Ini Instrumen Investasi yang Aman di Tengah Pandemi

Boy LeonardApril 27, 2020

Ini Instrumen Investasi yang Aman Menjanjikan di Tengah Pandemi

RumahCom– Penyebaran virus corona menyebabkan situasi perekonomian global menjadi tak stabil, malah semakin menurun. Ini berpengaruh pada sejumlah bisnis di dunia, tidak terkecuali pada aktivitas investasi.

Berinvestasi di tengah wabah Corona seperti sekarang ini tentunya merupakan hal yang cukup berisiko. Masyarakat pun sangat berhati-hati untuk berinvestasi.

Wabah virus corona yang tak kunjung henti membuat para pemodal asing dan juga dalam negeri berupaya keras mencari aset yang aman dan menjanjikan. Tak jarang pula pemodal mulai mengubah taktik investasi mereka supaya selamat dari kerugian.

Lalu, instrumen investasi seperti apa yang aman dan menjanjikan di tengah wabah? Berikut ini adalah daftar instrumen investasi yang aman dan menjanjikan menurut Andy Nugroho selaku Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia.

  1. Saham

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho menyatakan bahwa pada saat ini, ada banyak instrumen yang harganya turun di tengah mewabahnya virus corona atau Covid-19. Salah satunya adalah saham. Banyak saham yang kini mengalami diskon besar-besaran dan memiliki harga beli yang murah. Hal ini dinilai dapat menjadi kesempatan bagi para pemodal untuk mempunyai saham perusahaan besar.

“Bahkan saham blue chip saja turun 20-30%, bahkan hingga 50% lebih rendah dari biasanya,” kata Andy, Minggu (26/4/2020).

Meskipun demikian, Andy mengingatkan bahwa saat ingin bermain saham, para pemodal perlu mengerti aturan main dan skemanya, perlu dipahami kapan waktu sebuah saham akan menanjak kapan akan stabil. Kalau masih ragu untuk memasuki pasar saham, Andy merekomendasi untuk mencoba reksa dana.

  1. Properti

Bukan hanya saham, bisnis properti juga bisa menjadi alternatif untuk berinvestasi. Hal ini dikarenakan banyak pengembang properti yang menawarkan harga murah dan ini merupakan kesempatan yang baik untuk mendapatkan properti menjanjikan dengan harga murah.

“Saat ini, ada banyak pengembang yang memberikan promo besar-besaran, guna untuk meningkatkan penjualan mereka,” terang Andy. Meskipun demikian, Andy mengakui bahwa untuk berinvestasi pada properti, para pemodal harus siap direpotkan dengan beberapa hal, seperti bertemu dengan notaris dan sang penjual.

  1. Emas

Selain saham dan properti, Andy juga merekomendasikan emas sebagai instrumen investasi yang aman dan menjanjikan. Menurutnya, emas bisa dipercaya untuk menjadi dana darurat. Hanya saja, untuk mendapatkan keuntungan dari berinvestasi emas, pemodal butuh waktu. Hal ini dikarenakan emas merupakan jenis investasi jangka panjang.

“Anda juga bisa mencoba berinvestasi pada emas. Hanya saja, kalau mau untung, itu harus jangka panjang. Tapi, kelebihan emas sendiri bisa dijadikan sebagai dana darurat dan betul-betul dapat diandalkan,” papar Andy.

Itulah daftar instrumen investasi yang aman dan menjanjikan menurut Andy Nugroho, Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia.

Sumber: detik

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pencari Properti Masih Tertarik Walau COVID-19. Inilah yang Pencari Properti Lihat

Berdasarkan arahan dari pemerintah untuk tetap bekerja dari rumah selama masa pandemi COVID-19, Sejak itu agen properti telah mengalami penurunan dalam permintaan panggilan dan permintaan untuk meliha

Lanjutkan membacaApril 27, 2020

Covid-19 Tidak Bikin Pengembang Rugi, Baru Kurangi Margin Keuntungan

RumahCom – Pelemahan bisnis properti ditambah pandemi Covid-19 tentunya membuat bisnis kalangan pengembang menjadi lebih sulit. Tapi secara umum, pengembang masih bisa menjalani bisnisnya karena yan

Lanjutkan membacaApril 27, 2020

Imbas Pandemi, Penjualan Properti Turun

RumahCom – Pandemi Corona sudah menjangkiti seluruh sektor dunia bisnis saat ini. Salah satu sektor yang ikut terkena imbas besarnya adalah industri properti. Melambatnya roda perekonomian yang

Lanjutkan membacaApril 27, 2020

Masukan