MA Sektor Properti Dinilai Akan Semakin Merosot pada Kuartal II/2020

Boy LeonardApril 21, 2020

PMA Sektor Properti Dinilai Akan Semakin Merosot pada Kuartal II-2020

RumahCom – Pengamat bisnis properti memprediksi investasi penanaman modal asing pada sektor properti di kuartal II/2020 akan terus tertekan dikarenakan beberapa hal.

Direktur Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI), Panangian Simanungkalit mengatakan bahwa hal ini terlihat dari penurunan investasi penanaman modal asing (PMA) pada kuartal I/2020.

Penurunan ini terjadi sebagai imbas dari pandemi virus corona (Covid-19) yang mulai mewabah pada Desember 2019 di Wuhan, Tiongkok, dan terus meluas secara global termasuk Indonesia. Ia juga menyatakan bahwa penurunan investasi PMA itu hal yang wajar.

“Hal ini wajar terjadi. Karena semenjak Desember [2019], sebagian besar investor global telah mengantisipasi kemungkinan pengaruh negatif dari pandemi ini kepada investasi di luar negaranya,” katanya, Senin (20/4/2020).

Dengan demikian, kata Panangian, hal itu akan ikut serta berpengaruh pada realisasi investasi pada kuartal berikutnya mengingat kondisi sekarang ini belum dapat diprediksi kapan akan mereda. Belum lagi, kasus corona secara global juga kelihatan masih belum terjadi penurunan.

“Kondisi sekarang ini masih belum bisa diprediksi. Oleh karena itu, investasi PMA kuartal II/2020 diperkirakan masih akan terus mengalami penurunan. Bahkan lebih tajam lagi,” ujar Panangian dikutip dari Bisnis.com.

Lagi pula, ia menyebut bahwa sekarang ini para pemodal tengah memikirkan upaya untuk menghadapi ketidakpastian jangka pendek, sehingga belum mempunyai peluang memikirkan soal investasi yang bersifat jangka panjang.

Tidak hanya itu, Panangian juga menyatakan alasan penurunan proyeksi investasi sektor properti pada kuartal II/2020 dikarenakan pemerintah sendiri memperingatkan bahwa PDB [produk domestik bruto] pada kuartal kedua ini kemungkinan tumbuh negatif.

“Pertumbuhan PDB kuartal I/2020 itu diprediksi sebesar 4,7 persen. Untuk pertumbuhan PDB kuartal kedua ini, nanti kita liat dari perhitungan perbandingannya.”

Wakil Ketua Umum DPP Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Bidang Hubungan Luar Negeri, Rusmin Lawin menyatakan bahwa penurunan PMA pada kuartal I/2020 dikarenakan sejumlah pemodal menunda ekspansi imbas Covid-19.

Apabila memandang realisasi investasi yang turun, Rusmin pun setuju bahwa pada kuartal berikutnya kondisi ini akan semakin tertekan. Meeskipun demikian, ia belum memperkirakan berapa besar angka penurunannya.

Menurut Rusmin Lawin, kondisi PMA ini akan terus buruk dalam kuartal satu hingga tiga tahun ini. Hal ini dikarenakan pengaruh virus corona yang masih akan bertahan hingga 1 [tahun] atau 2 tahun kemudian.

Sebelumnya, data Badan Koordinasi Penanaman Modal memaparkan bahwa realisasi investasi proyek di sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran selama Januari—Maret 2020 tercatat turun dibandingkan dengan periode waktu yang sama tahun lalu.

Menurut data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi tiga subsektor properti tersebut, baik asing maupun dalam negeri pada kuartal pertama I/2020 tercatat Rp17,8 triliun atau turun jika dibandingan dengan jangka waktu yang sama tahun lalu sebesar Rp18,8 triliun.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Persiapan Pengembang Hadapi Pandemi

RumahCom – Pengembang Adhi Persada Properti telah meluncurkan APP Smart Tools untuk memudahkan konsep digital marketingnya. Saat pandemi Covid-19, APP Smart Tools menjadi aplikasi yang sangat tepat

Lanjutkan membacaApril 20, 2020

Sektor Properti Masih Menjadi Penyumbang Investasi Terbesar

Rumahcom – Sektor properti masih menjadi salah satu sektor yang menjadi penyumbang penanaman modal paling besar sepanjang kuartal I/2020. Selain itu, ditengah pandemic ini para investor yang terliba

Lanjutkan membacaApril 20, 2020

Dampak Pandemi Goyahkan Properti Menengah Bawah Selama Ramadan, Saatnya Beli

Rumahcom – Pandemi virus corona (covid-19) melumpuhkan sektor properti di Tanah Air. Padahal sejumlah kalangan memperkirakan tahun ini adalah kebangkitan dari sektor properti. Membaiknya sektor prop

Lanjutkan membacaApril 21, 2020

Masukan