PSBB Mulai Diperlonggar, Ini Yang Akan Terjadi Untuk Sektor Perkantoran

Juni 5, 2020

RumahCom – Pelonggaran pembatasan sosial yang mulai diberlakukan membuat sektor perkantoran bersiap untuk kembali beraktivitas. Akan ada banyak penyesuaian maupun konsep baru di sektor ini.

Sektor ekonomi tidak bisa berdiam lebih lama lagi dan perusahaan-perusahaan tengah bersiap untuk kembali ke kantor dengan dimulainya pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di seluruh Asia Pasifik. Tentu semuanya mempertimbangkan situasi new normal yang akan terbentuk dan menyesuaikan dengan berbagai aktivitas.

Berdasarkan riset JLL, sebuah perusahaan riset, konsultan, dan manajemen properti global, lebih dari 80 persen kliennya telah memulai mencari alternatif untuk menjaga bisnis tetap sehat atau melakukan berbagai modifikasi tertentu pada penerapan kantornya.

Beberapa panduan untuk sektor perkantoran yang akan dilakukan akan menekankan pada sejumlah langkah prioritas jangka pendek hingga jangka panjang. Hal ini termasuk pada perencanaan ruang, fungsi operasional yang didukung dengan penggunaan teknologi, fungsi operasional untuk menavigasi proses kembali ke kantor, skenario desentralisasi atau mendesain ulang untuk melindungi bisnis dan karyawan dalam jangka panjang, dan sebagainya.

“Aktivitas kembali ke kantor akan menjadi langkah bertahap dengan proses multi fase yang kemungkinan akan berevolusi ketika ekonomi terbuka kembali. Ketika orang-orang kembali ke kantor maka prioritas nomer satu adalah memastikan mereka semua bisa kembali ke lingkungan yang aman dan sehat,” ujar Martin Hinge, Executive Managing Director, Project & Development Services JLL Asia Pasifik.

JLL juga memberikan panduan tentang bagaimana menyiapkan ruang kerja pribadi yang tertutup, merancang ruang bersama, hingga ruang terbuka dengan label dan pemisah ruang. Penerapan lainnya, yaitu pemasangan teknologi thermal imaging di lobi gedung dan area resepsionis untuk memudahkan pengukuran suhu tubuh.

Optimis pasti punya rumah, pertama dengan kumpulkan niat beli rumah. Bagaimana caranya yah? Simak videonya berikut ini.

Dalam jangka pendek, setiap perusahaan perlu memiliki cara untuk mengadaptasi tempat kerja dengan cepat dan memastikan keselamatan dan kenyamanan karyawan. Untuk jangka panjang, para pemimpin bisnis akan dihadapi dengan pengambilan keputusan mengenai penggunaan ruang kerja mereka yang bertentangan dengan prinsip pembatasan sosial dan ini harus mulai dipikirkan.

Perencanaan jangka panjang lainnya yang juga harus dipikirkan adalah bagaimana cara memaksimalkan ruang kantor supaya bisa menghemat pengeluaran. Tempat kerja yang terdesentralisasi akan lebih berkembang karena dapat mempermudah karyawan bekerja dari manapun, mengurangi waktu perjalanan ke kantor, dan meningkatkan kenyamanan karyawan.

Transformasi lainnya yaitu perusahaan akan mulai memindahkan pekerjaan dari kantor pusat ke tempat-tempat kerja yang lebih kecil dan memadai di sekitaran kota. Lokasi yang dilengkapi dengan teknologi dan area yang memiliki infrastruktur kota yang baik, konektivitas transportasi umum, dengan harga sewa yang lebih rendah.

“Di masa mendatang, perusahaan akan mengambil langkah berani dengan transformasi ruang kantornya misalnya dengan desain yang berjarak maupun penerapan desentralisasi. Evolusi kantor ini tidak lagi tentang bagaimana menempati ruang tapi bagaimana orang menggunakan dan berinteraksi dengan ruang,” ungkap Martin.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Presiden Jokowi Teken PP Tapera, Apa Keuntungan Peserta?

RumahCom – Presiden Jokowi meneken PP Tapera yang akan menjadi aturan teknis bagi setiap pekerja mendapatkan akses pembiayaan ke perumahan. Tapera akan dikelola oleh BP Tapera dengan dana pemupukan,

Lanjutkan membacaJuni 3, 2020

Kerjasama Kementerian Selesaikan Masalah Banjir Dan Tanah Longsor di Jabodetabekpunjur

RumahCom – Permasalahan banjir dan tanah longsor tidak bisa lagi diselesaikan secara parsial. Terintegrasinya kawasan Jabodetabek hingga Puncak dan Cianjur membutuhkan kerja sama lintas kementerian

Lanjutkan membacaJuni 4, 2020

Lima Hal New Normal Sektor Properti

RumahCom – Pandemi Covid-19 telah membuat sektor bisnis berubah sehingga menuntut setiap pihak bisa cepat berubah mengikuti tren dan selalu bisa mengikuti tren pasar yang baru. Ada beberap hal new n

Lanjutkan membacaJuni 4, 2020

PP Tapera Diteken, Dana FLPP Akan Dialihkan Ke Tapera

RumahCom – Aturan teknis atau PP Tapera telah disahkan yang akan menjadi landasan hukum untuk bekerjanya BP Tapera. Fungsi Tapera selain memberikan akses pembiayaan perumahan untuk kalangan pekerja

Lanjutkan membacaJuni 4, 2020

Kapan dan Di Mana Memfokuskan Listing Anda di Bulan Juni

Dengan pandemi yang mempengaruhi kehidupan dan kebiasaan kita sehari-hari, kita dapat menduga bahwa perilaku para pencari properti kemungkinan akan berubah dalam beberapa cara juga.Melihat kembali art

Lanjutkan membacaJuni 5, 2020

Masukan