Bakal Banyak Promo, Saat yang Tepat Beli Properti

Boy LeonardApril 21, 2020

Properti di Cibinong.

Rumahcom – Pengamat properti berpikir bahwa membeli properti untuk dijadikan sebuah instrumen investasi di tengah pandemic corona saat ini sangat bagus.

Pengamat properti yang juga menjabat sebagai Country Manager Rumah.com, Marine Novita menyebutkan, prospek pembelian sektor properti di saat wabah corona sangat bagus, karena pasar properti akan berpihak kepada pembeli dan harga dari penawaran yang diajukan oleh pengembang cenderung akan lebih lemah terhadap pembeli, baik itu dari segi properti yang digunakan untuk ditinggali atau juga properti yang ditujukan untuk instrumen investasi.

“Pada periode ini pengembang biasanya menawarkan begitu banyak promo, bonus, serta kemudahan-kemudahan lainnya, oleh karena itu pembeli disarankan untuk bernegosiasi dengan penjual agar bisa mendapatkan harga yang kompetitif,” tutur Marine.

Ia mengatakan, larangan mudik dari pemerintah juga bisa dimanfaatkan secara bijak untuk hal lain yang bermanfaat dalam jangka panjang, dan dananya bisa untuk menambah tabungan dan investasi, dana darurat atau membeli rumah misalnya.

Dalam konferensi pers tersebut, Marine juga menambahkan bahwa para pekerja yang masih memiliki pekerjaan dan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) sebaiknya dapat digunakan secara bijak daripada dipakai untuk mudik ditengah pandemic ini, alangkah lebih baiknya jika tunjangan tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya seperti kebutuhan primer, pangan, sandang dan juga papan.

Karena menurut data yang dilansir dari Rumah.com Indonesia Property Market Index Q1 2020, menyebutkan bahwa pasar properti di tahun 2020 akan menjadi buyers market atau bisa disebut juga sebagai saat yang pas untuk para konsumen membeli properti.

Data dari Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) memiliki akurasi yang cukup tinggi untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti di Indonesia, karena merupakan hasil analisis dari 400.000 listing properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.

“Terlihat tren penyesuaian harga yang cenderung seragam. Rumah.com Indonesia Property Market Index menunjukkan bahwa harga properti pada kuartal kedua 2017 hingga 2019, indeksnya menunjukkan bahwa harga properti terus mengalami kenaikan, yaitu sebesar 1,07 persen pada Q2 2017, kemudian Q2 2018 sebesar 1,14 persen dan pada Q2 2019 sebesar 2,17 persen,” katanya.

Namun demikian pada saat pandemi ini, ia juga ikut menambahkan untuk mencari properti bisa memanfaatkan portal properti dalam mendapatkan informasi dasar pencarian properti. Hal ini seperti hasil Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2020.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Prediksi Kinerja Sektor Properti 2020, Merugi atau Untung?

Rumahcom – Kinerja dari keuangan sektor properti tahun 2020 ini cukup memiliki potensi akan mengalami kondisi tidak jauh beda dengan tahun 2019. Apalagi dengan adanya kebijakan pembatasan jarak skal

Lanjutkan membacaApril 20, 2020

Sektor Properti Masih Menjadi Penyumbang Investasi Terbesar

Rumahcom – Sektor properti masih menjadi salah satu sektor yang menjadi penyumbang penanaman modal paling besar sepanjang kuartal I/2020. Selain itu, ditengah pandemic ini para investor yang terliba

Lanjutkan membacaApril 20, 2020

Rekomendasi Untuk Pengembang Di Tengah Pandemi

Rumahcom – Kebijakan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat beberapa aktivitas bisnis maupun aktivitas lainnya menghadapi hambatan besar, termasuk pada bidang bisnis prop

Lanjutkan membacaApril 21, 2020

Masukan