Ini Alasan Kenapa Nama Arsitek Tidak Muncul Pada Bangunan

Maret 30, 2020

RumahCom – Selama ini nama arsitek tidak mucul pada sebuah bangunan karena karyanya sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Seharusnya nama arsitek bisa tercantum untuk memudahkan kontrol dari masyarakat.

Arsitek merupakan salah satu pihak utama terwujud atau terbentuknya sebuah bangunan. Sebuah rumah, gedung, maupun bangunan lainnya tentu tidak terlepas dari sebuah hasil karya arsitek di belakangnya. Hanya saja hingga saat ini masih sangat jarang nama arsitek muncul di sebuah bangunan, bahkan khusus untuk produk properti yang dipasarkan perusahaan developer yang akan muncul adalah nama developer nya.

Menurut Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DKI Jakarta (2012-2015) Stevanus J. Manahampi, kalau kita melihat rumah-rumah lama di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, di situ ada plakat yang menyebutkan antara lain nama arsitek yang merancang bangunannya. Perkembangan zaman yang semakin modern justru menghilangkan nama arsitek pada sebuah bangunan.

“Nama arsitek yang muncul pada sebuah bangunan selain sebagai bukti portofolio arsiteknya hal itu juga bisa menjadi kontrol untuk masyarakat. Kita bisa mengapresiasi atau mengkritik bangunan tersebut sehingga arsitek yang membangun juga tidak bisa sembarangan,” ujarnya.

Bangun rumah tidak harus selalu mahal. Siasati trik bangun rumah dengan anggaran minim lewat video berikut ini.

Pada perjalanannya, akhirnya karya sebuah arsitektur seperti menjadi sekadar barang dagangan terlebih untuk produk-produk perumahan yang dikembangkan oleh perusahaan developer itu. Developer akan memodifikasi lagi karya arsitektur produknya dengan alasan untuk menyesuaikan dengan selera pasar.

Dampak selanjutnya lagi, kalangan arsitek menjadi tidak mau namanya muncul di produk-produk yang dikembangkan oleh developer seperti ini karena sudah banyak dilakukan modifikasi. Arsitek tidak lagi merasa produk tersebut mewakili karyanya yang utuh sehingga tidak perlu juga untuk mendapatkan apresiasi maupun kritik atas karyanya tersebut.

Pada titik ini seharusnya bisa dibuat jalan tengah antara arsitek dan developer selaku klien sehingga nama arsitek bisa tetap muncul pada produk yang dipasarkan. Hal ini juga menyangkut rasa tanggung jawab sehingga tidak semua orang bisa menduplikasi karya secara serampangan seperti yang selama ini terjadi. Selain itu juga sebagai bentuk tanggung jawab bila bangunan tidak berkualitas nama si arsitek menjadi buruk.

“Ini sebetulnya soal publisitas karya, banyak karya arsitek yang bagus tapi tidak nongol karena arsitek juga merasa itu bukan karyanya. Ada juga kekhawatiran untuk bangunan-bangunan wisata di Bali misalnya, itu banyak dikerjakan oleh arsitek asing tapi bentuknya kerja sama perorangan. Kalau bangunannya bermasalah akan sulit meminta pertanggungjawaban dari arsiteknya, kalau nama arsiteknya tampil akan lebih mudah juga melakukan kontrolnya,” jelasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Supaya Ideal, Kerja Di Kota, Beli Rumah Di Daerah

RumahCom – Kebanyakan pekerja akan kesulitan membeli rumah di kota, karena itu cukup bekerja dengan tinggal di hunian sewa dan mencicil rumahnya di kampung halaman. Format ini akan membuat kota-desa

Lanjutkan membacaMaret 26, 2020

Supaya Aman, Setiap Gedung Tinggi Harus Ada Pengawas Bangunan (Building Inspector)

RumahCom – Penerapan aturan dan pengawasan keamanan pada gedung tinggi masih sangat lemah. Dibutuhkan building inspector untuk menjamin keamanan sebuah gedung dengan pengawasan yang ketat dari pemer

Lanjutkan membacaMaret 27, 2020

Musim Virus Corona, Kurangi Jalan-jalan, Saatnya Beli Hunian

RumahCom - Hampir semua sektor perekonomian terkena dampak dari wabah virus Corona (COVID-19) yang paling terasa di sektor pariwisata. Banyak yang merencanakan untuk jalan-jalan justru harus tertunda

Lanjutkan membacaMaret 27, 2020

Produk Properti Baru Dan Seken Sama-Sama Tertekan, Ini Alasannya

RumahCom – Seperti juga produk properti baru, harga produk properti seken juga ikut tertekan karena banyaknya orang yang mau menjual. Sekarang situasi pasar lagi berada pasa posisi konsumen karena

Lanjutkan membacaMaret 27, 2020

Lima Tips Asyik Di Rumah Saat Musim Hujan

RumahCom – Saat berada di rumah terkait isolasi diri sendiri untuk mengurangi penyebaran pandemi global virus Corona, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Yuk, manfaatkan musim hujan untuk mendapatk

Lanjutkan membacaMaret 30, 2020

Masukan