Stimulus Properti Harapan Keberlangsungan Industri Properti

Boy LeonardApril 28, 2020

Stimulus Properti Harapan Keberlangsungan Industri Properti

 RumahCom– Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap stimulus ekonomi yang diluncurkan pemerintah untuk mengatasi pengaruh Covid-19 bisa mendorong kelangsungan industri properti. 

Sebelumnya, tepatnya pada tanggal 25 Februari lalu, pemerintah telah menggelontorkan paket stimulus fiskal untuk mengantisipasi penurunan pertumbuhan ekonomi sebagai dampak dari penyebaran wabah virus corona atau Covid-19. Adapun stimulus yang diberikan oleh pemerintah itu juga menyasar sektor properti, yakni dengan memberikan subsidi suku bunga dan uang muka.

Dengan adanya paket stimulus ini, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Properti, Hendro S Gondokusumo pun menyatakan bahwa sebagai salah satu lokomotif ekonomi nasional, industri properti patut dijaga keberlangsungannya.

“Apalagi saat ini terdapat 174 industri yang berkaitan dengan industri properti, sehingga seandainya pasar properti tak kunjung membaik, itu imbasnya bisa bersifat betul-betul luas,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin, 27 April 2020.

Tidak hanya banyak industri saja yang akan menerima dampaknya, tetapi para karyawan pun akan menerima dampaknya. Saat ini, Real Estat Indonesia (REI) mempunyai 3.642 anggota dan Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himppera) sebanyak 1.750 anggota, ditambah dukungan 174 industri di belakangnya. Dengan demikian, ada potensi jutaan karyawan akan terdampak pandemi Covid-19.

Untuk itu, Kadin Indonesia Bidang Properti sangat berharap pemerintah bisa mengatur implementasi stimulus dan relaksasi kebijakan yang sudah diluncurkan supaya dapat berjalan lancar. Salah satunya adalah memastikan pelaksanaan Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Covid-19. Tidak hanya Kadin Indonesia Bidang Properti, para pengembang properti dan asosiasi properti pun menginginkan stimulus ini dapat berjalan lancar di lapangan, sehingga dapat menciptakan rangsangan yang baik bagi keberlangsungan perusahaan properti.

Meskipun, menurut Hendro, pemerintah belum maksimal dalam memperhatikan dan memprioritaskan industri properti dalam agenda program pembangunannya, tetapi segenap industri properti siap membantu pemerintah dalam menghadapi situasi pandemi ini. “Industri properti adalah prioritas kita bersama. Jadi, dengan segenap industri properti yang saling berkaitan, kami senantiasa siap untuk membantu pemerintah untuk berjuang bersama-sama menghadapi pandemi ini,” ujar Hendro.

Industri properti sendiri adalah salah satu sektor usaha yang terkena pengaruh Covid-19. Bahkan situasi ini telah mempengaruhi secara langsung terhadap penjualan, aktivitas pembangunan, konstruksi, dan pengelolaan keuangan dari industri properti. Oleh karena itu, memastikan sektor properti bisa terus berjalan menjadi skor kritikal yang perlu menjadi perhatian dan prioritas bersama.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tantangan Investor Properti Di Tengah Pandemi

RumahCom – Walaupun banyak dari para pakar mengatakan jika tahun 2020 ini sektor properti dianggap lesu, namun potensi investasi asing di sektor properti diklaim masih akan cerah walaupun di masa pa

Lanjutkan membacaApril 27, 2020

Ragam Sektor Yang Serap Investasi Terbesar Pada Triwulan I-2020

RumahCom – Menurut data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), ada beberapa sektor yang menerima investasi tertinggi saat ini. Mereka juga mempertegas jika pembangunan infrastruktur masih terus be

Lanjutkan membacaApril 28, 2020

2 Segmen Properti Ini Merosot Akibat Pandemi

RumahCom — Beberapa asosiasi pengembang di Indonesia telah menyatakan bahwa bisnis properti segmen rumah bersubsidi dan juga perhotelan bisa anjlok jika tidak ada kebijakan yang tepat menyusul meros

Lanjutkan membacaApril 28, 2020

Masukan