Inilah Potensi Besar Bekasi yang Belum Diketahui

Mei 18, 2020

RumahCom – Banyak yang mencibir Bekasi dengan sebutan Planet Bekasi karena dianggap jauh dan macet. Namun dengan banyaknya pengembangan proyek infrastruktur, Bekasi memiliki potensi yang besar dan di sisi lain masih menawarkan properti yang terjangkau.

Planet Bekasi. Kalimat ini sempat trending dan menghiasi perbincangan hingga jokes sehari-hari diantara kita. Penyebutan Planet Bekasi untuk menggambarkan sulitnya aksesibilitas ke wilayah ini dikarenakan sering macet akibat banyaknya proyek infrastruktur yang dibangun di koridor timur Jakarta ini.

Lamanya waktu tempuh ke Bekasi karena kemacetan panjang di banyak ruas jalannya, membuat jokes mengenai planet ini mengemuka hingga ada sebutan lebih mudah ke bulan atau  Planet Mars ketimbang ke Bekasi. Kenyataannya, secara kawasannya Bekasi tetap memiliki potensi perkembangannya sendiri terlebih ada begitu banyak proyek infrastruktur yang dibangun di wilayah ini.

Menurut Ernesto Prakarsa Sadriman, GM Mustika Land Development, developer yang banyak mengembangkan perumahan di daerah Bekasi yang mencibir daerah Bekasi pastinya orang dari luar Bekasi yang hanya melihat faktor kemacetan, padahal hampir seluruh wilayah Jabodetabek macet. Selain itu, branding Bekasi juga relatif kalah dibandingkan wilayah lainnya.

“Kalau Bekasi dibandingkan dengan Serpong misalnya, di sana banyak pengembang besar yang membangun township sehingga branding proyek yang dilakukan itu dilakukan masif oleh para pengembang yang besar-besar itu dan itu juga otomatis mengangkat kawasannya. Campaign besar-besaran dari pengembang besar itu ditambah lagi dengan privilege dekat dengan wilayah selatan yang bergengsi, makanya brand kawasannya naik,” jelasnya.

Optimis pasti punya rumah, pertama dengan kumpulkan niat beli rumah. Bagaimana caranya yah? Simak videonya berikut ini.

Di sisi lain, branding dan campaign besar-besaran itu membuat produk properti yang disediakan menjadi buruan investor. Saat situasi bisnis properti melemah ditambah dengan pandemi Covid-19, sangat sulit bagi kalangan investor ini untuk melepas produknya dengan harga tinggi yang dibayangkan. Akhirnya, pertumbuhan harga di wilayah Serpong bisa dibilang stagnan.

Sementara di Bekasi, dengan image yang disebut seperti itu tapi di sisi lain ada banyak pengembangan proyek infrastruktur membuat wilayahnya masih akan terus berkembang. Terlebih dengan beberapa proyek infrastruktur yang mulai selesai seperti jalan tol layang (elevated) Jakarta-Cikampek.

Bekasi, jelas Ernesto menjadi salah satu pilihan lokasi yang masih bisa menyediakan hunian terjangkau khususnya untuk segmen pasar terbesar dari kalangan pekerja anak muda milenial. Bahkan sudah ada pergeseran produk properti untuk segmen menengah ke bawah yang lokasinya semakin jauh hingga ke Cikarang dan Karawang karena harga tanah di Bekasi sudah semakin tinggi.

“Situasinya akan berbalik karena Bekasi itu yang paling terjangkau untuk kalangan milenial. Perkembangannya juga semakin baik, aksesibilitas makin mudah, fasilitas makin lengkap, sehingga Bekasi ini ke depannya akan menjadi pilihan utama milenial yang mencari hunian terjangkau. Jadi menurut saya Bekasi ini sunrise karena potensi perkembangannya masih sangat besar,” bebernya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Asosiasi Jalan Tol: Usai Masa Pandemi Covid-19, Model Bisnis Perlu Diperhatikan

RumahCom - Asosiasi Jalan Tol Indonesia menilai solusi penanganan sektor infrastruktur termasuk jalan tol seusai masa pandemi Covid-19 perlu memperhatikan model bisnis yang ada.Sekjen Asosiasi Jalan T

Lanjutkan membacaMei 14, 2020

Pemerintah Fokus Menyelesaikan Sengketa Pertanahan, Mulai Klaim Sepihak Hingga Mafia

RumahCom – Sengketa dan konflik seputar pertanahan masih sering terjadi dan ini menjadi fokus pekerjaan Kementerian ATR/BPN. Kompleksnya masalah pertanahan membuat penyelesaiannya harus dilakukan se

Lanjutkan membacaMei 15, 2020

Rumah untuk Seluruh Usaha Inisiatif Dukungan COVID-19 untuk Mitra Agen

Sebagai kelanjutan dari berbagai usaha kami untuk ada bersama Anda dan memberikan dukungan sejauh mungkin, kami telah meluncurkan satu tempat Sumber Panduan yang merupakan rumah untuk seluruh usaha In

Lanjutkan membacaMei 15, 2020

Renovasi Masjid Istiqlal Capai 89 Persen

RumahCom – Renovasi Masjid Istiqlal terus dikerjakan di tengah kendala wabah Covid-19. Masjid ikonik ini tadinya akan operasional pada bulan Ramadan ini tetapi karena pandemi menjadi diundur dan ope

Lanjutkan membacaMei 15, 2020

Covid-19 Bikin Pekerja Swasta Sulit Dapat KPR, Ini Kata Bank

RumahCom – Pandemi Covid-19 membuat perbankan kian selektif memberikan kredit pembiayaan perumahan untuk kalangan pekerja swasta dan lebih fokus untuk kalangan ASN maupun pekerja BUMN. Banyaknya per

Lanjutkan membacaMei 15, 2020

Masukan