Penerapan Konsep Green Harus Dimulai Oleh Pemerintah

Maret 13, 2020

RumahCom – Pengembang saat ini masih jauh dari penerapan konsep green property. Padahal adanya konsep ini bisa memberikan dampak luas yang dirasakan langsung. Melakukan hal konkrit lebih efektif dibandingkan hanya imbauan saja.

Selama ini konsep green property atau pengembangan yang lebih berwawasan lingkungan hanya bagus di konsep karena penerapannya belum banyak dilakukan. Masih banyak kalangan pengembang yang menyebut konsep green property dalam pengembangan proyeknya hanya sekadar untuk gimmick marketing. Sampai saat ini penerapannya masih sangat jauh dari konsep ideal.

Menurut Nirwono Joga, pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti Jakarta, semua pihak harus berpartisipasi dan memulai penerapan konsep green dari hal yang paling mungkin dilakukan dan pada banyak hal. Dampaknya bisa lebih luas dan bisa dirasakan langsung.

“Kalau dampaknya mau lebih luas memang harus pemerintah khususnya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang memang salah satu fokusnya pada bidang perumahan. Pemerintah harus bisa memberikan hal konkrit, misalnya insentif pengurangan pajak atau lainnya bagi kalangan pengembang yang mulai menerapkan konsep hijau pada proyeknya,” ujarnya.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

Sebagai kementerian fisik, PUPR dengan kewenangannya bisa membantu pengembang untuk sarana prasana utilitas (PSU) sehingga pengembang menjadi berlomba-lomba untuk menerapkan konsep green pada proyek maupun untuk mengejar insentif pajaknya. Dengan begitu ada insentif yang jelas untuk pengembang memulai penerapan konsep yang lebih berwawasan lingkungan pada proyeknya.

Selain itu harus ada standarisasi dari produk maupun bahan-bahan material bangunan yang bisa memunculkan sentra-sentra industri baru di daerah. Selama ini material bahan bangunan terpusat di Pulau Jawa sehingga distribusinya ke berbagai daerah khususnya di luar pulau menjadi sangat mahal dan tidak green.

“Berbagai kemudahan seperti pembangunan PSU, insentif pajak, dan lainnya lebih konkrit dibandingkan hanya berupa himbauan dan tidak ada penerapan sanksi apapun saat pengembang membangun proyeknya dengan serampangan. Minimal harus dimulai dengan hal-hal seperti ini yang lebih jelas sehingga konsep green bisa mulai diaplikasikan dan untuk jangka panjang sambil terus disempurnakan hasilnya pasti akan lebih baik,” jelasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap dalam Daftar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Lima Syarat Pengelolaan Apartemen Agar Tetap Nyaman

RumahCom – Pengembang harus memberikan kenyamanan kepada penghuni apartemen. Seperti yang disampaikan President Director PT Pilar Alam Property Widarto Surya Rahardja, ada lima syarat pengelolaan ap

Lanjutkan membacaMaret 11, 2020

Asosiasi Real Estate Broker Indonesia - DPD Jawa Timur

Sebagai organisasi profesi dimana para anggotanya terdiri dari perusahaan yang bergerak dalam usaha jasa perantara properti, AREBI memiliki tujuan untuk memberikan jasa pemasaran dan penjualan maupun

Lanjutkan membacaMaret 11, 2020

Banyak Developer Masuk Sentul, Apa Sih Kelebihannya?

RumahCom – Sentul, Bogor menjadi salah salah lokasi yang mulai didatangi pengembang dengan berbagai kelebihannya. Menawarkan hunian dengan panorama alam asri dan nyaman yang berada di bukit-bukit. M

Lanjutkan membacaMaret 12, 2020

Kelebihan Beli Properti Di Dalam Kawasan Kota Baru (Kota Mandiri)

RumahCom – Membeli properti harus dilihat jangka panjang 5-10 tahun ke depan. Umumnya Kawasan kota baru (township) menjadi alternatif properti yang berpotensi terjadi peningkatan melalui hal-hal pen

Lanjutkan membacaMaret 12, 2020

Punya Unit Properti Nganggur, Bisa Dikerjasamakan Dengan Berbagai Model

RumahCom – Properti sebagai aset berharga yang bisa menjadi investasi baik jual beli maupun sewa. Di era digital ini, properti juga mengalami perubahan, salah satunya dalam sistem sewa-menyewa melal

Lanjutkan membacaMaret 12, 2020

Masukan