Gerbang Ikon KSPN Borobudur Mulai Dibangun

Maret 31, 2020

RumahCom – Kawasan Borobudur telah ditetapkan sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas atau 10 ‘Bali baru’ yang dikembangkan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu. Hal ini meliputi penataan Kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur. 

“Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul,” katanya.

Pada 2020, Kementerian PUPR telah menganggarkan Rp1,35 triliun untuk mengakselerasi pengembangan infrastruktur kawasan pariwisata Borobudur. Termasuk penataan 4 gerbang sebagai penanda masuk ke destinasi wisata utama.

Koridor utama Candi Borobudur memiliki 4 gerbang yakni Gerbang Blondo sebagai pintu masuk dari arah Semarang, Gerbang Palbapang dari arah Yogyakarta, Gerbang Kembanglimus dari arah Purworejo, dan terakhir Gerbang Klangon dari arah Kulon Progo.

Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Ditjen Cipta Karya menargetkan, konstruksi keempat gerbang tersebut sudah dikerjakan tahun 2020. Untuk Gerbang Blondo, Gerbang Palbapang, dan Gerbang Kembanglimus saat ini dalam tahap administrasi persiapan lelang, sedangkan Gerbang Klangon telah dilakukan lelang pada Februari 2020. Saat ini telah dilakukan penandatanganan kontrak paket pekerjaan oleh PT Sari Gunung Mataram Sakti.

Rumah bisa memberikan kenyamanan yang tak bisa diungkapkan. Terus apa sih enaknya punya rumah sendiri? Simak selengkapnya di video berikut ini.

Gerbang Klangon menjadi titik peristirahatan wisatawan yang memulai perjalanan dari Bandara Yogyakarta International Airport menuju Candi Borobudur. Nantinya akan ditata menjadi rest area dan ruang terbuka publik dengan biaya sebesar Rp27 miliar. Penataan gerbang yang terletak di Jalan Nanggulan Mendut, Karang Reso, Kecamatan Kali Bawang, Kabupaten Kulon Progo tersebut meliputi pembangunan pusat informasi wisata dan sclupture Klangon, pusat kuliner, kios oleh-oleh, mushola, deck view point, area parkir, Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPST), dan toilet.

Selain itu juga dilakukan penataan pedestrian (trotoar), drainase, street furniture, lansekap di jalur eksisting dan pembangunan relief dari batu untuk ikon Gerbang Klangon. Temanya adalah Samudraraksa yang merupakan salah satu kapal kayu bercadik khas Nusantara. Mempresentasikan kebudayaan bahari purbakala yang lama.

Dengan penataan koridor utama Candi Borobudur, diharapkan mampu menciptakan penataan ruang publik yang sesuai dengan karakteristik dan kearifan lokal budaya daerah melalui berbagai macam strategi. Sektor pariwisata diharapkan menjadi sektor andalan untuk mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Produk Properti Baru Dan Seken Sama-Sama Tertekan, Ini Alasannya

RumahCom – Seperti juga produk properti baru, harga produk properti seken juga ikut tertekan karena banyaknya orang yang mau menjual. Sekarang situasi pasar lagi berada pasa posisi konsumen karena

Lanjutkan membacaMaret 27, 2020

Lima Tips Asyik Di Rumah Saat Musim Hujan

RumahCom – Saat berada di rumah terkait isolasi diri sendiri untuk mengurangi penyebaran pandemi global virus Corona, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Yuk, manfaatkan musim hujan untuk mendapatk

Lanjutkan membacaMaret 30, 2020

Ini Alasan Kenapa Nama Arsitek Tidak Muncul Pada Bangunan

RumahCom – Selama ini nama arsitek tidak mucul pada sebuah bangunan karena karyanya sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Seharusnya nama arsitek bisa tercantum untuk memudahkan kontrol dari masyaraka

Lanjutkan membacaMaret 30, 2020

Hei Anak Muda, Begini Cara Atur Keuangan Kalau Mau Punya Rumah!

RumahCom – Kalau mau memiliki rumah harus disiplin mengatur keuangan. Anak muda memiliki kelebihan bisa mendapatkan tenor kredit yang panjang sehingga cicilannya bisa lebih ringan. Ambil kesempatann

Lanjutkan membacaMaret 30, 2020

Kalau Penduduk Tinggal Di Apartemen, Akan Lebih Mudah Menata Kota

RumahCom – Keterbatasan lahan membuat warga kota harus tinggal di hunian vertikal sehingga pemerintah juga lebih mudah menata kawasan kotanya. Perkembangan kota juga akan menguat fungsi jasa dibandi

Lanjutkan membacaMaret 30, 2020

Masukan