Stok Lahan Luas Yang Dimiliki Pengembang Apakah Jadi Beban Konsumen?

Maret 10, 2020

RumahCom – Perusahaan pengembang pada umumnya memiliki stok lahan luas (landbank) yang diambil dari sebagian keuntungan penjualan. Jangan khawatir, konsumen tidak akan dikenakan beban bunga kepada harga jual konsumen.

Jakarta (5/3). Lahan merupakan hal penting dan menjadi faktor produksi bagi kalangan pengembang. Perusahaan pengembang umumnya akan mengalokasikan sebagian keuntungan penjualan untuk mengakuisisi lahan guna pengembangan produk setelahnya sehingga ada keberlanjutan ketika produk yang tengah dipasarkan sudah habis terjual.

Di sisi lain, lahan merupakan salah satu obyek yang terkena pajak. Ini menyebabkan stok lahan luas (landbank) yang dimiliki pengembang tentunya akan menjadi beban perusahaan terkait pajak-pajaknya. Pajak-pajak ini tentunya akan dimasukkan ke dalam perhitungan harga jual yang dikenakan kepada konsumen.

Masih bingung pengertian tanah verponding itu apa sih? Simak dulu video lengkapnya berikut ini

Namun hal tersebut ditepis oleh Pulung Prahasto, Direktur Teknik dan Pengembangan Usaha PT Adhi Persada Properti, anak usaha BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Menurut Pulung, lahan yang dibeli oleh pengembang sebagai equity (modal) dengan biaya-biaya yang sifatnya tetap dan tidak dikenakan beban bunganya kepada penentuan harga jual untuk konsumen.

“Lahan yang dibeli pengembang itu umumnya sudah diakuisisi sangat lama sehingga harga belinya sangat murah dan dari situ pengembang sudah mendapatkan apresiasi dari peningkatan nilai harga tanahnya. Karena itu aneka biayanya juga tidak serta merta dibebankan kepada harga jual produk yang sekarang, tidak bisa seperti itu juga. Kalau nanti harga jualnya terlalu mahal dan tidak sesuai harga pasarnya bagaimana?” pungkasnya.

Karena itu kalaupun perusahaan memiliki stok lahan luas katakan mencapai ribuan hektar, hal itu tidak akan membuat produk yang dikembangkan menjadi lebih mahal akibat dari stok lahan tersebut. Penentuan harga akan berpatokan pada mekanisme pasar saat itu dan berapa nilai harga tanah yang berlaku saat itu.

Terkait stok lahan luas yang menjadi beban bagi pengembang terkait kewajiban pajak-pajaknya diakui oleh Nico Purnomo Po, CEO Pollux Properties, pengembang beberapa proyek mixed-use development di Jabodetabek, Batam, Semarang, dan kota-kota lainnya. Stok lahan luas harus dilihat sebagai aset atau liabilities sehingga menjadi beban perusahaan karena harus mengeluarkan biaya-biaya.

“Jadi kita fleksibel saja dengan tetap menambah stok lahan luas karena itu modal untuk pengembangan berikutnya agar perusahaan tetap menahan, tapi kita juga menempuh strategi lain. Misalnya, dengan cara bekerja sama dengan pemilik lahan sehingga beban pengembangan maupun beban perusahaan bisa diminimalkan,” imbuhnya.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Aplikasi SiKasep Lebih Mudah Daftar Hingga Pantau Pembelian Rumah Murah

RumahCom-Adanya aplikasi SiKasep memudahkan pendaftaran hingga memantau pembelian rumah murah. Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) bisa mendapatkan pprogram KPR bersubsidi melalui Fasilitas Likuid

Lanjutkan membacaMaret 5, 2020

Selain Lokasi, Ini Faktor Penting Lainnya Terkait Produk Properti

RumahCom-Saat ini lokasi bukan hanya sebagai acuan penting produk properti yang baik. Faktor lain yang mendukung produk properti yang baik yaitu, konsep pengembangan produk, segmen pricing, perkembang

Lanjutkan membacaMaret 6, 2020

Rumah Dengan Ruangan Terbatas? Ini Solusi Cerdas Agar Terlihat Lapang dan Rapi

RumahCom - Memiliki rumah mungil dengan ruangan terbatas bisa diatur agar tetap terlihat lapang dan rapi. Salah satu solusi cerdas yang fungsional dengan menggunakan perabotan rumah tangga yang multi

Lanjutkan membacaMaret 9, 2020

Empat Tipe Banjir Jakarta dan Solusinya

RumahCom - Banjir di Jakarta memang sudah menjadi hal yang sering terjadi. Lalu tipe banjir apa yang sering terjadi di Jakarta? Menurut Nirwono Joga selaku Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakt

Lanjutkan membacaMaret 9, 2020

Kabar Baik, Sektor Properti Sudah Membaik Di Tahun Ini

RumahCom - Industri properti sempat melemah beberapa tahun belakangan ini. Banyak analisis mengatakan belum adanya tanda-tanda kebangkitan. Kabar baiknya menurut data dan riset, justru industri proper

Lanjutkan membacaMaret 9, 2020

Masukan