Resmi! Tapera Juga Bisa buat Beli Apartemen

Boy LeonardJuni 17, 2020

Resmi Tapera Juga Bisa buat Beli Apartemen

RumahCom – Program Tapera (tabungan perumahan rakyat) dibuat agar masyarakat bisa memiliki rumah pertama. Namun, bagaimana jika yang ingin dibeli adalah apartemen? Apa tetap bisa?

Ya, masyarakat bukan hanya bisa membeli rumah tapak saja, tapi juga boleh membeli apartemen dengan program Tapera. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto mengatakan, hal tersebut diatur dalam aturan turunan PP Nomor 25 Tahun 2020 soal Penyelenggaraan Tapera.

“Selama harganya masuk dalam peraturan yang nanti akan dibuat, tentu boleh apartemen,” ujar Eko, sebagaimana dikutip dari  Bisnis.com, Selasa, 16 Juni 2020.

Terkait pernyataan Eko, pihak pengembang pun menyambut baik. Pengembang berharap pembelian apartemen yang diakomodasi Tapera bisa membuat pasar apartemen bergairah.

“Bagus kalau memang benar seperti itu. Insya Allah bakal menggairahkan pasar apartemen,” ucap Chief Executive Officer Gapura Prima Group Rudy Margono, masih dikutip dari Bisnis.com.

Rudy melanjutkan, saat ini kondisi pasar apartemen belum relatif pulih kalau dibandingkan dengan pasar perumahan, meskipun ada pelonggaran pembatasan sosial.

Meski pasar sedang kurang bergairah, tapi dia memprediksi pasar properti akan kembali naik seiring waktu, setidaknya pada Agustus mendatang. Ia menyebut, hal ini dilatarbelakangi oleh siklus properti.

“Mestinya kalau liat siklus properti sudah mulai naik. After Covid-19 orang pasti tetap butuh hunian,” tuturnya.

Kalau melihat laporan yang dirilis konsultan properti Coldwell Banker Commercial Indonesia, penjualan unit apartemen di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) selama kuartal pertama 2020 turun 45,1 persen hingga 75,8 persen.

Menurut catatan Coldwell, Jabodetabek mengalami penurunan permintaan apartemen cukup tajam pada kuartal I/2020 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Permintaan apartemen di Jakarta tercatat turun 68,8 persen, Bodebek turun 75,8 persen, dan Tangerang turun 45,1 persen.

Selain di Jabodetabek, penurunan juga terjadi di daerah lain. Surabaya dan kota di Denpasar, misalnya, masing-masing turun 62,4 persen dan 41,0 persen. Penurunan itu tak lepas dari dampak Covid-19.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sebanyak 66.633 Masyarakat Berpenghasilan Rendah Terima Dana FLPP

RumahCom – Selama 2020, sebanyak 66.633 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sudah menerima dana dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Hal ini berdasarkan laporan Pusat Pengelolaa

Lanjutkan membacaJuni 15, 2020

Jabodetabek-Punjur, Calon Metropolitan Terbesar Kedua di Dunia

RumahCom - Daerah Jabodetabek-Punjur merupakan salah satu global hub dari jejaring kota metropolitan terbesar dunia kedua setelah Tokyo, Jepang. Hal ini diungkapkan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepa

Lanjutkan membacaJuni 15, 2020

Begini Teknis Potongan Iuran Tapera, Perlu Tahu

RumahCom – Tapera akan memotong sebesar tiga persen dari penghasilan seluruh pekerja setiap bulannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait potongan hingga pemanfaatan dana ini untuk para

Lanjutkan membacaJuni 16, 2020

Masukan