Lagi, Kementerian PUPR Gelontorkan Rp4,35 Triliun Untuk Kurangi Dampak Covid-19

April 17, 2020

RumahCom – Kementerian PUPR kembali meluncurkan stimulus untuk mengurangi dampak ekonomi terkait wabah Covid-19. Stimulus senilai triliunan rupiah digelontorkan untuk program padat karya pembangunan rumah, maupun program bedah rumah di berbagai daerah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali mengeluarkan stimulus melalui program padat karya terkait menurunnya aktivitas perekonomian karena pandemi Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19). Program padat karya Kementerian PUPR diluncurkan untuk mengurangi jumlah rumah tidak layak huni (RTLH), melalui program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau program bedah rumah.

Program bedah rumah ini dilakukan dengan skema padat karya tunai supaya bisa tetap mempertahankan daya beli masyarakat dan mengurangi angka pengangguran di tengah ketidakpastian situasi dampak wabah Covid-19. Program ini diharapkan bisa menjadi salah satu mitigasi dampak wabah tersebut.

“Jadi selain mengurangi penyebaran RTLH melalui program bedah rumah, pelaksanaannya juga dengan melibatkan masyarakat sekitar untuk mengurangi angka pengangguran di daerah-daerah. Jadi masyarakat masih bisa bekerja dan penerima manfaat bisa mendapatkan rumah yang lebih sehat dan nyaman,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Melalui Ditjen Perumahan Kementeriann PUPR, anggaran yang disediakan untuk peningkatan kualitas perumahan ini mencapai Rp4,35 triliun untuk sekitar 208 ribu unit rumah. Selain itu ada juga anggaran sebesar Rp459 miliar untuk membangun rumah baru program RTLH sebanyak 12 ribu unit.

Beli rumah bekas atau ingin balik nama rumah warisan? Simak prosedur dan biaya balik nama sertifikat rumah di video berikut ini.

Untuk salah satu lokasinya dilakukan di Sulawesi Utara bagi 2.200 RTLH senilai Rp38,5 miliar yang tersebar di tujuh kabupaten dan kota. Perinciannya, di Manado sebanyak 195 unit, Bitung 300 unit, Kabupaten Bolaang 570 unit, Minahasa Selatan 530 unit, Minahasa Tenggara 200 unit, dan Bolaang Mongondow 55 unit. Bantuan untuk peningkatan kualitas rumah mencapai Rp17,5 juta untuk renovasi dan Rp35 juta untuk pembangunan rumah baru.

“Untuk koordinasi pelaksanaan program ini dilakukan menggunakan media sosial dengan tim teknis di tiap kabupaten atau kota dan pelaksanaannya dengan standar protokol Covid-19. Program bedah rumah ini juga memerhatikan syarat rumah layak huni, kesehatan penghuni, pemenuhan standar kecukupan cahaya dan sirkulasi, kesediaan sanitasi, hingga standar ruang gerak minimum per orang,” jelas Basuki.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Rabat Produk Properti Sinar Mas Land Hingga 20 Persen

RumahCom – Pengembang Sinar Mas Land (SML) meluncurkan promo besar-besaran untuk seluruh produk propertinya di berbagai kota Indonesia. Ada potongan langsung hingga 20 persen, pembebasan biaya-biaya

Lanjutkan membacaApril 16, 2020

Citra Maja Raya Sukses Jualan Online Saat Wabah Covid-19

RumahCom – Township Citra Maja Raya di Lebak, Banten, tetap meluncurkan klaster baru saat ada wabah Covid-19. Ciputra Group, pengembangnya, memperkuat konsep digital marketing, dan akhir pekan ini a

Lanjutkan membacaApril 16, 2020

Semangat Positif Sektor Properti di Tengah Pandemi Corona

Rumahcom – Walaupun berdampak pada penjualan di sektor properti, tidak menyurutkan optimisme dari pemilik Krisna Loka Property. Cokorda Agung Krisna, S.T.Pemilik dari Krisna Loka Property, Cokorda

Lanjutkan membacaApril 16, 2020

Ciputra Group Siap Genjot Kembali Penjualan Apartemen Usai Pandemi

Rumahcom – Ciputra Group akan kembali menggenjot penjualan apartemen yang tertunda usai virus pandemic Covid-19 mereda secara global dan juga di Indonesia.Mewabahnya virus corona di Tanah Air membua

Lanjutkan membacaApril 16, 2020

Salah Kaprah Penghitungan Program Sejuta Rumah

RumahCom – Capaian program sejuta rumah selama ini memasukan seluruh pembangunan perumahan dari semua stakeholder dan itu tidak mencerminkan angka sesungguhnya. Termasuk program bedah rumah yang ses

Lanjutkan membacaApril 17, 2020

Masukan