7 Material Bahan Bangunan yang Ramah Lingkungan

Wahyu ArdiyantoJuni 16, 2020

7 Material Bahan Bangunan yang Ramah Lingkungan

RumahCom – Membangun rumah yang ramah lingkungan tidaklah sulit jika Anda mengetahui material yang tepat. Beberapa material bangunan bahkan sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu.

Isu kerusakan lingkungan dan pemanasan global sudah ramai diperbincangkan sejak dulu, termasuk di Indonesia. Pada bidang properti isu ini sudah lama dibicarakan, sehingga sudah banyak orang yang beralih ke material bangunan yang lebih ramah lingkungan.

Material ramah lingkungan atau green property sebenarnya sudah lama digunakan oleh masyarakat di pedesaan. Dan kini banyak perancang bangunan yang mendesain sebuah rumah tetap elegan, mewah, dan moderen dengan menggunakan material bangunan tersebut.

Apa saja bahan bangunan yang green property? Berikut adalah daftarnya.

1. Bambu

Material Bahan Bangunan dari bambu

Bambu merupakan material yang tahan terhadap gempa bumi.

Material ini sudah diketahui digunakan oleh masyarakat dunia sebagai bahan bangunan sejak ribuan tahun lalu. Bambu dikenal tahan lama serta lentur, membuatnya menjadi cukup terkenal di kalangan para arsitek.

Selain itu bambu juga memiliki bobot yang ringan yang tetap kokoh menahan beban serta ramah lingkungan. Yang menariknya, bambu merupakan material yang tahan terhadap gempa bumi.

2. Hempcrete

Bahan bangunan ramah lingkungan Hempcrete

Tanaman hempcrete sendiri cukup mudah ditemukan di alam bebas.

Beton ternyata bisa dibuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah serata tanaman hempcrete. Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan serat hempcrete dengan kapur dan diolah sedemikian rupa hingga menjadi sebuah beton dengan bobot yang ringan.

Walau memiliki bobot yang ringan, namun beton berbahan hempcrete tetap mampu menahan beban yang berat. Tanaman hempcrete sendiri cukup mudah ditemukan di alam bebas. Jumlahnya saat ini cukup melimpah serta bisa dibudidayakan untuk kebutuhan yang berkelanjutan.

3. Batang Jerami

material bahan bangunan ramah lingkungan Batang Jerami

Jerami mampu membuat ruangan menjadi lebih sejuk serta bisa digunakan untuk meredam suara.

Pada rumah tradisional batang jerami sudah sering digunakan sebagai bahan bangunan yang ramah lingkungan. Namun saat ini sudah ada banyak bangunan yang menggunakan bahan jerami, terutama untuk bagian dinding.

Jerami dikenal memiliki harga yang murah serta sangat mudah untuk ditemukan. Jerami juga memiliki manfaat baik bagi bagian dalam rumah. Seperti mampu membuat ruangan menjadi lebih sejuk serta bisa digunakan untuk meredam suara.

 4. Mycelium

bahan bangunan ramah lingkungan Mycelium

Mycelium sering digunakan sebagai bahan bangunan yang ramah lingkungan.

Material bangunan yang berasal dari jamur ini mungkin cukup asing bagi Anda. Jamur ini sering digunakan sebagai bahan bangunan yang ramah lingkungan. Mycelium biasa tumbuh di bahan organik lainnya. Setelah dipanen jamur akan dikeringkan dan dibentuk menjadi sebuah bata yang kuat dan kokoh.

5. Tanah yang Dipadatkan

bahan bangunan ramah lingkungan Tanah yang Dipadatkan

Rumah akan tampak lebih sejuk dan artistik ketika menggunakan bahan bangunan alami ini.

Bahan bangunan ramah lingkungan lainnya adalah tanah yang dipadatkan. Material ini biasa digunakan untuk pembangunan dinding atau lantai rumah yang sudah diterapkan sejak ribuan tahun lalu.

Anda bisa memperoleh sebuah dinding yang kuat dan kokoh seperti beton dari tanah. Selain itu rumah akan tampak lebih sejuk dan artistik ketika menggunakan bahan bangunan alami ini.

6. Kayu

bahan bangunan ramah lingkungan Kayu

Bahan kayu juga bisa membuat suasana dalam rumah menjadi lebih sejuk.

Keunggulan kayu dari material lainnya adalah kemudahan untuk didapat serta lebih ramah lingkungan. Dalam mengolah kayu Anda tidak perlu menggunakan banyak peralatan yang sangat boros energi. Bahan kayu juga bisa membuat suasana dalam rumah menjadi lebih sejuk.

7. Ashcrete

bahan bangunan ramah lingkungan Ashcrete

Ashcrete merupakan bahan bangunan pengganti semen yang ramah lingkungan. Bahan ini berasal dari produk sampingan pembakaran batu bara. Daya rekatnya lebih kuat dari beberapa bahan lainnya, sehingga membuat bangunan menjadi tahan lama dan kokoh.

Sumber: bramblefurniture.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Intip 5 Desain Rumah Paling Canggih 2020

RumahCom - Fungsi dari sebuah rumah adalah tempat tinggal dan istirahat. Namun kehadiran teknologi tinggi akan membuat rumah menjadi lebih nyaman lagi untuk ditinggali.Fungsi rumah pada umumnya adalah

Lanjutkan membacaJuni 12, 2020

Tengok Potret 6 Dapur Mewah Milik Selebriti Tanah Air

RumahCom - Bagi sebagian orang dapur adalah lokasi paling penting dari sebuah rumah. Begitu juga bagi para selebriti tanah air yang rela merogoh kocek puluhan juta untuk membangun sebuah dapur rumah y

Lanjutkan membacaJuni 12, 2020

5 Cara Membuat Rumah Menjadi Ramah Lingkungan

RumahCom - Menjadikan rumah lebih ramah lingkungan bisa dilakukan dengan penyesuaian tertentu. Misalnya penggunaan bahan ramah lingkungan, desain yang hemat energi, serta pemanfaatan sinar matahari.Li

Lanjutkan membacaJuni 12, 2020

Masukan