Kementerian ATR/BPN Sediakan Layanan Elektronik Untuk Urusan Legalitas Pertanahan

April 9, 2020

RumahCom – Di tengah wabah Covid-19, Kementerian ATR/BPN menyediakan layanan pertanahan elektronik untuk kemudahan masyarakat. Pengurusan legalitas pertanahan bisa dilakukan dari rumah di tengah kewajiban karantina untuk memutus penularan virus.

Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyediakan layanan elektronik di setiap kantor-kantor pelayanan publik ATR/BPN. Hal ini terkait dengan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang mengharuskan kita berdiam diri di rumah untuk memutus penyebaran wabah. Layanan elektronik ini akan memudahkan masyarakat untuk mengurus legalitas layanan pertanahan.

Beberapa layanan yang bisa didapatkan dengan tetap berada di rumah antara lain, pembuatan sertifikat tanah pertama kali hingga layanan penghapusan hak tanggungan atau roya. Selama ini untuk dua layanan ini saja kerap menyebabkan antiran yang panjang di kantor-kantor pertanahan.

“Sebelum ada wabah Covid-19, kami memang sudahh memulai untuk memberikan layanan pertanahan secara elektronik karena pentingnya transformasi layanan ini ke format elektronik sehingga bisa menghindari penumpukan volume pekerjaan di kantor-kantor pertanahan. Layanan ini juga bagian dari keinginan pemerintah untuk terus meningkatkan ease of doing business yang saat ini kita peringkat 73 dari 190 negara dunia,” ujar Surya Tjandra, Wakil Menteri ATR/BPN.

Di sisi lain, tingginya transaksi pertanahan di Indonesia selama ini masih dikelola secara manual sehingga prosesnya sangat lama dan menyebabkan penumpukan pekerjaan yang terus semakin banyak. Selain itu di Indonesia belum seluruh bidang tanahnya banyak yang belum terdaftar dan hal ini yang akan terus didorong untuk pensertifikatan seluruh bidang tanah di Indonesia.

Beli rumah bekas atau ingin balik nama rumah warisan? Simak prosedur dan biaya balik nama sertifikat rumah di video berikut ini.

Layanan elektronik ini  juga merupakan salah satu bentuk transformasi Kementerian ATR/BPN  untuk menjadi institusi pemerintah yang lebih baik dan terus bisa memberikan kemudahan dalam pengurusan pertanahan kepada masyarakat. Hal ini nantinya juga akan menjadi salah satu komponen untuk peningkatan ease of doing business.

Beberapa layanan lain yang sudah bisa dilakukan secara elektronik antara lain hak tanggungan yang meliputi pendaftaran, peralihan, penghapusan, perubahan nama, serta perbaikan data. Zona nilai tanah (ZNT), pengecekan sertifikat tanah, serta surat keterangan pendaftaran tanah (SKPT). Kemudian dalam pelayanan hak tanggungan secara elektronik (HT-el), Kementerian ATR/BPN juga telah menjalin kemitraan dengan pejabat pembuat akta tanah (PPAT) dan perbankan.

“Saat wabah Covid-19 sekarang ini masyarakat bisa memanfaatkan berbagai layanan elektronik ini. Semoga dengan kemudahan ini kebutuhan masyarakat terkait layanan pertanahan bisa tetap dijalankan dan kami akan terus berupaya untuk memberikan layanan  terbaik kepada masyarakat,” imbuhnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Persiapkan Prospek Anda Dengan Menggunakan 3 Fitur Rumah.com Ini

Pandemi COVID-19 tetap menjadi tantangan bagi semua orang. Bersamaan dengan serangkaian inisiatif penghematan biaya COVID-19 yang diluncurkan kepada Anda, kami ingin mendukung Anda dengan tips dan waw

Lanjutkan membacaApril 8, 2020

Ini Yang Harus Dilakukan Penghuni Apartemen Supaya Lingkungannya Nyaman

RumahCom – Komplek apartemen kerap terjadi banyak kasus hukum dan sulitnya pengawasan terhadap penyelewengan hunian di apartemen. Untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman di komplek apartemen harus diw

Lanjutkan membacaApril 8, 2020

Butuh Tukang Untuk Renovasi & Perbaiki Rumah Sekarang Bisa Online

RumahCom – Urusan perbaikan rumah sekarang tidak lagi merepotkan karena bisa lebih mudah dengan memanfaatkan teknologi. Memesan tukang plus bahan bangunannya semudah seperti memesan ojek online. Te

Lanjutkan membacaApril 8, 2020

Marketing Digital Menjadi Keharusan Untuk Sektor Properti

RumahCom – Teknologi membawa perubahan ke segala bidang termasuk bisnis properti. Dengan aplikasi marketing online, pemasaran produk properti bisa dilakukan lebih efektif dan konsumen mendapatkan pr

Lanjutkan membacaApril 8, 2020

Kementerian PUPR Siapkan Lagi Tiga Tower Wisma Atlet Untuk RS Covid-19

RumahCom – Kementerian PUPR kembali menyiapkan tiga tower Wisma Atlet Kemayoran untuk dijadikan rumah sakit darurat Covid-19. Tambahan sarana ini selain untuk menampung pasien lebih banyak juga untu

Lanjutkan membacaApril 9, 2020

Masukan