Digital Marketing Solusi New Normal Bagi Sektor Properti

Boy LeonardMei 26, 2020

Digital Marketing Solusi New Normal Bagi Sektor Properti Perkuat Daya Tawar

RumahCom – Para penggiat properti di Indonesia disarankan untuk lebih menguatkan daya tawar dari produk properti mereka di masa pandemic Covid-19 setidaknya sampai pandemi tersebut selesai. Hal ini diharapkan agar harga dan permintaan pada pasar perlahan pulih kembali.

Alvin Andronicus selaku Commercial and Business Development Director dari AKR Land berpendapat bahwa para pengusaha dan penggiat properti di Indonesia perlu memperkuat daya tawar produknya di tengah pandemi corona dan juga ketika wabah tersebut usai.

Kendati demikian, Alvin turut menuturkan bahwa sektor properti juga dihadapkan oleh calon kebijakan baru yang tetapkan oleh pemerintah pusat, yaitu sebuah kebiasaan baru menyambut tatanan hidup baru atau yang lebih akrab disebut new normal. Terlebih selama ini, hampir semua penjualan subsektor properti termasuk residensial mengalami penurunan yang cukup signifikan akibat dampak virus corona jenis baru penyebab Covid-19. 

Ia menambahkan bahwa prinsip dasar dari kebiasaan baru tersebut adalah mengubah kebiasaan lama menjadi lebih menyesuaikan dengan keadaan atau situasi di masa-masa ini. Bahkan jauh sebelum hadirnya kebijakan baru dari pemerintah ini, para penggiat ekonomi dituntut untuk menyesuaikan kondisi pemasaran yang awalnya berjumpa secara fisik menjadi digital activity atau digital marketing.

Rumah.com sendiri telah lama bertransformasi dari situs properti online menjadi portal teknologi properti. Ini dapat dilihat dari penggunaan fitur virtual tour, di mana calon konsumen bisa mendapatkan pengalaman mengunjungi rumah contoh dan menjelajahi setiap jengkalnya tanpa harus meninggalkan rumah.


Contoh tur virtual yang tersedia di Rumah.com.

“Tak hanya itu, teknologi properti yang diterapkan antara lain adalah artificial intelligence, di mana situs Rumah.com akan memelajari perilaku kunjungan calon konsumen di Rumah.com dan memberikan saran properti berdasarkan perilaku tersebut,” Country Manager Rumah.com, Marine Novita, menjelaskan.

Daya tawar properti, yang termasuk di dalamnya berupa penawaran spesifikasi produk, harga yang kompetitif, dan keunggulan lainnya harus jauh lebih diperkuat guna mencapai kesepakatan proses transaksi meskipun tanpa temu secara fisik.

Apalagi, kata Alvin, media yang digunakan dalam beberapa waktu ke depan di tengah pembatasan sosial dan wacana tatanan hidup baru dipastikan akan melalui sarana digital baik dalam hal promosi dan peluncuran produk baru. 

“Show unit yang secara kunjungan fisik dilokasi harus biasakan melalui web secara visual digital dan berupa 360° yang bebas diekpresikan,” tuturnya.

Dalam mengenalkan produk baru pada publik dan agen, menurut Alvin, pengusaha properti harus terbiasa secara aktif berkomunikasi melalui aplikasi pesan instan, telepon, dan video conference. Akan tetapi, jika terpaksa harus bertemu secara fisik maka yang harus diperhatikan adalah protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Ia juga menambahkan bahwa bisnis harus tetap jalan dan komunikasi dengan pasar harus menggunakan sistem new normal dengan cara memasarkan kegiatan promosi melalui digital ataupun media sosial yang sedang ramai digunakan oleh calon konsumen.

Dia mengatakan bahwa perubahan sikap pelaku pasar properti tersebut agar bisa tetap mencari peluang meski terimpit ketidakpastian ekonomi akibat wabah virus corona. Dengan segala usaha, maka diharapkan lebih cepat dalam proses penjualan yang lebih efektif dan efisien.

Sementara itu, Alvin juga mengatakan bahwa di zaman yang serba modern seperti saat ini membuat bisnis properti akan memiliki kesempatan yang lebih besar. “Diharapkan semoga para pengusaha properti lebih cepat bangkit dari pelemahan selama beberapa tahun belakangan ini,” kata dia.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengembang Ini Raih Rp369 Miliar Dari Promo Saat Pandemi

RumahCom – Pandemi Covid-19 disiasati kalangan pengembang dengan memberikan promo besar-besaran untuk menarik dan menggairahkan minat pasar. Pengembang Sinar Mas Land (SML) berhasil meraih penjualan

Lanjutkan membacaMei 20, 2020

3 Alat Teknologi yang Harus Digunakan untuk Agen di Saat Jaga Jarak Fisik

COVID-19 telah membawa realitas baru ke dalam kehidupan kita, yang hanya sejak beberapa bulan yang lalu, tampak tak terbayangkan. Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat banyak orang di

Lanjutkan membacaMei 20, 2020

Jualan Online Terbukti Jadi Solusi Pemasaran Properti

RumahCom – Hadirnya pandemi virus corona di tengah-tengah masyarakat saat ini terlihat imbasnya kepada para agen properti dan para penggiat properti lainnya. Hal tersebut diungkap juga oleh Wakil M

Lanjutkan membacaMei 20, 2020

Masukan