Green Home Untuk Hadapi Pandemi

Juni 11, 2020

RumahCom – Saat pandemi, mindset harus berubah dan rumah harus diupayakan menjadi tempat yang aman hingga bisa meningkatkan derajat kesehatan dan produktivitas seluruh penghuninya.

Merebaknya wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah membuat berbagai pihak terus mencari cara-cara untuk mengurangi penularan virus ini. Hingga saat ini para peneliti di seluruh dunia masih berjibaku untuk menemukan vaksin yang tepat guna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh termasuk memberikan berbagai rekomendasi untuk memutus penularan.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah berbagai penerapan kebiasaan maupun aktivitas baru di dalam rumah. Kegiatan-kegiatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker, hingga sering-sering cuci tangan dengan sabun harus terus dikampanyekan untuk mencegah penularan dan hal lainnya lagi yaitu penerapan rumah hijau (green home) yang bisa menjadi solusi untuk mencegah terjangkitnya wabah ini.

Menurut Ichfan Kurniawan, Rating Development Green Building Council Indonesia (GBCI), penerapan green home untuk menghindari penurunan imunitas tubuh selama berada di rumah harus menjadi filosofi utama dari bangunan hijau. Hal ini juga untuk menghindari berbagai gejala sick building syndrome yang biasa terjadi pada sebuah bangunan.

“Konsep green home itu sangat mengedepankan triple bottom line yaitu profit, planet, dan people jadi bisa memberikan manfaat secara ekonomi, mengurangi dampak negatif pada lingkungan, dan menjaga derajat kesehatan. Kualitas bangunan harus baik untuk menjamin kenyamanan dan kesehatan setiap penghuni di dalamnya,” ujarnya.

Pada akhirnya, bangunan yang lebih sehat juga sangat berkaitan dengan peningkatan produktivitas penghuninya. Selain itu, berbagai macam penyakit yang biasanya dipicu oleh bangunan yang tidak sehat akan mucul seperti asma, alergi, sakit kepala, hingga sekadar stres ringan.

Untuk itu, GBCI yang menginduk kepada World Green Building Council (WGBC) terus memperbaharui rating tools untuk penerapan bangunan hijau khususnya untuk hunian. Sepatutnya setiap rumah memenuhi dasar layak huni yang memenuhi persyaratan keselamatan, kecukupan luas bangunan, kelayakan, kesejahteraan, dan kesehatan penghuni.

Bangun rumah tidak harus selalu mahal. Siasati trik bangun rumah dengan anggaran minim lewat video berikut ini.

Akhirnya konsep green home merupakan penerapan sumber daya alam seperti lahan, energi, air, hingga material bangunan dengan tujuan meminimalkan dampak negatifnya ke lingkungan dan ada upaya untuk konservasi. Pengelolaan green home juga menjadi sangat penting karena keberlanjutannya harus disertai dengan perilaku yang ramah lingkungan dan sehat dari setiap penghuninya.

Kongkrit penerapannya antara lain, rumah harus ada siklus pergantian udara yang bisa menghilangkan berbagai polutan dari material di rumah maupun transmisi udara. Artinya, rumah harus memiliki bukaan untuk menjamin sirkulasi dengan sistem cross ventilation di dalam rumah.

Rumah harus bisa mendapatkan langsung cahaya matahari yang masuk hingga ke bagian dalam rumah. Cahaya matahari selain berfungsi untuk pencahayaan alami sehingga mengurangi penggunaan listrik, juga memberikan manfaat asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan imunitas kita sehingga tidak gampang sakit.

Kita juga harus bisa memanfaatkan kedekatan dengan alam sebagai bagian dari elemen penyembuhan mandiri (self-healing) setiap penghuni rumah. Hal ini sangat penting terlebih saat pandemi ini kita semua memakan waktu yang sangat lama di dalam ruangan rumah. Interaksi dengan alam mulai dari pohon, hembusan udara, cahaya matahari, dan lainnya harus bisa dimaksimalkan.

“Kita bisa mulai dengan inisiatif yang paling sederhana dan selanjutnya bisa diikuti dengan perubahan pola pikir (mindset), persamaan persepsi dengan seluruh anggota keluarga, dan penerapan best practice yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Kita harus terus mengupayakan untuk memprioritaskan penghuni rumah agar tetap bisa hidup sehat dan produktif,” tutur Ichfan.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tangga Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi Desain Tangga di Rumah

RumahCom - Tangga merupakan bagian penting dari sebuah rumah yang memiliki lebih dari satu lantai. Namun bagi Anda yang menyukai desain rumah minimalis, tangga harus didesain seringkas mungkin agar ti

Lanjutkan membacaJuni 10, 2020

Intip Rumah 4 Presiden yang Tampak Nyaman

RumahCom - Bagi siapa saja termasuk presiden, rumah adalah tempat istirahat yang paling nyaman. Di sini presiden melepaskan berbagai rasa lelah dari tugas kenegaraannya bersama dengan keluarga mereka.

Lanjutkan membacaJuni 10, 2020

Ini 3 Pengusaha yang Memiliki Rumah Seharga Ratusan Miliar Rupiah

RumahCom - Kesuksesan seseorang bisa dilihat dari seberapa megah rumah yang dimiliki. Demikian juga dengan rumah 3 pengusaha berikut ini yang harganya mencapai ratusan miliar Rupiah.Ketika sukses dan

Lanjutkan membacaJuni 10, 2020

Menakar Nasib Bisnis Properti di Era ‘New Normal’, Bangkit?

Jakarta – Berdasarkan laporan terbaru yang dirilis JLL Global Capital Flows, ada penurunan volume transaksi real estate di kawasan Asia Pasifik. Penurunan itu tercatat 26 persen menjadi US$34 miliar

Lanjutkan membacaJuni 10, 2020

Siap Gandeng BP Tapera, SMF Terbitkan Surat Berharga

RumahCom – Peraturan Pemerintah (PP) No 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) telah ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 20 Mei lalu. Yang diatur dalam PP Peny

Lanjutkan membacaJuni 10, 2020

Masukan