Tapera Perbesar Peluang Masyarakat Miliki Rumah Pertama

Boy LeonardJuni 11, 2020

Tapera Perbesar Peluang Masyarakat Miliki Rumah Pertama

RumahCom – Kehadiran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) mendapat dukungan dari sejumlah pihak.  Mereka menilai Tapera bisa menjadi peluang yang baik bagi masyarakat untuk bisa memiliki hunian.

“Ini upaya untuk mewujudkan mimpi mendapatkan rumah pertama bagi mereka,” ucap Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman dalam siaran live di Kompas TV Rabu, 10 Juni 2020, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Manfaat Tapera bisa dirasakan oleh mereka yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), BUMN, ataupun TNI/Polri.

Untuk diketahui, Tapera merupakan salah satu bentuk kewajiban konstitusional Presiden sebagaimana tercantum dalam Pasal 28 H ayat 1 Undang-undang Dasar 1945.

Pasal tersebut menyatakan , “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan’.

Fadjroel berpendapat, dengan disahkannya Peraturan Presiden (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), Presiden telah menuntaskan kewajibannya sesuai yang tercantum dalam UUD.

Bukan hanya itu, PP Nomor 25 Tahun 2020 juga merupakan turunan dari PP Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman yang telah diteken Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Ia menambahkan, peraturan tersebut merupakan turunan UU Nomor 4 Tahun 2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang telah diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terkait mekanisme Tapera, Jubri presiden tersebut menuturkan, 3 persen gaji per bulan akan dipangkas untuk iuran simpanan Tapera. Untuk detailnya, 0,5 persen dibayarkan oleh pemberi kerja, sementara 2,5 persen dipotong dari gaji pekerja.

Pelayanan pelaksanaan program ini sendiri akan dilakukan bertahap. Tahap awal akan diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) eks peserta Taperum-PNS ataupun PNS baru.

Selanjutnya secara bertahap, iuran akan dikenakan untuk BUMN, BUMD, BUMDes sampai TNI Polri. Terakhir, pemotongan akan ditujukan untuk para pekerja swasta, baik yang bekerja sendiri ataupun yang memiliki pemberi kerja.

Diharapkan Tapera dapat dilakukan dengan tata kelola yang transparan dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi para peserta.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Siap Gandeng BP Tapera, SMF Terbitkan Surat Berharga

RumahCom – Peraturan Pemerintah (PP) No 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) telah ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 20 Mei lalu. Yang diatur dalam PP Peny

Lanjutkan membacaJuni 10, 2020

Program Bedah Rumah Kementerian PUPR Serap Ratusan Ribu Tenaga Kerja

RumahCom – Ada banyak fungsi dari program bedah rumah yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR mulai revitalisasi hunian yang tidak layak huni, meningkatkan perekonomian masyarakat, hingga penerap

Lanjutkan membacaJuni 11, 2020

Pengembang Sebut Potongan Tapera Harusnya Satu Persen Saja

RumahCom – Tapera akan mewajibkan iuran sebesar tiga persen dari gaji setiap pekerja untuk dikelola menjadi dana pembiayaan perumahan para anggotanya. Pengembang menilai potongan ini terlalu besar d

Lanjutkan membacaJuni 11, 2020

Masukan