Kabar Baik, Sektor Properti Sudah Membaik Di Tahun Ini

Maret 9, 2020

RumahCom – Industri properti sempat melemah beberapa tahun belakangan ini. Banyak analisis mengatakan belum adanya tanda-tanda kebangkitan. Kabar baiknya menurut data dan riset, justru industri properti mulai mengalami kenaikan sejak akhir tahu lalu hingga awal tahun ini.  

Jakarta (5/3). Industri properti belum juga menunjukan tanda-tanda adanya peningkatan sejak sektor ini melemah pada periode tahun 2013-2014 lalu. Banyak analisis yang telah dipaparkan untuk menjelaskan kenapa sektor padat modal ini belum juga bangkit mulai dari pergeseran konsumen investor ke pengguna (end user), tidak pasnya (mismatch) segmen harga dengan daya beli, regulasi yang dikeluarkan pemerintah, dan sebagainya.

Namun bila melihat data, sesungguhnya sektor properti telah mengalami kenaikan sejak akhir tahun lalu hingga periode awal tahun ini. Menurut Arief Rahardjo, Director Strategic Consulting Cushman & Wakefield, sebuah perusahaan riset, konsultan, dan manajemen properti, beberapa indikator menunjukan kalau sektor properti terus mengalami peningkatan dan diprediksi akan terus berlanjut pada periode tahun 2020.

“Jadi titik terendah untuk sektor properti di hampir semua sektor itu rata-rata pada tahun 2018 karena masuk tahun 2019 semuanya sudah terlihat membaik. Indikator peningkatan bisa dilihat dari sisi penyerapan produk properti maupun keterhunian (okupansi) baik dari sektor hunian, perkantoran, hotel, gudang, hingga ritel,” ujarnya.

Salah satu contohnya di sektor perkantoran yang sejak 3-4 tahun lalu pasar dibanjiri oleh suplai ruang perkantoran mencapai 300 ribu-500 ribu meter persegi. Pada tahun 2019 penyerapan ruang untuk perkantoran ini sudah lebih baik dengan tingkat keterisian mencapai 75 persen untuk wilayah Jakarta. Diprediksi, sektor perkantoran akan terus membaik dengan puncaknya (okupansi di atas 90 persen) pada tahun 2023.

Simak selengkapnya: Panduan Memilih Lokasi Rumah Bagi Pemula

Sektor ritel baik pusat perbelanjaan maupun mal, sejak tahun 2018 lini food and beverage (F&B) telah menjadi new fashion sehingga banyak mal yang melakukan konsep ulang isi malnya menjadi lebih menarik untuk menyesuaikan dengan tren dan keinginan pasar. Banyak juga mal-mal kecil bermunculan dengan tema khusus yang menjadi ikon destinasi baru yang sangat digemari khususnya oleh pasar lokal.

Kawasan industri juga mencatatkan pertumbuhan yang cukup baik pada tahun 2019 lalu dengan realisasi penjualan lahan industri mencapai lebih dari 320 hektare atau yang tertinggi sejak tahun 2015 lalu. Sejak sektor properti melemah, rata-rata sumbangan dari lahan industri hanya memasok 100 hektare per tahunnya.

Sementara itu sektor hunian baik apartemen maupun rumah tapak (landed house) kinerjanya juga sudah lebih baik. Dari 300 ribu unit apartemen yang dipasarkan di wilayah Jabodetabek ditambah suplai sebanyak 188.307 unit hingga tiga tahun ke depan, penyerapannya sudah lebih baik pada tahun 2019 lalu dan terus berlanjut hingga periode awal tahun 2020 ini.

Rumah tapak yang dipantau dari 40 pengembangan perumahan berskala kota (township) di wilayah Jabodetabek, secara umum kinerja penjualannya yang terbaik dibanding semua sektor khususnya untuk kisaran harga di bawah Rp1,5 miliar.

Di sisi lain, kalangan pengembang menjadi lebih inovatif dan kreatif mengemas produk yang paling dibutuhkan oleh pasar diiringi dengan cara-cara pembayaran yang meringankan seperti cicil uang muka, tunai bertahap panjang, hingga pembebasan berbagai biaya sehingga lebih meringankan konsumen. Tingkat penyerapan untuk sektor rumah tapak mencapai di atas 90 persen.

“Kalau pemerintah bisa mengeluarkan regulasi yang lebih oke, sektor properti akan lebih meningkat dengan lebih baik. Misalnya kemudahan batasan plafon kredit atau loan to value (LTV) sebesar 5 persen itu sangat baik untuk menggairahkan sektor ini. Hal lainnya lagi tenor kredit harusnya bisa ditarik lebih panjang mencapai 30 tahun sehingga cicilannya bisa lebih ringan dan ini sangat menarik untuk kalangan first time home buyer,” jelas  Arief.

Tidak punya DP buat beli rumah? jangan khawatir. Simal video berikut untuk tahu tips kredit rumah tanpa DP.

 

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

ERA Expert Melangkah Mantap Untuk Tahun 2020

Tahun 2020 merupakan tahun pertama ERA Expert mengadakan Annual Award. Namun ERA Expert yang baru hadir sejak 31 Agustus 2019 lalu bisa merebut pasar yang cukup signifikan di wilayah Jakarta Timur, Be

Lanjutkan membacaMaret 5, 2020

Aplikasi SiKasep Lebih Mudah Daftar Hingga Pantau Pembelian Rumah Murah

RumahCom-Adanya aplikasi SiKasep memudahkan pendaftaran hingga memantau pembelian rumah murah. Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) bisa mendapatkan pprogram KPR bersubsidi melalui Fasilitas Likuid

Lanjutkan membacaMaret 5, 2020

Selain Lokasi, Ini Faktor Penting Lainnya Terkait Produk Properti

RumahCom-Saat ini lokasi bukan hanya sebagai acuan penting produk properti yang baik. Faktor lain yang mendukung produk properti yang baik yaitu, konsep pengembangan produk, segmen pricing, perkembang

Lanjutkan membacaMaret 6, 2020

Rumah Dengan Ruangan Terbatas? Ini Solusi Cerdas Agar Terlihat Lapang dan Rapi

RumahCom - Memiliki rumah mungil dengan ruangan terbatas bisa diatur agar tetap terlihat lapang dan rapi. Salah satu solusi cerdas yang fungsional dengan menggunakan perabotan rumah tangga yang multi

Lanjutkan membacaMaret 9, 2020

Empat Tipe Banjir Jakarta dan Solusinya

RumahCom - Banjir di Jakarta memang sudah menjadi hal yang sering terjadi. Lalu tipe banjir apa yang sering terjadi di Jakarta? Menurut Nirwono Joga selaku Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakt

Lanjutkan membacaMaret 9, 2020

Masukan