Ciputra Group Siap Genjot Kembali Penjualan Apartemen Usai Pandemi

Boy LeonardApril 16, 2020

Ciputra Group Siap Genjot Kembali Penjualan Apartemen Usai Pandemi

Rumahcom – Ciputra Group akan kembali menggenjot penjualan apartemen yang tertunda usai virus pandemic Covid-19 mereda secara global dan juga di Indonesia.

Mewabahnya virus corona di Tanah Air membuat bisnis apartemen Ciputra melesu sehingga angka penjualan pun turut merosot. Hal ini membuat Ciputra Group berjanji akan kembali menggenjot penjualan proyek-proyek apartemennya setelah virus corona jenis baru atau Covid-19 ini mereda secara global, termasuk juga di Indonesia.

Senior Director Ciputra Group, Artadinata Djangkar, mengatakan jika subsektor apartemen dinilai juga ikut memiliki dampak dari Covid-19. Pasalnya, berdasarkan catatan dari DPD Real Estate Indonesia DKI Jakarta, penjualan sektor property yang komersil seperti apartemen merosot hingga 80 persen.

“Pasar apartemen untuk saat ini cenderung melesu mengingat masa pandemi yang ada di Indonesia. Apalagi lokasi apartemen utamanya yang berada di wilayah Jabotabek yang terkena dampak dari pandemi Covid-19” tuturnya.

Selain itu, ia juga mengaku belum dapat mengkalkulasikan berapa jumlah persen penurunan penjualan apartemen Ciputra mengingat dampak Covid-19 sudah mulai berjalan satu bulan semenjak pengumuman pertama pasien Covid-19 pada bulan Maret lalu. Untuk itu, dia juga belum bisa memperkirakan berapa besar kerugian yang akan ditanggung oleh perusahaan.

Dia juga mengatakan bahwa penjualan properti pada umumnya perlu untuk dilakukan dengan tatap muka karena merupakan sebuah transaksi berskala besar. Pada saat yang bersamaan, pada tanggal 15 April kemarin sudah mulai ada kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah seperti Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan ada kemungkinan meluas ke kota lainnya.

Karena itu, pihaknya pun untuk saat ini akan lebih dulu melakukan penggiatan pemasaran secara virtual dengan tujuan untuk membentuk minat atau awareness terlebih dulu kepada para calon pembeli sehingga ketika keadaan sudah kembali normal, mereka akan langsung dapat melakukan transaksi.

Hanya saja, ia belum dapat memutuskan kapan pandemi virus corona ini akan mereda dan hilang. Apalagi mengingat pasar apartemen di Jakarta masih didominasi oleh investor dibandingkan oleh end user. Namun, ia cukup berharap pada kuartal IV/2020 aktivitas pasar sudah akan berjalan seperti normal kembali.

Ia juga mengungkapkan bila pasar saat ini cenderung sensitive terhadap berita dan juga tren ekonomi. “Jika ada sentimen positif justru hal ini akan membuat lebih cepat pulihnya juga. Jadi sulit memprekdisikan kalau recovery pun akan melambat” ujarnya.

Sekretaris Perusahaan sekaligus Direktur Independen Ciputra Development Tulus Santoso menambahkan bahwa pihaknya sampai saat ini belum memutuskan untuk mengoreksi harga jual apartemen.

Ciputra juga tampaknya tak akan terlalu agresif dalam mendorong penjualan di saat kondisi seperti sekarang ini.

“Untuk sementara rehat sejenak sampai Covid usai. Belum ada program apapun selama PSBB ini,” tuturnya.

Sebelumnya, Ciputra sendiri dinilai berhasil dalam membukukan pendapatan sebesar Rp1,1 triliun dari hasil pra-penjualan (marketing sales) sepanjang kuartal I/2020 atau tumbuh 2 persen secara y-o-y.

Adapun sumbangan dari pendapatannya awalnya dari beberapa proyek di sejumlah daerah yang dikembangkan perusahaan berkode saham CTRA itu seperti Jakarta, Surabaya, Tangerang, Medan dan Bogor berupa Citra Sentul Raya.

Tulus juga menambahkan bahwa kontributor utama penjualan dari CTRA masih bisa ditopang oleh produk-produk rumah tapak, sedangkan untuk produk perkantoran dan apartemennya masing-masing hanya menyumbang 4 persen dan 2 persen kedalam total pendapatan perusahaan yang telah dicapai.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Terdampak Corona, Konstruksi Proyek Properti Jalan Terus

Rumahcom – DPP Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia tetap melakukan pengerjaan konstruksi proyek properti seperti biasa namun tetap mengedepankan protokol pencegahan virus COVID-19.Menghadapi

Lanjutkan membacaApril 16, 2020

Pengembang Dukung Realokasi Anggaran Pemerintah Basmi Covid-19

RumahCom–Pengembang rumah bersubsidi mengapresiasi tindakan yang dilakukan pemerintah terkait realokasi anggaran dari Ditjen Perumahan sebesar Rp1,70 trilun untuk program rusun dan rusus demi menang

Lanjutkan membacaApril 16, 2020

Semangat Positif Sektor Properti di Tengah Pandemi Corona

Rumahcom – Walaupun berdampak pada penjualan di sektor properti, tidak menyurutkan optimisme dari pemilik Krisna Loka Property. Cokorda Agung Krisna, S.T.Pemilik dari Krisna Loka Property, Cokorda

Lanjutkan membacaApril 16, 2020

Masukan