PPDPP Kementerian PUPR Rilis 10 Perumahan Subsidi Paling Digemari

Maret 31, 2020

RumahCom – Aplikasi SiKasep yang diluncurkan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) telah memudahkan masyarakat mengakses rumah murah bersubsidi. PPDPP juga merilis sepuluh perumahan yang paling banyak diakses masyarakat.

Sejak diluncurkan pada 19 Desember 2019 lalu, aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep), Pusat Pengelolaan Dana Pembiyaan Perumahan (PPDPP), dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) semakin banyak diakses masyarakat.

SiKasep merupakan aplikasi untuk mempermudah masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Membantu masyarakat mencari informasi rumah murah bersubsidi,  hingga mendaftar program KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) yang disalurkan oleh PPDPP.

Dengan aplikasi SiKasep, masyarakat maupun kalangan pengembang menjadi lebih dimudahkan sehingga antara kebutuhan perumahan dan suplai produk perumahan dari kalangan pengembang juga menjadi lebih mudah diakses melalui aplikasi ini. Kemudahan ini juga telah meningkatkan minat masyarakat sekurangnya untuk melihat berbagai pilihan rumah bersubsidi.

PPDPP merilis daftar 10 perumahan bersubsidi yang paling banyak diakses oleh masyarakat yaitu:

  1. Perumahan Logam Bangun Setia sebanyak 791 unit
  2. Perumahan Pesona Kahuripan 2 sebanyak 602 unit
  3. Perumahan Grand Cikarang City 2 sebanyak 573 unit
  4. Permata Mutiara Maja sebanyak 445 unit
  5. Bukit Cilegon Asri sebanyak 268 unit
  6. Griya Sutera Balaraja sebanyak 246 unit
  7. Citra Maja Raya sebanyak 243 unit
  8. Perumahan Arafah Residence sebanyak 219 unit
  9. Pesona Cikahuripan 6 sebanyak 192 unit
  10. Perumahan Cempaka Putih sebanyak 189 unit

Tidak sulit mempunyai rumah, ada banyak cara salah satunya KPR. Simak video berikut ini untuk informasi lengkapnya.

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, pada periode tiga bulan pertama tahun 2020 ada 121.201 calon debitur yang mendaftar melalui aplikasi SiKasep. “Perinciannya, 42.059 orang sudah lolos subsidi checking, 37.878 debitur tengah menunggu verifikasi bank, 25.279 calon debitur yang belum mengajukan subsidi checking, dan 438 orang tidak lolos subsidi checking,” ujarnya.

Sementara itu untuk data pencairan dana FLPP hingga 26 Maret 2020 telah mencapai lebih dari RP1,15 triliun untuk pembiayaan 11.497 unit rumah. Minat masyarakat yang sangat besar ini juga terlihat dari realisasi penyaluran FLPP dalam satu hari yaitu pada tanggal 27 Maret 2020 mencapai Rp18.378.729.000 untuk 178 unit rumah.

“Bank penyalurnya juga sudah semakin membesar porsi penyaluran FLPP-nya untuk periode tiga bulan pertama ini. Bank BTN tetap yang tertinggi sebanyak 4.420 unit, selanjutnya Bank BNI 1.925 unit, BPD BJB 961 unit, Bank Arthagraha 390 unit, dan BPD Jatim Syariah 350 unit.

Proses penyaluran FLPP ini masih cukup baik di tengah wabah Coronavirus Diseases 19 (Covid-19) dan anjuran untuk isolasi di rumah. Minat masyarakat yang tinggi sejauh ini masih bisa dilayani dengan bantuan teknologi,” imbuh Arief.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Lima Tips Asyik Di Rumah Saat Musim Hujan

RumahCom – Saat berada di rumah terkait isolasi diri sendiri untuk mengurangi penyebaran pandemi global virus Corona, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Yuk, manfaatkan musim hujan untuk mendapatk

Lanjutkan membacaMaret 30, 2020

Ini Alasan Kenapa Nama Arsitek Tidak Muncul Pada Bangunan

RumahCom – Selama ini nama arsitek tidak mucul pada sebuah bangunan karena karyanya sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Seharusnya nama arsitek bisa tercantum untuk memudahkan kontrol dari masyaraka

Lanjutkan membacaMaret 30, 2020

Hei Anak Muda, Begini Cara Atur Keuangan Kalau Mau Punya Rumah!

RumahCom – Kalau mau memiliki rumah harus disiplin mengatur keuangan. Anak muda memiliki kelebihan bisa mendapatkan tenor kredit yang panjang sehingga cicilannya bisa lebih ringan. Ambil kesempatann

Lanjutkan membacaMaret 30, 2020

Kalau Penduduk Tinggal Di Apartemen, Akan Lebih Mudah Menata Kota

RumahCom – Keterbatasan lahan membuat warga kota harus tinggal di hunian vertikal sehingga pemerintah juga lebih mudah menata kawasan kotanya. Perkembangan kota juga akan menguat fungsi jasa dibandi

Lanjutkan membacaMaret 30, 2020

Gerbang Ikon KSPN Borobudur Mulai Dibangun

RumahCom - Kawasan Borobudur telah ditetapkan sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas atau 10 'Bali baru' yang dikembangkan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tah

Lanjutkan membacaMaret 31, 2020

Masukan