Nasib Sektor Properti Di Tengah Hadirnya New Normal

Boy LeonardMei 30, 2020

Nasib Sektor Properti Di Tengah Hadirnya New Normal

RumahCom – Penghitungan ulang target pembangunan rumah saat ini tengah dilakukan oleh Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia. Hal tersebut dinilai efektif dan juga berguna untuk mendukung pencanangan dari program sejuta rumah. Kendati demikian, fase new normal yang dicanangkan Pemerintah juga memberikan dampak terhadap sektor properti.

Paulus Totok Lusida selaku Ketua Umum DPP Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) mengatakan bahwa pembangunan rumah oleh anggota REI dipastikan terkoreksi.

Koreksi target pembangunan itu berlaku untuk segmen rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan non-MBR. REI mulanya menargetkan dapat membangun 400.000 unit rumah sepanjang tahun ini.

Menurut sumber terkait hal tersebut mengatakan bahwa ia dan pihaknya saat ini tengah melakukan evaluasi akan situasi tersebut. Kendati demikian, evaluasi ini masih belum dapat diketahui dengan jelas jumlah dari target koreksinya karena situasi yang belum menentu. Namun diyakini targetnya menurun.

Saat ini, hal yang paling disorot asosiasi pengembang adalah soal sulitnya proses transaksi khususnya untuk segmen MBR. Segmen MBR menjadi perhatian karena perbankan makin ketat dalam penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) yang terdampak virus corona. Padahal, pemerintah sendiri sebelumnya telah menggelontorkan stimulus di bidang perumahan untuk MBR senilai Rp1,5 triliun.

Stimulus itu diharapkan dapat menutupi kuota subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) yang telah terserap habis. Namun, stimulus itu terbentur karena ketatnya perbankan.

“Contohnya, karyawan kontrak sudah pilih kaveling, kemudian [dia] terdampak dan diputus kontraknya. Kan bingung, kita kembaliin duitnya orangnya enggak mau karena butuh rumah, sedangkan perbankan menolak karena penghasilannya tidak pasti,” katanya, dikutip dari Bisnis.

Dengan demikian, Totok meminta supaya ada terobosan baru dari perbankan dan instansi terkait lainnya sehingga masalah ini tidak meluas. Apalagi, saat ini sektor properti tengah menatap fase kenormalan baru atau new normal yang diharapkan memicu sentimen positif permintaan rumah. 

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat optimistis adanya kondisi new normal akan berdampak positif pada program sejuta rumah. 

Kendati demikian, untuk mendukung pelaksanaan new normal di sektor perumahan, Ditjen Perumahan akan mengoptimalkan program padat karya yakni melalui program BSPS dan bantuan PSU untuk perumahan bersubsidi. 

Program Padat Karya Bidang Perumahan berdasarkan arahan Presiden dalam masa pandemi Covid-19 ini merupakan salah satu hal yang  dapat membangkitkan masyarakat dan mendorong perputaran uang di masyarakat. 

Program bantuan PSU dipadatkaryakan mengacu protokol Covid-19 dengan maksimal satu kelompok kerja lima orang.  Mitra kerja seperti pengembang siap untuk membantu pemerintah untuk memberikan lapangan kerja dan menampung masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja agar bisa jadi tenaga padat karya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

PPDPP Petakan Relaksasi Untuk KPR Bersubsidi

RumahCom – Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) tengah menunggu perhitungan untuk relaksasi maupun restrukturisasi cicilan program KPR bersubsidi. Keputusannya tinggal menunggu dari K

Lanjutkan membacaMei 29, 2020

Dukungan Hingga Kritik 16 Asosiasi Pengembang Kepada PPDPP

RumahCom – 16 asosiasi perusahaan pengembang menyampaikan apresiasi, dukungan, hingga masukannya untuk kinerja PPDPP sebagai lembaga yang menyalurkan KPR bersubsidi FLPP. PPDPP akan terus mengembang

Lanjutkan membacaJuni 2, 2020

Setelah Rusun Pasar Rumput, PUPR Kebut Pembangunan Rusun Pasar Jumat

RumahCom – Kementerian PUPR terus membangun banyak rusun khususnya di berbagai perkotaan. Ada banyak fungsi rusun selain menyediakann hunian berkualitas, penataan kawasan kumuh, hingga persiapan men

Lanjutkan membacaJuni 2, 2020

Masukan