Hei Anak Muda, Begini Cara Atur Keuangan Kalau Mau Punya Rumah!

Maret 30, 2020

RumahCom – Kalau mau memiliki rumah harus disiplin mengatur keuangan. Anak muda memiliki kelebihan bisa mendapatkan tenor kredit yang panjang sehingga cicilannya bisa lebih ringan. Ambil kesempatannya yuk!

Setiap kita tentu menginginkan memiliki rumah sendiri yang bisa dihuni untuk pengembangan keluarga. Namun sebagian besar kita tidak memiliki kemudahan untuk bisa mewujudkan hunian sesuai dengan keinginan, rumah akhirnya menjadi pengeluaran terbesar seumur hidup bagi kebanyakan pasangan keluarga muda.

Namun hal tersebut bukannya tidak mungkin, selama disiplin dan bisa mengatur pengeluaran dan membuat cashflow yang sehat antara lifestyle, tabungan, hingga kebutuhan perumahan. Kuncinya niat yang kuat dan disiplin dengan pengeluaran, sisanya cari produk yang paling tepat dengan kemampuan kita.

Menurut perencana keuangan dan founder Finansia Consulting Jakarta Eko Endarto, ada perencanaan dan pengaturan yang lebih ketat terlebih saat kita sudah memiliki pasangan. Harus menjadi tujuan utama bagi setiap pasangan yang baru menikah untuk segera mewujudkan memiliki properti pertamanya.

Bagaimana cara mencari rumah dengan pasangan agar cocok antar keduanya? Video berikut ini adalah jawabannya.

“Pertama yang harus dipertimbangkan adalah kita mau memilih tipe hunian yang seperti apa. Misalnya ingin dekat dengan tempat bekerja, itu pasti pilihannya apartemen di pusat kota. Tapi kalau kita bisa bekerja dari rumah atau memiliki start up company yang bisa dikerjakan dari rumah, membeli rumah di pinggiran kota pun tidak masalah,” ujarnya.

Membeli rumah maupun apartemen dipastikan akan menguras keuangan kita, namun untuk tahap awal kita jangan terlalu fokus kepada hal ini yang nantinya malah akan menyurutkan langkah kita untuk membeli rumah. Fokus saja pada kemampuan keuangan khususnya kemampuan mencicil rumah yang akan kita beli.

Enaknya membeli properti itu bisa dicicil panjang, karena itu cari bank yang bisa memberikan tenor panjang agar cicilannya menjadi lebih ringan. Ini juga yang membuat anak muda harus segera mewujudkan membeli properti karena usia semakin muda akan bisa mendapatkan tenor kredit yang lebih panjang.

Tenor panjang memang membuat bunganya menjadi lebih tinggi, tapi bagusnya properti yang dibeli dengan cicil panjang itu, nilai uangnya akan menurun sementara nilai propertinya akan naik terus. Setelah periode waktu tertentu kita akan semakin ringan mencicilnya dan bila penghasilan bertambah kita juga bisa melunasi produk yang dicicil itu.

“Pengaturannya seperti ini, dari 100 persen penghasilan pasangan, alokasikan 30 persen untuk cicilan rumah, 10 persen untuk investasi, 10 persen untuk proteksi atau asuransi, sisanya baru untuk kebutuhan hidup dan lifestyle. Disiplin dengan pola seperti ini maka kita bisa memiliki rumah dan kehidupan kita sehari-hari masih bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Supaya Aman, Setiap Gedung Tinggi Harus Ada Pengawas Bangunan (Building Inspector)

RumahCom – Penerapan aturan dan pengawasan keamanan pada gedung tinggi masih sangat lemah. Dibutuhkan building inspector untuk menjamin keamanan sebuah gedung dengan pengawasan yang ketat dari pemer

Lanjutkan membacaMaret 27, 2020

Musim Virus Corona, Kurangi Jalan-jalan, Saatnya Beli Hunian

RumahCom - Hampir semua sektor perekonomian terkena dampak dari wabah virus Corona (COVID-19) yang paling terasa di sektor pariwisata. Banyak yang merencanakan untuk jalan-jalan justru harus tertunda

Lanjutkan membacaMaret 27, 2020

Produk Properti Baru Dan Seken Sama-Sama Tertekan, Ini Alasannya

RumahCom – Seperti juga produk properti baru, harga produk properti seken juga ikut tertekan karena banyaknya orang yang mau menjual. Sekarang situasi pasar lagi berada pasa posisi konsumen karena

Lanjutkan membacaMaret 27, 2020

Lima Tips Asyik Di Rumah Saat Musim Hujan

RumahCom – Saat berada di rumah terkait isolasi diri sendiri untuk mengurangi penyebaran pandemi global virus Corona, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Yuk, manfaatkan musim hujan untuk mendapatk

Lanjutkan membacaMaret 30, 2020

Ini Alasan Kenapa Nama Arsitek Tidak Muncul Pada Bangunan

RumahCom – Selama ini nama arsitek tidak mucul pada sebuah bangunan karena karyanya sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Seharusnya nama arsitek bisa tercantum untuk memudahkan kontrol dari masyaraka

Lanjutkan membacaMaret 30, 2020

Masukan