Physical Distancing Hingga Flexible Space Jadi New Normal Perkantoran

Mei 29, 2020

RumahCom – Pandemi Covid-19 telah membuat berbagai aktivitas berubah yang disebut  new normal. Hal ini juga berlaku untuk kegiatan bisnis dan perkantoran yang berubah, seperti apa?

Situasi normal baru atau new normal semakin mengemuka sebagai antisipasi kehidupan kita yang berdampingan dengan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Pandemi Covid-19 juga telah membuat banyak perusahaan meninjau kembali strategi maupun pola kerjanya untuk menyesuaikan dengan aktivitas new normal.

Menurut Head of Research JLL Indonesia James Taylor dari perusahaan riset, konsultan, dan manajemen properti global di Jakarta, sektor perkantoran di kawasan Asia Pasifik maupun global saat adanya pandemi ini cukup berdampak dengan rata-rata penurunan permintaan ruang perkantoran secara global mencapai 22 persen pada kuartal pertama tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Aktivitas perkantoran di Asia Pasifik sendiri penurunannya lebih kecil hanya 9 persen dan secara tahunan angkanya masih naik sebesar 14 persen. Situasi ini belum berdampak pada tingkat kekosongan di Asia Pasifik yang stagnan pada level 10,9 persen dibandingkan kuartal sebelumnya,” ujarnya.

Setiap orang pasti punya rumah idaman yang diinginkan. Lalu bagaimana cara cerdas agar bisa temukan rumah idaman? Nonton video berikut ini untuk tau caranya, yuk!

Untuk perkantoran di Jakarta, dampak yang paling signifikan yang terjadi akibat wabah Covid-19 diprediksi akan terjadi pada kuartal kedua tahun ini. Di sisi lain, James menyebut pandemi ini juga telah mempercepat beberapa perubahan di tempat kerja walaupun penerapan bisnis, maupun bekerja dari rumah tidak akan menggeser seluruhnya perkantoran konvensional.

Situasi saat ini membuat setiap perusahaan memprioritaskan keselamatan dan kesehatan pekerjaanya, khususnya dengan pola-pola new normal yang akan terus  diuji. Perusahaan akan menerapkan strategi maupun kalibrasi ulang untuk ruang kantor konvensionalnya tapi dengan tetap memiliki keyakinan konsep perkantoran konvensional masih akan dibutuhkan bahkan sudah ada beberapa pertimbangan untuk memperluas ruang perkantoran terkait penerapan physical distancing hingga penerapaj flexible space.

Pandemi Covid-19 juga telah mengubah beberapa persepsi tentang efektifitas bekerja dari jarak jauh. Namun di sisi lain, belum bisa menghadirkan solusi yang lebih jangka panjang untuk menjamin optimalisasi semua kegiatan perkantoran. Beberapa perusahaan yang agresif dan responsif juga telah terbukti bisa mempertahankan keunggulan kompetitifnya untuk terus  bergerak membuat kinerja perusahaan tetap baik saat pandemi ini.

“Situasi pandemi tentunya menyebabkan banyak gangguan maupun kendala, tapi di sisi lain tetap ada challenge khususnya dari penerapan berbagai norma new normal. Kita juga tetap berharap perkantoran akan menjadi bagian utama dari strategi kerja para pebisnis untuk jangka waktu menengah hingga jangka panjang,” imbuhnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

New Normal Diprediksi Membuat Saham Properti Menghijau Kembali

RumahCom – Hadirnya kebijakan baru berupa new normal yang sebentar lagi akan dilaksanakan oleh Pemerintah di Indonesia menjadi sebuah angin segar untuk beberapa penggiat sektor properti dan juga lah

Lanjutkan membacaMei 28, 2020

Ruang Lingkup Broker Properti Meluas Akibat Hadirnya Konsep New Normal

RumahCom – Hadirnya sebuah kebijakan baru yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia terkait hadirnya pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia sejak awal Maret lalu membuat masyarakat har

Lanjutkan membacaMei 28, 2020

Dukung Program Sejuta Rumah, PUPR Bangun 19 Balai Perumahan

RumahCom – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan akan membangun sebanyak 19 Balai Perumahan di sejumlah provinsi di Indonesia. Adapun dengan di

Lanjutkan membacaMei 28, 2020

Ini Dia, Konsep Hunian Untuk Menekan Gaya Hidup Konsumtif

RumahCom - Ditengah-tengah hadirnya pandemi di Indonesia membuat konsep hunian dari microhouse atau rumah dengan ukuran mikro saat ini tengah rama dicari dan diperbincangkan. Rumah dengan ukuran mikro

Lanjutkan membacaMei 28, 2020

PPDPP Petakan Relaksasi Untuk KPR Bersubsidi

RumahCom – Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) tengah menunggu perhitungan untuk relaksasi maupun restrukturisasi cicilan program KPR bersubsidi. Keputusannya tinggal menunggu dari K

Lanjutkan membacaMei 29, 2020

Masukan