RumahCom – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menjamin layanan pertanahan akan tetap berjalan di saat pendemi Covid-19. Ada empat layanan pertanahan yang bisa dilakukan secara online selain layanan yang membutuhkan tatap muka dilakukan dengan protokol Covid-19.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)mengeluarkan beberapa stimulus  untuk mengurangi dampak ekonomi terkait pandemi Coronavirus  Disease 2019 (Covid-19). Beberapa layanan dengan menggunakan teknologi digital maupun kemudahan lainnnya diluncurkan untuk  kemudahan masyarakat saat wabah ini masih berlangsung.

“Pemerintah berupaya keras untuk menangani pandemi ini bukan hanya dari sisi kesehatan tapi juga dampak-dampak lain yang terjadi khususnya untuk sektor ekonomi. Kami di Kementerian ATR/BPN juga memberikan beberapa stimulus supaya dampak ekonominya tidak terlalu memberatkan masyarakat,” ujar  Sofyan A. Djalil, Menteri ATR/Kepala BPN.

Beberapa upaya mitigasi yang dilakukan Kementerian ATR/BPN antara lain pelayanan digital yang sudah dipersiapkan sejak akhir tahun lalu sehingga penggunaannya bisa dioptimalkan pada masa pandemi ini. Ada empat layanan yang masih tetap bisa dilakukan dengan memanfaatkan sistme online sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kantor ATR/BPN.

Beli rumah bekas atau ingin balik nama rumah warisan? Simak prosedur dan biaya balik nama sertifikat rumah di video berikut ini.

Keempat layanan itu yaitu Hak Tanggungan Elektronik, Roya, Pengecekan Sertifikat, dan Zona Nilai Tanah (ZNT). Untuk pelayanan yang membutuhkan tatap muka secara langsung masih tetap bisa dilaksanakan namun dengan melaksanakan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran wabah Covid-19.

Stimulus lainnya yaitu relaksasi perpanjangan hak atas tanah hingga akhir tahun ini. Apabila ada perorangan atau perusahaan yang hak atas tanahnya habis pada masa pandemi Cocid-19, pemerintah memberikan kelonggaran hingga akhir tahun supaya aktivitas bisnisnya tidak terganggu.

“Kami juga telah menerapkan layanan online di seluruh satuan kerja baik di tingkat pusat maupun seluruh kantor-kantor pertanahan di daerah-daerah. Bila ada masyarakat yang merasa kesulitan maupun kebutuhannya tidak dilayani dengan baik, kami menyediakan kontak online untuk bisa menyampaikan keluahannya di situ. Sudah menjadi komitmen kami untuk tetap bisa memberikan pelayanan yang optimal khususnya di tengah pandemi ini,” tandas Sofyan.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR