Penyewa Merugi, Pengembang Diharapkan Beri Keringanan

Boy LeonardApril 20, 2020

Penyewa Merugi, Pengembang Diharapkan Beri Keringanan

Rumahcom – Saran dari konsultan properti kepada para pemilik gedung perkantoran untuk meringankan beban penyewa di masa pandemi.

Konsultan properti menyarakan agar pemilik gedung perkantoran sewa dapat memberi relaksasi di tengah mewabahnya virus corona jenis baru (Covid-19). Belum lagi, adanya aturan kebijakan dari pemerintah untuk bekerja dari rumah karena pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah daerah membuat para pemilik gedung dan penyewa mengalami kerugian yang cukup signifikan.

Manager Research & Consultancy Coldwell Banker Commercial Angra Angreni menuturkan bahwa penyewa gedung pada masa pandemi ini bisa dibilang cukup mendapati kerugian karena sudah membayar sewa namun tidak bisa menggunakannya secara optimal. Ditambah, kondisi bisnis dan ekonomi di hampir seluruh dunia saat ini juga turut terguncang menjadikan bisnis mereka pun juga mau tidak mau ikut terkena dampak dari pandemic ini.

Sementara itu, bagi pemilik gedung atau landlord (tuan tanah) kondisi saat ini memberikan dampak dan kerugian yang cukup besar hingga beberapa bulan ke depan. 

Hal ini lantaran pasar perkantoran sewa akan semakin tertekan, leasing activities menjadi tertunda dan terhambat sampai waktu yang tidak terprediksi karena mewabahnya virus corona.

“Keringanan ini tentu sebaiknya menjadi pertimbangan bagi sang pemilik, bahkan bisa berujung dengan win-win solution untuk mempertahankan okupansi gedung tersebut,” ujarnya pada hari minggu kemarin, seperti dikutip dari Bisnis.com.

Angra juga menambahkan lagi bahwa relaksasi itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari penyewa seperti penyesuaian harga sewa, hingga biaya pelayanan mengingat sejak adanya anjuran bekerja dari rumah maka gedung pun tidak beroperasi dengan maksimal sehingga beban gedung mengalami pengurangan.

Di sisi lain, berdasarkan survei Coldwell Banker Commercial, pemilik gedung perkantoran belum berani menunda kebijakan kenaikan harga baik sewa maupun biaya pelayanan dan melakukan penyesuaian terhadap termin pembayaran.

Namun demikian, Angra melihat hingga saat ini belum ada tanda-tanda penyewa akan merelokasi ruang kerjanya ke gedung kelas B maupun C mengingat relokasi membutuhkan proses dan biaya yang cukup besar.

Angra juga menimpali bahwa pada situasi yang seperti saat ini, menyimpan dan mengamankan arus dari kas perusahaan harus lebih menjadi poin utama yang harus diperhatikan daripada mengeluarkan biaya lagi untuk kebutuhan relokasi.

Selain itu, penyewa juga sudah terikat kontrak dengan pemilik/tuan tanah yang tentunya akan ada risiko yang timbul jika terjadi pemutusan kontrak di tengah jalan. 

“Akan tetapi, jika kondisi ekonomi semakin terpuruk ke depannya, terutama yang berdampak besar terhadap bisnis-bisnis tertentu, hal yang diprediksikan terjadi downsizing atau shrinking ruang kantor,” kata Angra.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pasar Apartemen di Jakarta dan Surabaya Lesu

RumahCom - Penjualan pasar properti di segmen apartemen menunjukkan penurunan yang signifikan. Hal ini disampaikan oleh konsultan properti Coldwell Banker Indonesia. Penurunan yang cukup signifikan in

Lanjutkan membacaApril 17, 2020

Dampak Pandemi, Pengembang Inginkan Keringanan Tarif Listrik dan Air Sampai 50 persen

Rumahcom – Mewabanya virus pandemi Covid-19 ini dinilai sangat memiliki dampak yang cukup besar terhadap bisnis properti. Hal ini membuat para pengembang untuk menyuarakan pendapat mereka untuk memi

Lanjutkan membacaApril 17, 2020

Dampak Pandemi Covid-19, Penjualan Hunian di Banten Melambat

RumahCom–Penjualan hunian makin lesu di tengah pandemi Covid-19 lantaran membeli hunian belum menjadi prioritas kebanyakan orang dalam situasi saat ini. Salah satu yang terdampak merupakan hunian di

Lanjutkan membacaApril 20, 2020

Masukan