PUPR Siapkan 19 Balai Perumahan Untuk Percepatan Program Perumahan

Mei 29, 2020

RumahCom – Kementerian PUPR akan membentuk Balai Perumahan yang disebar di berbagai daerah. Balai Perumahan ini akan memiliki fungsi strategis terkait pelaksanaan program perumahan sehingga bisa mempercepat sektor hunian khususnya untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Pemerintah terus menyempurnakan program perumahan khususnya program pembangunan sejuta rumah per tahun yang diluncurkan sejak April 2015 lalu. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membentuk Balai Perumahan di sejumlah provinsi di Indonesia. Hal ini guna mendorong pelaksanaan program sejuta rumah sekaligus memperkuat peran stakeholder perumahan khususnya di daerah-daerah.

“Pembentukan Balai Perumahan ini sesuai dengan arahan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Tujuannya supaya program perumahan bisa lebih efektif karen selama ini pelaksanaan program perumahan di daerah-daerah masih dijalankan setingkat Satuan Kerja. Dengan pembentukan Balai Perumahan ini diharapkan program perumahan bisa lebih maksimal,” ujar Khalawi Abdul Hamid, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR.

Untuk tahap pertama ini akan dibentuk 19 Balai Perumahan dari kebutuhan sebanyak 34 balai. Pembentukan 19 balai ini untuk menyesuaikan dengan ketersediaan sumber daya manusia (SDM), wilayah kerja, jumlah kabupaten atau kota, defisit atau backlog perumahan di daerah, dan sebagainya.

Temukan alasan mereka membeli rumah menggunakan KPR lewat video berikut ini.

Ke-19 Balai Kerja ini akan disebar sebanyak lima di Sumatera, empat di Jawa, masing-masing dua di Kalimantan, Nusa Tenggara, dan Papua, tiga di Sulawesi, dan masing-masing satu di Maluku dan Papua Barat. Pembentukan balai ini juga tidak terlepas dari prioritas program kerja yang menjadikan perumahan sebagai salah satu tulang punggung pelaksanaan program padat karya masyarakat.

Dengan adanya Balai Perumahan ini, diharapkan bisa memperkuat kelembagaan hingga strategi untuk terus meningkatkan pencapaian program pembangunan sejuta rumah di daerah-daerah. Khalawi juga menyebut negara bertanggung jawab agar setiap orang, keluarga, dan rumah tangga di Indonesia bisa menempati rumah yang layak.

Karena itu berbagai program Kementerian PUPR terus diperkuat sepeti pembangunan rumah susun, rumah khusus, rumah swadaya, hingga penyaluran prasarana, sarana, utilitas (PSU) untuk pengembangan rumah bersubsidi dari kalangan pengembang.

“Nantinya Balai Perumahan ini akan menyusun rencana kebutuhan pembangunan perumahan di masing-masing wilayah dan melaksanakan fungsi pengawasan hingga pengendalian. Balai Perumahan juga memiliki kewenangan untuk pembinaan, koordinasi, dan memfasilitasi seluruh stakeholder perumahan,” tandasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ruang Lingkup Broker Properti Meluas Akibat Hadirnya Konsep New Normal

RumahCom – Hadirnya sebuah kebijakan baru yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia terkait hadirnya pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia sejak awal Maret lalu membuat masyarakat har

Lanjutkan membacaMei 28, 2020

Dukung Program Sejuta Rumah, PUPR Bangun 19 Balai Perumahan

RumahCom – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan akan membangun sebanyak 19 Balai Perumahan di sejumlah provinsi di Indonesia. Adapun dengan di

Lanjutkan membacaMei 28, 2020

Ini Dia, Konsep Hunian Untuk Menekan Gaya Hidup Konsumtif

RumahCom - Ditengah-tengah hadirnya pandemi di Indonesia membuat konsep hunian dari microhouse atau rumah dengan ukuran mikro saat ini tengah rama dicari dan diperbincangkan. Rumah dengan ukuran mikro

Lanjutkan membacaMei 28, 2020

PPDPP Petakan Relaksasi Untuk KPR Bersubsidi

RumahCom – Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) tengah menunggu perhitungan untuk relaksasi maupun restrukturisasi cicilan program KPR bersubsidi. Keputusannya tinggal menunggu dari K

Lanjutkan membacaMei 29, 2020

Physical Distancing Hingga Flexible Space Jadi New Normal Perkantoran

RumahCom – Pandemi Covid-19 telah membuat berbagai aktivitas berubah yang disebut  new normal. Hal ini juga berlaku untuk kegiatan bisnis dan perkantoran yang berubah, seperti apa?Situasi normal ba

Lanjutkan membacaMei 29, 2020

Masukan