Melakukan Pemisahan Kamar Anak Memang Sewajarnya Dilakukan Orang Tua

Februari 27, 2020

RumahCom-Melakukan pemisahan kamar anak sejak kecil memang sudah sewajarnya dilakukan. Untuk menjaga Ketahanan Keluarga, baiknya perlindungan anak dan keluarga dilakukan mulai dari hal yang berkaitan dengan pelecehan seksual, perlindungan dari penyiksaan.

Tidak semua keluarga bisa merancang kamar terpisah untuk anak-anak. Kondisi tersebut memang dipengaruhi oleh kemampuan masing-masing keluarga dan budaya tinggal.

Bagi keluarga di Eropa, hal tersebut menjadi lumrah karena sejak dari bayi sudah diterapkan pemisahan kamar. Mungkin akan berbeda halnya bagi keluarga di Asia. Banyak anak-anak masih tinggal satu kamar dengan orang tuanya.

Menurut Psikolog Sonia Natasha M.Psi., pemisahan kamar sebenarnya sudah bisa dilakukan dari sejak bayi maupun masa pra sekolah. Namun, hal tersebut juga bergantung kepada kondisi, apakah si Ibu masih memberikan ASI eksklusif.

Namun untuk melakukan pemisahan kamar, tentunya harus memilih lokasi kamar yang tidak berjauhan dengan kamar orang tua. Tujuannya agar masih adanya pengawasan dan komunikasi. Bagi anak, pemisahan kamar secara psikologis juga bisa membuat lebih menyenangkan karena merasa memiliki ruang privasinya. Selain itu, anak juga belajar kemandirian untuk mengatur pola belajar dan bermain.

“Bicara pemisahan kamar, beranjak remaja usia sekolah mulai SD perlu dipisah. Belajar kemandirian mengatur belajarnya. Kalau mau belajar dan bermain computer di luar supaya dikontrol. Kamar hanya untuk tidur,” jelasnya.

Simak insipirasi 7 ide kamar tidur Sesuai arahan RUU Ketahanan Keluarga

Pemisahan kamar akan ada masanya. Sewajarnya sudah melakukan pemisahan saat memasuki tingkat akhir sekolah dasar dan menuju peralihan Sekolah Menengah Pertama. Pasalnya, pada periode tersebut anak perempuan sudah mengalami menstruasi sedangkan anak laki-laki mengalami akil baligh.

Selain itu, pada masa tersebut anak belajar mulai independen dan mulai bergaul dengan teman usianya. Namun, tetap harus adanya waktu dan komunikasi dengan orang tua.

“Pentingnya pemisahan. Di usia tertentu mulai eksplor dirinya. Anak-anak cenderung dewasa. Setiap orang punya privasi sendiri,”ungkap sonia.

Namun, dia menekankan untuk melakukan pemisahan kamar merupakan ranah personal kebutuhan keluarga. Jika memang mendesak untuk dilakukan keluarga, tetapi hanya berkemampuan mengontrak rumah dengan satu kamar, ada siasat yang bisa dilakukan.

Pertama meskipun dalam kamar yang sama, kasur harus terpisah antara anak-anak dengan orang tua. Tidak berada dalam satu area tidur. Si anak dapat mengggunakan matras kecil sedangkan orang tuanya berada di kasur terpisah.

Kondisi kedua, satu kamar tidur utama bisa digunakan oleh anak. Kemudian orang tua memanfaatkan di ruang tengah atau keluarga. Hal ini dengan memanfaatkan kasur lipat.

“Yang berkaitan dengan ketahanan keluarga lebih personal karena keluarga punya pandangan dan polanya sendiri dalam membangun keluarga. Seberapa penting kurang begitu tepat, akan lebih baik mungkin yang dibahas perlindungan anak dan keluarga dari hal hal berkaitan dengan pelecehan seksual, perlindungan dari penyiksaan. Itu lebih tepat,”jelasnya.

Temukan lebih banyak panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

World Capital Tower Raih Penghargaan Best Office Architectural Design di PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019

Rumah.com - Anak perusahaan Pollux Properti Indonesia, Mega Kuningan Internasional dengan karyanya, World Capital Tower berhasil raih penghargaan Best Office Architectural Design di PropertyGuru Indon

Lanjutkan membacaFebruari 10, 2020

Apartemen Beachfront The Nove Apartment Nuvasa Bay Batam Kantongi Penghargaan di PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019

Rumah.com - Karya Sinar Mas Land, Apartemen Beachfront The Nove Apartment Nuvasa Bay Batam kantongi penghargaan untuk dua kategori di PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019.Apartemen The Nove Nuv

Lanjutkan membacaFebruari 10, 2020

Peringati Imlek, Rumah.com Gelar Lunar New Year Luncheon 2020 Bersama Developer dan Agen Properti

Rumah.com-Untuk memperingati Hari Imlek tahun 2020 ini serta mempererat keakraban dan menjaga hubungan baik dengan pihak Developer dan Agent, Rumah.com mengadakan Rumah.com Lunar New Year Luncheon pad

Lanjutkan membacaFebruari 13, 2020

Harga Apartemen Turun. Saat yang Tepat untuk Beli

Rumah.com - Pasar properti terlihat solid pada akhir tahun 2019. Meski diwarnai peristiwa politik yang hangat, Rumah.com Indonesia Property Market Index mencatatkan kenaikan indeks harga sebesar 7% da

Lanjutkan membacaFebruari 19, 2020

Masukan