Survei Properti Tanpa Keluar Rumah Pakai Teknologi Virtual Reality

Boy LeonardApril 22, 2020

Manfaatkan Teknologi Virtual Reality untuk Mencari Rumah

RumahCom–Banyak yang menganggap bahwa teknologi Virtual Reality (VR) hanya dapat digunakan dalam dunia gaming. Namun nyatanya, teknologi ini juga dapat berperan penting dalam bidang properti. Teknologi Virtual Reality ini dipercaya mampu memberikan kebebasan kepada para pelaku industri properti untuk tetap aktif menjalankan bisnisnya sekaligus meningkatkan penjualan properti.

 Peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jabodetabek ditetapkan pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus korona (covid-19) di Indonesia. Pembatasan ini dimaksudkan untuk mengurangi pergerakan mobilitas masyarakat dan pertemuan tatap muka.

Untuk itu, bagi para pelaku industri properti, supaya tetap dapat aktif dalam menjalankan bisnisnya, Anda bisa memanfaatkan dukungan teknologi yang kini sudah semakin canggih. Salah satunya, menggunakan portal-portal properti yang sekarang ini sudah semakin banyak.

Hasil Rumah.com Consumer Sentiment Study H1-2020, portal properti menjadi instrumen unggulan bagi para pencari rumah. Dalam penelitian ini. para responden diminta untuk memilih media apa saja yang mereka gunakan untuk mencari properti, dan ditemukan ada sebanyak 77 persen responden yang mencantumkan portal properti.

Jika dilihat dari rentang usianya, pengguna portal properti paling banyak ialah kaum muda berusia 22-38 tahun, jumlahnya sebesar 79 persen. Sementara itu, isu yang paling dicari ialah isu tentang harga (91 persen), lokasi (80 persen), dan keabsahan atau legalitas dokumen (75 persen).

Country Manager Rumah.com, Marine Novita mengatakan komunikasi antara calon pembeli dengan agen properti ataupun pengembang dapat dilakukan melalui teknologi video call atau video conference.

“Teknologi virtual reality dapat menjadi solusi yang tepat saat calon pembeli ingin melihat langsung properti yang ditawarkan. Teknologi ini pun mulai banyak dimanfaatkan oleh pengembang dan agen properti untuk menawarkan rumah ataupun apartemen,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa, 21 April 2020.

Teknologi Virtual Reality ini sendiri adalah sebuah teknologi yang memungkinkan para penggunanya untuk berinteraksi pada suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Dan dengan teknologi ini, pengembang dapat menampilkan gambar dan video proyek propertinya dengan tampilan 3D Showcase. Denah rumah atau apartemen pun ditampilkan dalam format tiga dimensi layaknya rumah boneka dengan atap terbuka. Kemudian, calon pembeli juga dapat memilih ruangan yang akan dijelajahi untuk memberi pengalaman tur yang lebih baik dan jelas. Anda dapat melihat contoh virtual tour yang ada di Rumah.com berikut ini:

 

Menurut Marine, dengan adanya dukungan teknologi seperti virtual reality dan informasi tentang infrastruktur wilayah hunian, itu membuat para calon pembeli properti dapat melakukan survei properti kapan saja dan di mana saja, khususnya dalam keadaan PSBB seperti sekarang ini. “Dengan demikian, pembeli masih dapat mengambil keputusan untuk membeli properti dengan percaya diri. Mencari hunian bukanlah keputusan yang mudah, tetapi Rumah.com menyediakan bermacam-macam fitur yang bisa menolong konsumen mengambil keputusan dengan lebih percaya diri,” pungkas Marine.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mudahnya Beli Apartemen Di Thailand, Ini Mekanismenya

RumahCom – Pengembang Thailand mulai menawarkan produk propertinya untuk pasar di Indonesia. Negeri Gajah Putih ini cukup banyak memberikan kemudahan untuk orang asing membeli properti di negaranya

Lanjutkan membacaApril 21, 2020

Rekomendasi Untuk Pengembang Di Tengah Pandemi

Rumahcom – Kebijakan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat beberapa aktivitas bisnis maupun aktivitas lainnya menghadapi hambatan besar, termasuk pada bidang bisnis prop

Lanjutkan membacaApril 21, 2020

Ini Tren Teknologi yang Mempengaruhi Portal Properti Masa Depan

RumahCom - Perkembangan jual beli properti sudah bergeser dalam beberapa tahun terakhir. Menurut “Real Estate in a Digital Age 2019”, sebuah laporan dari National Association of REALTORS® yang be

Lanjutkan membacaApril 21, 2020

Masukan