Sambut New Normal, 4 Ruas Tol Siap Beroperasi

Boy LeonardJuni 2, 2020

Sambut New Normal, 4 Ruas Tol Siap Beroperasi

RumahCom – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kini tengah berupaya untuk meningkatkan kembali infrastruktur jalan dan jembatan di penjuru Indonesia yang sempat berjalan lambat karena adanya pandemi COVID-19.

Beberapa infrastruktur seperti jalan tol, jalan nasional akan segera dipulihkan seperti sedia kala guna mendukung jalur logistic ditengah pandemi dan kebijakan baru new normal.

Basuki Hadimuljono selaku Menteri PUPR mengatakan bahwa ada empat ruas tol baru yang siap beroperasi dalam waktu dekat. Keempat tol yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) rencananya akan mulai dioperasikan pada akhir Juni 2020 mendatang.

Dengan rampungnya sektor 4 Indrapuri-Blang Bintang dicanangkan akan meningkatkan konektivitas dari Banda Aceh ke Sigli dan juga sebaliknya yang berada di Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Total investasi untuk pembangunan ruas tol Banda Aceh—Sigli dengan total panjang 74 km sebanyak enam seksi ini berkisar di angka Rp12 Triliun dengan biaya konstruksi hampir mencapai Rp9 triliun.

Kendati demikian, Basuki juga menambahkan bahwa ruas tol yang ditargetkan untuk beroperasi di tahun ini adalah ruas Pekanbaru—Dumai sepanjang 131 kilometer yang saat ini sedang dalam proses uji kelayakan. Tol Pekanbaru – Dumai dibangun dengan total biaya investasi di kisaran nominal Rp16 triliun. Tol ini sendiri merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera yang membentang dari Lampung hingga Aceh.

Sementara itu, tol dengan rute Manado – Bitung merupakan bagian dari PSN yang ditujukan untuk mengurangi biaya logistik yang berasal dari Pelabuhan Internasional Bitung. Keberadaan tol ini juga akan mendukung pengembangan dari Kawasan Ekonomi Khusus Bitung dan KSPN Manado – Likupang. Sedangkan ruas tol Balsam diharapkan dapat memangkas biaya logistik barang dan jasa dan waktu tempuh yang sebelumnya sekitar 3 jam, menjadi 1 jam.

Selain itu Menteri Basuki juga mengatakan bahwaa target yang siap di operasikan untuk tahun ini adalah Jalan Tol Layang AP Pettarani Kota Makassar, kemudian Cibitung-Cilincing di JORR dan juga ruas tol Krian-Legundi-Bunder Manyar di Jawa Timur.

Menteri Basuki juga menambahkan bahwa terdapat 10 proyek tol yang sudah siap dilelang antara Juni dan Juli 2020 ini. Pertama ruas tol Kulon Progo-Jogja-Solo (76 km) yang proses lelangnya sudah mulai dari tanggal 4 Juni nanti dana akan proses pemasukan penawarannya ia memprediksikan bahwa proyek tersebut bisa di jalankan pada September-Oktober 2020 mendatang.

Diungkapkan Menteri Basuki sembilan proyek tol lainnya yang telah disiapkan dan segera memasuki prakualiikasi lelang pada bulan Juni – Juli 2020 adalah jalan tol Cileunyi—Garut—Tasikmalaya atau Cigatas, jalan Akses Patimban, Bogor—Serpong via Parung, Sentul Selatan—Karawang Barat, Semarang Harbour, Semanan—Balaraja, tol layang Cikunir—Karawaci, dan tol layang Cikunir—Ulujami, serta proyek sistem transaksi tol non-tunai berbasis multi-lane free flow (MLFF) di sektor jalan tol.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Berbagai Strategi Diterapkan Pengembang BUMN Khusus Perumahan Ini

RumahCom – Perumnas selaku pengembang BUMN menerapkan berbagai strategi untuk terus memperbanyak suplai perumahan khususnya saat pandemi Covid-19. Dengan dana talangan dari pemerintah sebesar Rp650

Lanjutkan membacaJuni 2, 2020

Dukungan Hingga Kritik 16 Asosiasi Pengembang Kepada PPDPP

RumahCom – 16 asosiasi perusahaan pengembang menyampaikan apresiasi, dukungan, hingga masukannya untuk kinerja PPDPP sebagai lembaga yang menyalurkan KPR bersubsidi FLPP. PPDPP akan terus mengembang

Lanjutkan membacaJuni 2, 2020

Setelah Rusun Pasar Rumput, PUPR Kebut Pembangunan Rusun Pasar Jumat

RumahCom – Kementerian PUPR terus membangun banyak rusun khususnya di berbagai perkotaan. Ada banyak fungsi rusun selain menyediakann hunian berkualitas, penataan kawasan kumuh, hingga persiapan men

Lanjutkan membacaJuni 2, 2020

Masukan