahaan Pollux Properti Indonesia, Mega Kuningan Internasional dengan karyanya, World Capital Tower berhasil raih penghargaan Best Office Architectural Design di PropertyGuru Indon

Lanjutkan membacaFebruari 10, 2020

Apartemen Beachfront The Nove Apartment Nuvasa Bay Batam Kantongi Penghargaan di PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019

Rumah.com - Karya Sinar Mas Land, Apartemen Beachfront The Nove Apartment Nuvasa Bay Batam kantongi penghargaan untuk dua kategori di PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019.Apartemen The Nove Nuv

Lanjutkan membacaFebruari 10, 2020

Peringati Imlek, Rumah.com Gelar Lunar New Year Luncheon 2020 Bersama Developer dan Agen Properti

Rumah.com-Untuk memperingati Hari Imlek tahun 2020 ini serta mempererat keakraban dan menjaga hubungan baik dengan pihak Developer dan Agent, Rumah.com mengadakan Rumah.com Lunar New Year Luncheon pad

Lanjutkan membacaFebruari 13, 2020

Harga Apartemen Turun. Saat yang Tepat untuk Beli

Rumah.com - Pasar properti terlihat solid pada akhir tahun 2019. Meski diwarnai peristiwa politik yang hangat, Rumah.com Indonesia Property Market Index mencatatkan kenaikan indeks harga sebesar 7% da

Lanjutkan membacaFebruari 19, 2020

Masukan