Promosi Online Jadi Solusi Pengembang Di Tengah Pandemi

Boy LeonardApril 22, 2020

Promosi Online Menjadi Strategi Bagi Para Pengembang Di Tengah Pandemi

Rumahcom – Sejak tahun 2019 lalu sektor properti telah menunjukan tren peningkatan. Hampir di seluruh sektor properti mulai rumah, apartemen, perkantoran, shophouse, hotel, industri, hingga pergudangan telah menunjukan tren penjualan yang meningkat.

Peningkatan ini terjadi hampir di seluruh wilayah Jabodetabek. Di Sentul, Bogor sendiri mengalami tren peningkatan yang cukup bagus. Namun pandemi yang melanda Indonesia akhir Maret kemwrin mulai berimbas ke sektor properti.

Apalagi semenjak adanya kebijakan pemerintah tentang pembatasan jarak (PSBB). Hal ini jelas berdampak bagi sektor properti. Namun, dengan perkembangan teknologi ada beberapa hal yang bisa ditangani dari situasi buruk ini, seperti melakukan research melalui internet. Kendati demikian, hal ini cukup membantu untuk mendukung kebijakan dari pemerintah tersebut.

Menurut CEO Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, situasi pasar properti yang terpukul akibat pandemi Covid-19 bukannya meniadakan konsumen properti. Pasar tetap ada yang berbeda hanya prioritasnya saat ini lebih kepada keselamatan dan kesehatan.

Walaupun situasi sekarang menjadi lebih berat akibat drastisnya penurunan penjualan. Menurut Ali, hal ini perlu disiasati oleh pengembang dengan memangkas beberapa pos dana yang bisa dihemat

Ali juga mengatakan bahwa walaupun pasar properti di Indonesia saat ini sedang lesu walaupun fondasi dari ekonominya sedang bagus. Namun disisi lain, hal ini dapat disiasati karena dampak dari pandemic ini membuat orang lebih banyak mengakses internet untuk mencari informasi properti dan ini harus dimanfaatkan.

Ali juga menambahkan bawa pasar dari segmen media sosial ini harus dimanfaatkan oleh pengembang dengan tetap berpromosi dan memperkuat digital marketingnya. Seperti dengan membuat konsep nabung properti, booking dan juga dengan mulai mencicil periode tertentu. Pengembang juga bisa menjabarkan secara lengkap terkait proyeknya dengan menggunakan berbagai channel maupun media sosial lainnya.

Salah satu pengembang yang sedang gencar merespon terhadap masa pandemi ini adalah PT Adhi Commuter Properti (ACP), khususnya untuk proyek-proyek LRT City yang sudah dalam proses pembangunan seperti LRT City Royal Sentul Park (RSP) seluas 14,8 ha tersebut.

LRT City sendiri adalah proyek transit oriented development (TOD) yang dikembangkan terintegrasi dengan pengembangan transportasi masal lintas raya terpadu (LRT) yang dikembangkan induk ACP, PT Adhi Karya (Peresero) Tbk.

Menurut Manager RSP Nanang Safrudin Salim, pihaknya mempersiapkan beberapa hal terkait pandemi Covid-19, khususnya dari sisi digital marketing. Misalnya show unit dengan teknologi 360 derajat yang bisa dapat ditonton melalui media sosial

Pengembang ini juga sudah punya sistem agar konsumen bisa melakukan booking secara online. Jadi sekalipun dalam masa mengisolasi diri di rumah, konsumen bisa melihat progres proyek melalui video, show unit, dan lainnya hingga melakukan booking dengan pembayaran ditransfer. Jika diperlukan juga bisa bertemu terkait booking maupun legalitas dokumen.

Nanang meyakini masih ada banyak potensi di daerah Sentul. Khususnya dari kenaikan nilai investasi di proyek RSP karena progres pembangunannya masih terus berlanjut dan beberapa fasilitas juga sudah beroperasi.

Saat proyek ini dipasarkan tahun 2017 lalu, harga tipe studio berukuran 22 m2 Rp299 juta dan menjadi Rp407 juta saat topping off tower pertamanya (1.600 unit) 17 Agustus 2019. Kenaikannya mencapai lebih dari Rp100 juta dalam waktu dua tahun.

Sebagai perusahaan anak usaha BUMN, ACP juga ikut berperan aktif terkait pandemi Covid-19. Sejak wabah ini mencuat di Indonesia pada bulan Maret 2020 lalu, ACP mengalokasikan 1 persen dari setiap satu unit apartemen yang terjual untuk disumbangkan pada penanganan Covid-19.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tanpa Pandemi Covid-19, Seperti Ini Tren Pertumbuhan Properti Yang Akan Terjadi

RumahCom – Tren Pertumbuhan bisnis properti sudah terlihat sejak periode tahun 2019 hingga awal tahun 2020. Salah satunya pertumbuhan penyaluran kredit properti dan sektor properti yang meningkat le

Lanjutkan membacaApril 21, 2020

Ramai Promo Pengembang Properti Saat Wabah Covid-19

RumahCom – Proyek LRT City-Royal Sentul Park mempekuat konsep digital marketing dan memperbanyak program promo untuk tetap menggairahkan pasar saat wabah Covid-19. Selain hadiah langsung atau cara b

Lanjutkan membacaApril 22, 2020

Survei Properti Tanpa Keluar Rumah Pakai Teknologi Virtual Reality

RumahCom–Banyak yang menganggap bahwa teknologi Virtual Reality (VR) hanya dapat digunakan dalam dunia gaming. Namun nyatanya, teknologi ini juga dapat berperan penting dalam bidang properti. Teknol

Lanjutkan membacaApril 22, 2020

Masukan