Apartemen Mulai Rasakan Dampak Pandemi Covid-19

Boy LeonardApril 17, 2020

Apartemen Mulai Rasakan Dampak Pandemi Covid-19

Rumahcom – PT Intiland Development Tbk. membuat sebuah pernyataan bahwa apartemen merupakan properti yang paling terkena dampak dari virus corona jenis baru atau Covid-19.

Perlambatan yang terjadi tersebut juga mencakup semua proyek DILD, hal ini dijelaskan oleh Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi PT Intiland Development Tbk. (DILD) Archied Noto Pradono.  “Semua melambat, tapi apartemen lebih negatif,” tuturnya, dikutip dari Bisnis.

Walaupun begitu, Archied sendiri selaku Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi PT Intiland Development Tbk. ini mengaku belum bisa menjelaskan secara lebih rinci soal kinerja properti komersial DILD selama kuartal I/2020. Begitu juga dengan proyeksi di kuartal II/2020. Kinerja DILD di awal tahun akan dirilis akhir bulan ini.

Selain itu, dia juga mengaku bahwa kondisi disaat seperti ini bisa membuat pasar apartemen anjlok secara signifikan. Bahkan, dia juga membetulkan catatan DPD Realestat Indonesia DKI Jakarta bahwa properti komersial termasuk apartemen dapat menurun drastis hingga 80 persen.

Dalam beberapa catatannya pada konsultan properti, belakangan pasar apartemen tengah kelebihan muatanpasokan, akan tetapi tidak diiringi dengan jumlah permintaan yang pertumbuhannya justru melambat.

Meski demikian, Archied masih dapat bersyukur karena penjualan unit apartemen DILD masih dapat terserap di tengah pandemi corona yang tengah bergejolak di Indonesia ini. Terlebih, saat diadakannya kebijakan dari pemerintah tentang pembatasan sosial berskala besar, jaga jarak fisik dan bekerja dari rumah. 

“Lumayan masih ada yang terjual walaupun hanya dari orang-orang terdekat ataupun memang sudah tinggal di apartemen itu. Namun memang angkanya tidaklah besar dan cenderung agak susah untuk diukur secara spesifik karena angkanya terhitung cukup kecil,” imbuhnya.

Archied juga mengaku jika transaksi tersebut diperoleh setelah pihaknya terus mendorong sarana pemasaran dan promosinya melalui media digital, mulai dari efektifitas pembayaran hingga pemberian potongan harga yang menarik untuk pembeli secara tunai.

Sebelumnya, Colliers International Indonesia memberikan prediksi bahwa di tahun 2020 ini hanya akan ada sedikit perbaikan pada subsektor apartemen dari sisi permintaan dan juga harga. Rencana tambahan untuk diadakannya unit apartemen juga hanya akan memberikan tekanan pada harga hingga 2 persen.

Namun, Colliers memprediksi kenaikan harga juga kemungkinan akan naik secara bertahap hingga 5 persen dalam beberapa tahun mendatang. 

Adapun, konsultan properti itu juga mencatat bahwa peluncuran 14.086 unit dari 28 proyek apartemen di Jakarta berpotensi tertunda seiring adanya kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Dengan demikian, saat ini Colliers mencatat total unit apartemen di Jakarta masih stagnan sebanyak 211.944 unit.  

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Semangat Positif Sektor Properti di Tengah Pandemi Corona

Rumahcom – Walaupun berdampak pada penjualan di sektor properti, tidak menyurutkan optimisme dari pemilik Krisna Loka Property. Cokorda Agung Krisna, S.T.Pemilik dari Krisna Loka Property, Cokorda

Lanjutkan membacaApril 16, 2020

Ciputra Group Siap Genjot Kembali Penjualan Apartemen Usai Pandemi

Rumahcom – Ciputra Group akan kembali menggenjot penjualan apartemen yang tertunda usai virus pandemic Covid-19 mereda secara global dan juga di Indonesia.Mewabahnya virus corona di Tanah Air membua

Lanjutkan membacaApril 16, 2020

Lagi, Kementerian PUPR Gelontorkan Rp4,35 Triliun Untuk Kurangi Dampak Covid-19

RumahCom – Kementerian PUPR kembali meluncurkan stimulus untuk mengurangi dampak ekonomi terkait wabah Covid-19. Stimulus senilai triliunan rupiah digelontorkan untuk program padat karya pembangunan

Lanjutkan membacaApril 17, 2020

Masukan