Dampak Pandemi Goyahkan Properti Menengah Bawah Selama Ramadan, Saatnya Beli

Boy LeonardApril 21, 2020

Dampak Pandemi Goyahkan Properti Menengah Bawah Selama Ramadan, Saatnya Beli

Rumahcom – Pandemi virus corona (covid-19) melumpuhkan sektor properti di Tanah Air. Padahal sejumlah kalangan memperkirakan tahun ini adalah kebangkitan dari sektor properti. Membaiknya sektor properti bisa terwujud dengan harapan pandemi korona segera berakhir.
 
Country Manager Rumah.com Marine Novita mengungkapkan beberapa prediksi yang memperkirakan ekonomi mulai bergairah lagi di akhir tahun. Tentu hal ini diperkuat dengan ditunjukannya data terakhir yang memperlihatkan pelemahan indeks sehingga dapat dimanfaatkan bagi yang ingin mencoba mengadu peruntungan di bidang investasi properti.

Selain itu ia juga menambahkan bahwa secara waktu biasanya pada setiap bulan Ramadan, setiap tahunnya pasti penjualan dari sektor properti cenderung relative turun jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Lalu pola seperti ini baginya tercipta dari perilaku kebiasaan dari para calon konsumen yang akan menunda untuk melakukan transaksi hingga setidaknya setelah lebaran, dan pola ini pasti akan naik hingga mendekati awal tahun baru.

“Pasar properti menengah bawah juga akan terpengaruh oleh inflasi yang terjadi sepanjang periode Ramadan tahun ini. Selain itu fenomena dan tren meningkatnya inflasi di bulan Ramadan bukanlah hal baru karena ini sifatnya setahun sekali,” jelasnya.

Kendati demikian, fenomena dan tren meningkatnya inflasi pada bulan Ramadan ini bukanlah sebuah hal baru. Ia juga mengatakan bahwa, periode Ramadan akan menaikkan ekspektasi inflasi secara tradisional karena tingginya permintaan bahan kebutuhan pokok dari masyarakat, karena adanya pola konsumsi yang berbeda di periode ini hingga satu minggu setelah Lebaran.
“Namun hal ini tidak terlalu berdampak pada kelas menengah atas. Pasar inilah yang bisa disasar pengembang dengan strategi berbeda. Taktik pengendalian inflasi yang bisa dilakukan pemerintah adalah pada harga makanan, bila mampu dikendalikan, inflasi bisa dijaga di angka yang relatif stabil. Keberadaan pasar non-tradisional juga secara alamiah dapat mengendalikan harga,” jelas Marine.

Selain itu, adanya kebijakan dari pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mengakibatkan longgarnya pergerakan mobilitas masyarakat dan pertemuan tatap muka.

Menurutnya juga, industri properti di tanah air pastinya akan membaik kembali namun menurut Marine, hal ini tentu dapat terwujud dengan harapan selesainya pandemi Covid-19 ini dapat membuat perekonomian dapat segera bangkit kembali seperti sedia kala.

Beberapa orang memberikan prediksi jika ekonomi akan mulai bangkit kembali pada akhir tahun 2020 ini. Mereka juga menyebutkan bahwa dampak pandemi ini dapat dimanfaatkan oleh para calon konsumen yang ingin mencoba peruntungan di bidang properti untuk dijadikan instrumen investasinya. Hal ini karena para pengembang pasti disaat seperti ini akan memberikan berbagai promo menarik dan lain sebagainya untuk menarik para calon konsumen.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sektor Properti Masih Menjadi Penyumbang Investasi Terbesar

Rumahcom – Sektor properti masih menjadi salah satu sektor yang menjadi penyumbang penanaman modal paling besar sepanjang kuartal I/2020. Selain itu, ditengah pandemic ini para investor yang terliba

Lanjutkan membacaApril 20, 2020

AREBI: Pasar Properti Seken Drop 20-30%

RumahCom – Situasi bisnis properti yang lesu ditambah pandemi Covid-19 telah membuat pasar properti seken tertekan dan harganya jatuh mencapai 20-30 persen di bawah pasaran. Ini justru situasi mengu

Lanjutkan membacaApril 21, 2020

Tanpa Pandemi Covid-19, Seperti Ini Tren Pertumbuhan Properti Yang Akan Terjadi

RumahCom – Tren Pertumbuhan bisnis properti sudah terlihat sejak periode tahun 2019 hingga awal tahun 2020. Salah satunya pertumbuhan penyaluran kredit properti dan sektor properti yang meningkat le

Lanjutkan membacaApril 21, 2020

Masukan